Skip to main content

25 Ide Dekorasi Natal yang Wajib Dimiliki


Merencanakan Natal yang datang setiap tanggal 25 Desember adalah hal yang sangat esensial bagi sebagian orang - terutama bagi teman-teman yang merayakannya. Rumah mereka biasanya dihiasi dengan dekorasi Natal paling meriah yang membuat kita kagum. Dari manusia salju hingga Santa Clause, hingga rusa Natal dan adegan Natal.

25 Ide Dekorasi Natal yang Wajib Dimiliki
25 Ide Dekorasi Natal yang Wajib Dimiliki


Benar-benar ada banyak motif Natal untuk dipilih ketika mendekorasi bagian dalam rumah untuk merayakan Natal. Arsitur telah membuat 25 daftar dekorasi Natal untuk Anda dan sebaiknya Anda memiliki setidaknya satu dari semua daftar ini. Berikut adalah daftar dekorasi Natal penting untuk diaplikasikan rumah.

1. Pohon Natal

pohon natal

Mungkin bukan Natal namanya jika tanpa pohon Natal. Bahkan jika itu rumah kecil atau kos-kosan, Anda tidak dapat merayakan Natal tanpa memasang pohon hijau untuk menghias di ruangan Anda, tentunya dengan hadiah natal yang disimpan di bawahnya.

Pastikan untuk membeli tegakan pohon yang kokoh agar pohon Anda berdiri tegak dan memiliki air agar tetap terhidrasi. Pohon Natal dapat juga dibuat dari berbagai bahan yang sangat trend sekarang seperti kertas, plastik, kertas dll. Namun esensi yang terbaik adalah pohon cemara asli yang hidup.

2. Alas Pohon Natal


alas pohon natal

Selanjutnya, Anda akan memerlukan alas pohon atau rok pohon untuk melilit pangkal pohon Natal Anda. Rok pohon ini adalah seemacam karpet yang menjadi landasan untuk mendirikan pohon Natal. Rok pohon juga akan menampung semua hadiah Natal Anda sehingga tidak harus terlalu mewah.

Manfaat lain dari memiliki alas atau rok pohon adalah dapat menahan semua daun kecil dan tajam yang jatuh dari pohon selama berminggu-minggu sehingga tidak mengotori ruangan. Alas pohon juga bisa berupa keranjang, ember galvanis dan bentuk lainnya. Anda bisa menyesuaikannya agar cocok dengan gaya rumah Anda.

3. Ornamen

dekorasi pohon natal

Salah satu bagian paling menyenangkan dari mendekorasi pohon Natal adalah menggantung hiasan di pohon. Di Negara Barat orang-orang suka memasang musik Natal dan minum anggur saat mereka menghias pohon mereka dengan berbagai ornamen.

Anda dapat memilih tema untuk pohon Natal Anda seperti logam, industrial, minimalis, pohon merah atau bahkan pantai, atau Anda dapat menghiasnya dengan koleksi ornamen eklektik. Tumbuh, pohon Natal biasanya selalu dihiasi dengan berbagai ornamen keluarga dan foto-foto lama yang membuatnya istimewa.

4. Puncak Pohon

puncak pohon

Sentuhan dekorasi terakhir pada pohon Natal adalah puncak pohon, objek yang duduk di cabang pohon tertinggi dan melengkapi tampilan pohon Natal. Puncak pohon yang paling populer adalah malaikat atau bintang yang dihiasi lampu terang.

5. Karangan Bunga Natal

karangan bunga Natal

Karangan bunga Natal adalah bagian penting dari setiap dekorasi Natal. Karangan bunga adalah dekorasi melingkar yang indah yang membantu untuk menghiasi pintu mana pun mereka ditempatkan. Anda tidak hanya dapat menggunakan karangan bunga di pintu depan Anda, tetapi juga di pintu kamar Anda.

Gantungkan juga karangan bunga khusus di pintu kamar mandi Anda untuk mengarahkan tamu ke tempat itu dengan mudah. Karangan bunga dapat dibuat dari pohon cemara, berry, atau bahan alami lainnya.

Baca juga : Cara Hemat Biaya Pesta Ulang Tahun Anak dengan Dekorasi Sendiri

6. Stoking (dan kait stocking)

hiasan stoking/kaos kaki

Tradisi menggantung stoking atau kaus kaki di perapian sebelum Natal adalah tradisi setua waktu di Negara Barat. Orang suka sekali bangun pada hari Natal untuk menemukan barang-barang kecil yang dimasukkan ke dalam kaus kaki. Itu adalah tradisi yang akan selalu bisa kita hargai. Ambil stocking untuk setiap anggota keluarga Anda dan gunakan kait stocking untuk menggantungnya di ruang keluarga Anda. Ini jelas merupakan dekorasi Natal klasik yang harus dimiliki.

