Petir merupakan salah satu fenomena alam yang terjadi di bumi karena adanya awan petir. Petir adalah listrik dengan daya yang sangat besar yang mampu merusak dan membakar benda yang disambarnya. Dalam hal ini termasuk bangunan tempat tinggal manusia. Apabila tersambar petir, tidak hanya bangunan yang terbakar, tetapi juga penghuni di dalamnya.

Sistem Penangkal Petir Franklin dalam Bangunan
Sistem Penangkal Petir Franklin dalam Bangunan


Untuk itu manusia membuat sistem penangkal petir untuk mengurangi efek sambaran tersebut dengan cara mengalirkannya secepat mungkin ke bumi. Bumi secara alami merupakan penetral petir terbaik. Namun setiap daerah di bumi juga memiliki tingkat sambaran petir yang berbeda. Terdapat beberapa sistem penangkal petir yang berkembang, namun kali ini kita akan membahas sistem penangkal petir tipe Franklin.

Cara Kerja

Penangkal petir tipe Franklin adalah penangkal petir yang sederhana karena menggunakan jalur kabel tunggal untuk mengalirkan aliran listrik dari ujung penangkal petir menuju grounding. Cara pemasangan petir tipe franklin sebagai berikut batang yang runcing dari bahan copper spit dipasang paling atas dan dihubungkan dengan batang tembaga menuju elektroda yang ditanahkan kemudian batang yang ditanahkan dibuat bak kontrol untuk memudahkan pemeriksaan dan pengetesan.

Komponen

Komponen –Komponen Sistem Penangkal Petir Franklin
  1. Alat penerima logam tembaga ( logam bulat panjang runcing )
  2. Kawat penyalur dari tembaga
  3. Pertanahan kawat penyalur sampai pada bagian tanah basah.
  4. Sistem perlindungan dengan bentuk sudut 45 derajat.

Kelebihan dan Kekurangan

Adapun kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh penangkal petir tipe franklin yaitu:

a. Kelebihan penangkal petir tipe Franklin

  • Melindungi bangunan dari sambaran petir secara langsung.
  • Pemasangan isntalasi cepat dan mudah.
  • Harga ekonomis dibandingkan dengan penangkal petir lainnya.

b. Kekurangan penangkal petir tipe Franklin

  • Tidak mampu pada daerah yang memiliki frekuensi sambaran petir yang tinggi.
  • Tidak mampu melindungi peralatan elektronik pada bangunan akibat medan magnet yang ditimbulkan oleh petir dan jangkauan tipe ini sangat terbatas.
  • Harus menggunakan kabel super yang berkualitas tinggi karena sistem ini menggunakan jalur kabel tunggal.
Demikianlah mengenai sistem penangkal petir Franklin dalam bangunan, semoga bermanfaat. Jangan lupa berkomentar dan share artikel ini.

Baca Juga :