Skip to main content

Daftar Software 3D Rendering Terbaik 2019

3D Model yang dibuat menggunakan aplikasi sketchup atau 3DS Max mungkin tidak akan maksimal dan tidak bisa dinikmati oleh orang-orang. Itulah kenapa setelah melakukan permodelan 3D kita perlu lakukan rendering. Rendering adalah proses untuk memasukan material, tekstur, cahaya dan bayangan serta efek khusus dalam model 3D di komputer sehingga gambar terlihat lebih nyata dan disimpan dalam bentuk gambar (seperti .jpg) ataupun film (seperti .mp4).

Daftar Software 3D Rendering Terbaik 2019


Rendering merupakan tahap akhir dari proses penggambaran 3D. Ini mencakup semua pekerjaan yang diperlukan untuk mengubah model 3D yang hanya dapat dilihat dalam perangkat lunak khusus menjadi gambar dan file cetak yang bisa kita nikmati di bioskop, di komputer kita, dan di perangkat seluler.

Baca juga : VRay Vs Corona: Perbandingan Hasil Rendering Interior

Karena 3D rendering adalah bagian tak terpisahkan dari industri seperti film animasi, efek khusus, dan visualisasi arsitektur, maka saat ini ada beberapa program yang berbeda tersedia dijual untuk bisa kita gunakan. Mungkin agak sulit untuk mengidentifikasi program yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda.

Untuk membantu Anda menemukan software render 3D yang tepat untuk bisnis atau proyek, kami telah menyusun daftar software render terbaik berikut ini. Diantaranya adalah software 3D Rendering gratis yang bisa didownload langsung dari situs resminya, silahkan googling.


Nama Harga Hardwre yang Diperlukan Sistem Operasi Software 3D yang Cocok (Plugin)
3Delight Free/$600 CPU Windows, macOS, Linux 3ds Max, Katana, Maya
Arion $230 CPU/GPU Windows 3ds Max, Rhinoceros
Arnold $600/year CPU Windows, macOS, Linux Maya, Houdini, Cinema 4D, 3ds Max, Katana and Softimage
Artlantis $1,150 CPU Windows, macOS Standalone
Clarisse Free / $999-$2,899 CPU/GPU Windows, macOS, Linux Standalone
Corona $30/month CPU Windows 3ds Max, Cinema4D
Enscape $449/year GPU Windows Revit, SketchUp, Rhino, ArchiCAD
FelixRender $160/month N/A Windows 3ds Max, AutoCAD, Rhinoceros
FluidRay $9.99 / month GPU Windows, macOS Standalone / SketchUp, Modo, Shade 3D, Rhino
FurryBall $318 GPU Windows Standalone / Maya, Cinema 4D, 3ds Max
Guerilla Render Free/$2,300 CPU Windows, Linux Maya
Indigo Render $835 GPU Windows, macOS, Linux 3ds Max, Blender, Cinema 4D, iClone, Maya, Revit, SketchUp
Iray $295/year GPU Windows, macOS 3ds Max, Cinema 4D, Maya, Rhinoceros
Keyshot $1,995 GPU Windows, macOS Standalone
Lumion $1,740 GPU Windows SketchUp, Autodesk Revit, ArchiCAD, Bentley, Allplan, Vectorworks, Rhinoceros, 3ds Max
LuxRender Free GPU Windows, macOS, Linux 3ds Max, Blender, Carrara, Cinema 4D, DAZ Studio, Maya, Poser, SketchUp, XSI
Marmoset Toolbag $189 (Freelance), $379 (Studio) GPU Windows, macOS Standalone
Maxwell Render $495 CPU/GPU Windows, macOS, Linux 3ds Max, ArchiCAD, Cinema 4D, formZ, Maya, Modo, Revit, Rhinoceros, SketchUp, SolidWorks
Mental Ray $295/year CPU/GPU Windows, macOS, Linux 3ds Max, Maya
Octane Render $399 GPU Windows, macOS, Linux 3ds Max, ArchiCAD, AutoCAD, Blender, Carrara, Cinema 4D, DAZ Studio, Houdini, Inventor, Lightwave, Maya, Modo, Nuke, Poser, Revit, Rhinoceros, SketchUp, Softimage
Redshift $500 GPU Windows, macOS, Linux 3ds Max, Cinema 4D, Houdini, Maya, Softimage
RenderMan $495 CPU Windows, macOS, Linux Blender, Houdini, Katana, Maya
Solidworks Visualize $1,830 CPU/GPU Windows Standalone
Thea Render $340 CPU/GPU Windows, macOS, Linux SketchUp, Cinema 4D, Rhino, Fusion, Blender, form Z, Fusion 360
V-Ray $750 CPU/GPU Windows, macOS, Linux 3ds Max, Blender, Cinema 4D, Maya, Modo, Nuke, Revit, Rhinoceros, SketchUp, Unreal

Adapun setiap software rendering tersebut memiliki cara penggunaan yang berbeda. Di Indonesia sendiri software rendering yang sering digunakan adalah vray, lumion, artlantis atau mentalray. Untuk informasi tambahan, yang dimaksud dengan "standalone" pada tabel di atas adalah aplikasi yang berdiri sendiri. Seperti artlantis, jika kita ingin merender, maka kita harus mengimport model, kita tidak bisa pencet tombol render dari aplikasi seperti sketchup atau 3ds max.

Baca juga : Sketchup VS 3DS Max, Mana yang Lebih Baik untuk Arsitek

Demikianlah mengenai Daftar Software 3D Rendering Terbaik 2019, daftar ini akan terus update setiap tahun. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan.
Salam dari Arsitur : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. ARSITUR berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke arsiturstudio@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar