Skip to main content

Lumion 10, Fitur Baru dan Spesifikasi PC yang Diperlukan


Lumion 10 merupakan versi terbaru setelah kemunculan Lumion 9 yang sudah cukup menggamparkan dunia desain dan rendering. Lumion merupakan aplikasi komputer untuk rendering objek 3 dimensi yang secara khusus ditujukan untuk desain arsitektural dan penata ruang serta desain interior.

Lumion 10, Fitur Baru dan Spesifikasi PC yang Diperlukan

Dengan adanya aplikasi lumion, Anda tidak hanya bisa melihat rendering 3d secara real time tetapi juga merasakan langsung objek tersebut seperti dalam kehidupan nyata. Dengan dukungan scene lingkungan yang realistis membuat Anda mudah menyesuaikan suasana sekitar bangunan yang Anda rancang, seperti menciptakan suasana pantai, laut, gunung perbukitan atau hutan.

Baca juga : Lumion 9, Fitur Baru dan Spesifikasi PC yang Diperlukan

Dengan adanya fitur dan menu tools yang baru pada Lumion 10, Anda akan lebih mudah dari sebelumnya untuk mengkomunikasikan eksterior hunian dan komersial.  Ditambah pengaturannya yang sangat mendetail, menampilkan interior dengan interaksi cahaya dan bayangan yang indah, dan mengembangkan lingkungan hidup untuk lanskap dan pemandangan kota. Seperti sebuah dunia buatan yang diciptakan untuk bangunan yang Anda rancang.

Sekilas tentang fitur baru di Lumion 10

Pada lumion versi 10 ini, terdapat model objek alam baru yang mendetail dan indah, fitur pendorong alur kerja yang memungkinkan Anda dengan cepat mengisi scene render dengan suasana kehidupan yang nyata. Lumion 10 bertujuan untuk mengurangi beban Anda untuk memvisualisasikan ide dan proyek desain Anda, karena Lumion sudah menyediakan lingkungan tersebut dengan lebih baik.

Pratinjau berkualitas tinggi

Fitur preview yang semakin baik

Fitur pratinjau atau preview dengan kualitas tinggi yang terbaru di Lumion 10 memungkinkan Anda melihat pratinjau rendering berkualitas dari proyek yang Anda kerjakan, sebelum Anda memutuskan akan merendernya atau memperbaikinya dulu.

Anda dapat mengatur beberapa efek dalam mode Foto, Film, atau Panorama yang akan memengaruhi hasil akhir rendering, memperkuat kesan hidup bangunan dan menghemat waktu saat membuat perubahan pada settingan pencahayaan, bayangan, material, dan posisi kamera.

Baca juga : Daftar Software 3D Rendering Terbaik Tahun Ini

Fine-detail Nature (khusus Versi Pro)

Sekarang pohon di Lumion 10 sangat detail dan realistis

Ada sekitar 62 model "Fine-detail Nature" yang baru di Lumion 10 Pro. Ini adalah model pohon dan tanaman 3D yang paling detail dan indah yang tersedia di library konten Lumion 10. Namun fitur ini hanya bisa digunakan apabila Anda membeli Lumion versi 10 Pro.

Dengan tambahan model pepohonan, semak belukar, semak belukar, dan banyak lagi, akan memperkaya pemandangan Anda secara visual. Semua ini dapat membantu Anda memvisualisasikan suasana daun yang beterbangan tertiup angin atau tekstur kasar dari kulit kayu. Tempatkan pohon-pohon ini di depan rumah, bangunan atau desain taman dan orang lain akan melihat bagaimana desain Anda terhubung dengan lingkungan tempat tinggalnya.

Baca juga : Spesifikasi Minimum untuk setiap versi AutoCAD Baru & Lawas

Displacement Mapping (Tekstur 3D dari Material Lumion


Material pasir yang sudah sangat realistis

Saat sebuah permukaan objek/bangunan mengandung relief dan detail, material dan seluruh desain Anda menjadi bertekstur dan hidup. Dengan tambahan displacement mapping pada 167 koleksi material di Lumion 10, klien Anda akan dapat merasakan butiran kayu pilihan Anda, permukaan batu bata yang kasar, tekstur kerikil yang bergelombang dan banyak lagi.

Baca juga : Tips Menggunakan Lumion Secara Maksimal agar Renderan 3D Terlihat Bagus

Langit Nyata di malam hari (khusus versi Pro)

Aurora di langit malam lumion 10

Saat melihat ke langit malam dan ribuan bintangnya yang mempesona, mudah untuk merasakan keajaiban dan keindahan di sekitar Anda. Ini adalah perasaan yang ingin para arsitek ciptakan saat menampilkan desain mereka, dan sekarang Anda sudah dimudahkan dengan koleksi 5 mode "Real Skies" baru pada malam hari yang tersedia di Lumion 10 Pro.

Dalam sekejap, Anda dapat menempatkan bangunan atau rumah Anda di bawah suasana malam yang cerah dan berbintang atau menampilkan keindahan Bima Sakti yang menakjubkan. Untuk interior, Anda dapat menunjukkan kepada klien pengalaman menatap ke hamparan ruang malam yang luas dari kamar tidur, ruang tamu, teras, atau dapur mereka.

Baca juga : VRay Vs Corona: Perbandingan Hasil Rendering Interior

Paint Placement (Penempatan objek alam dengan paint mode)


fitur paint placement untuk menata pohon lebih mudah

Meskipun Lumion 10 memiliki berbagai efek baru yang dapat memperkaya pemandangan Anda secara visual, Anda juga dapat menemukan fitur baru yang dirancang untuk meningkatkan visualisasi secara signifikan. Salah satu fitur tersebut adalah penempatan image/gambar, alat penempatan objek yang memungkinkan Anda menempatkan ratusan objek alam dalam proyek Anda seolah-olah Anda sedang melukis di selembar kertas.

Cukup usapkan mouse Anda pada mode brush ke seluruh area dan Anda dapat menyebarkan image pohon, bebatuan, dan semak belukar di atas lanskap untuk memberikan kesan realisme alami ke dalam desain arsitektur yang Anda kerjakan.

Baca juga : Cutout Pohon Format PNG Gratis (Part 01)

Penyempurnaan Bug dan masih banyak lagi

render interior dengan lumion semakin baik dan semakin mudah

Lumion 10 sudah banyak mengalami peningkatan dari segi fitur dan performa serta memperbaiki beberapa bug di versi sebelumnya sehingga aplikasi berjalan lebih lancar dengan lebih sedikit gangguan. Lumion 10 juga dilengkapi dengan Photo Matching, OSM heightmaps, objek dan material baru, dan banyak lagi.

Baca : Gambar Raster vs Vektor : Apa Perbedaannya dan Kapan Menggunakannya

Spesifikasi PC/Laptop untuk menjalankan Lumion 10 :

Sebagai aplikasi desain 3d rendering, sangat wajar bila Lumion 10 membutuhkan spesifikasi komputer yang cukup mumpuni agar dapat digunakan secara optimal. Berikut adalah spek komputer minimum untuk lumion 10.

Persyaratan Spek PC Minimal (Minimum Sistem Requirement) Lumion 10

Sebenarnya PC dengan spek ini tidak disarankan, karena hanya dapat menangani scene rendering sederhana, seperti: taman kecil atau bangunan tempat tinggal dengan model Lumion dan tekstur. Harap diperhatikan bahwa konfigurasi ini tidak akan mampu menangani fitur-fitur canggih Lumion dengan lancar. Disarankan untuk meningkatkan spek komputer jika Anda paham bahwa komputer Anda mendekati persyaratan minimum ini.
Kartu grafik : VGA atau Kartu grafis dengan skor G3DMark 6.000 dengan memory 3 GB
Sistem operasi : Windows 10 64-bit
CPU (prosesor) : Intel/AMD processor scoring a single thread CPUMark of 2000 or higher
Resolusi layar : 1920 x 1080 piksel
Memori sistem (RAM) : 16 GB atau lebih
Penyimpanan : Hard drive SATA3 SSD
Ruang hard drive : Ruang disk kosong minimum 30 GB (pada Local Disk C)
PSU : minimal spek 80+ gold dengan watt yang cukup
Pertimbangan pembelian PC baru, Jika Anda ingin membeli atau membangun PC baru untuk Lumion 10, kami tidak menyarankan jika PC memiliki spesifikasi hardware atau perangkat keras seperti yang tercantum di atas.

Persyaratan Spek PC yang Cocok (Recommended Sistem Requirement) Lumion 10

PC dengan spek ini dapat menangani desain yang rumit dan scene rendering, seperti: Taman besar atau bagian kota. Rumah besar dengan interior detail terdiri dari beberapa model dan tekstur HD. Lansekap mendetail dengan beberapa komponen yang sangat detail.
Kartu grafik : VGA dengan skor G3DMark 10.000 dengan memory 6 GB
Sistem operasi : Windows 10 64-bit
CPU (prosesor) : Intel/AMD processor scoring a single thread CPUMark of 2000 or higher
Resolusi layar : 1920 x 1080 piksel
Memori sistem (RAM) : 16 GB atau lebih
Penyimpanan : Hard Drive NVME m.2
Ruang hard drive : Ruang disk kosong minimum 30 GB (pada Local Disk C)
PSU : minimal spek 80+ gold dengan watt yang cukup
Pertimbangan pembelian PC baru, Jika Anda ingin membeli atau membangun PC baru untuk Lumion 10, kami menyarankan agar PC memiliki spesifikasi hardware atau perangkat keras setidaknya seperti yang tercantum di atas.

Baca juga : 5 Rekomendasi Laptop Di Bawah 20 Juta untuk Menjalankan Lumion 10

Persyaratan Spek PC High-End (High-End Sistem Requirement) Lumion 10

PC dengan perangkat keras ini dapat menangani desain yang sangat rumit dan pemandangan dengan beberapa fitur kelas atas, seperti: Kota, bandara, atau stadion yang sangat detail. Bangunan berlantai banyak yang sangat detail dengan interior yang terdiri dari banyak model dan tekstur HD. Lanskap yang sangat detail menggunakan beberapa fitur HD.
Kartu grafik : VGA dengan skor G3DMark 16.000 dengan memory 11 GB atau lebih
Sistem operasi : Windows 10 64-bit
CPU (prosesor) : Intel/AMD processor scoring a single thread CPUMark of 2000 or higher
Resolusi layar : Minimum 1920 x 1080 piksel
Memori sistem (RAM) : 64 GB atau lebih
Penyimpanan : Hard Drive NVME m.2
Ruang hard drive : Ruang disk kosong minimum 30 GB (pada Local Disk C)
PSU : minimal spek 80+ gold dengan watt yang cukup

Merender film dalam resolusi 4K membutuhkan minimal memori kartu grafis 6GB. Lumion dapat berjalan pada Windows 7 dan 8.1 64-bit, tetapi Anda tidak dapat dukungan secara resmi karena Microsoft telah menghentikan dukungan mereka terhadap sistem operasi ini. Resolusi layar Anda mungkin lebih tinggi dari 1920 x 1080; namun, ini akan memengaruhi kinerja Lumion. Jadi sebaiknya setting layar dengan ukuran 1920 x 1080 saat melakukan editing.

Demikian mengenai lumion 10 versi terbaru dan fitur-fitur terbarunya yang sangat menarik untuk dicoba, selanjutnya cek di youtube resmi Lumion berikut ini :



Atau cek website resminya di :
https://lumion.co.uk/blog/lumion-10-is-available-today-discover-whats-new/

Salam dari Arsitur : Terima kasih sudah berkunjung ke ARSITUR. Kami berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update. Kami juga melayani JASA GAMBAR DAN DESAIN MURAH BERKUALITAS. Bantu kami mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini kepada teman-teman lainnya. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke arsiturstudio@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->