7. Hiasan Santa Claus

Santa Claus

Setiap rumah biasanya memiliki setidaknya satu figur Santa Claus. Santa Claus adalah tokoh sentral bagi anak-anak yang merayakan Natal. Santa membawakan mereka hadiah dan mainan untuk mereka sehingga dia benar-benar harus diwakili di rumah.

8. Rusa kutub

Rusa natal

Tentu saja Santa tidak bekerja sendiri. Dia memiliki rusa untuk membantu menarik giringnya dan membawanya ke seluruh dunia untuk memberikan hadiah. Jangan meninggalkan Santa sendirian dan coba berikan beberapa patung rusa untuk menemaninya.

9. Pohon Mini


Pohon cemara adalah bagian besar dari dekorasi Natal, tetapi agak tidak praktis memiliki pohon besar di setiap kamar di rumah. Jadi mengapa tidak membeli beberapa pohon cemara mini untuk ditempatkan di seluruh rumah ? Anda dapat membeli pohon mini ini dalam hampir semua warna dan gaya. Ini adalah cara yang bagus untuk menambahkan sedikit keceriaan ke ruangan, bukan hanya terpusat dalam satu ruangan seperti ruang tamu.

10. Miniatur Adegan Natal

miniatur natal

Penting untuk diingat bahwa Natal adalah hari libur keagamaan. Tujuan asli Natal adalah untuk merayakan kelahiran Yesus. Jika Anda seorang yang religius dan ingin menjaga makna sejati Natal tetap hidup di rumah Anda, maka miniatur adegan kelahiran Natal adalah suatu keharusan. Anda dapat membeli adegan kelahiran kecil atau besar, sesuai keinginan. Selain itu, ada begitu banyak binatang dan aksen yang dapat Anda tambahkan dari waktu ke waktu.

Baca juga : 5 Ide Menghias Tangga Rumah

11. Garland

Garland natal

Garland adalah dekorasi Natal yang menyenangkan dan meriah yang dapat digunakan di beberapa tempat. Anda dapat menggantung karangan bunga hijau di atas ruang tamu Anda, di sekitar tangga tangga, atau bahkan digantung di kepala kamar tidur Anda.

12. Rumah Putz

Banyak orang membeli rumah putz dan membuat hiasan desa Natal di rumah mereka. Rumah-rumah kecil kecil ini dapat ditemukan dalam berbagai gaya. Beberapa sudah dilengkapi lampu dan ada yang membutuhkan lilin untuk menerangi mereka.

13. Poinsettias

Poinsettias

Poinsettia adalah motif dekorasi Natal yang umum. Bunga-bunga merah cerah ini sangat populer saat Natal. Anda dapat menggunakannya untuk menghias pintu masuk depan atau menempatkannya untuk dekorasi tangga.

14. Lilin

Lilin beraroma Natal adalah dekorasi yang sempurna untuk menciptakan nuansa seperti Natal di rumah bersama orang tua. Ada begitu banyak aroma yang dapat Anda gunakan untuk menyegarkan ruangan saat Natal tiba. Anda juga dapat menggunakan sedikit lilin Natal di tengah meja makan Anda.

15. Hiasan Alam

Bagian-bagian tumbuhan cemara, evergreen, cranberry, dan biji pinus adalah elemen alami yang sempurna untuk ditambahkan pada dekorasi Natal Anda. Jika Anda tinggal dekat pedesaan, maka Anda dapat menemukan barang-barang dekoratif ini lebih mudah. Jika tidak, Anda pasti dapat menemukan pilihan alternatif dekorasi Natal alami yang bagus.

Baca juga : Jenis-jenis Bingkai Foto yang Cocok untuk Dekorasi Kamar

16. Mistletoe

Salah satu dekorasi Natal yang lebih romantis, berbagi cinta di bawah tanaman mistletoe konon mengirimkan berkah dan keberuntungan bagi pasangan. Anda dapat menggantung mistletoe di atas pintu antara dua kamar untuk sentuhan romansa Natal.

17. Tinsel/Slinger

Tinsel atau slinger adalah nama untuk hiasan pita keemas-emasan dalam bahasa Inggris, salah satu dekorasi Natal yang sangat menyenangkan. Anda dapat memasang dekorasi ini pada semuanya mulai dari pohon hingga karangan bunga yang dapat digunakan untuk menghias untuk Natal. Ini agak mirip dengan penampilan es, karena dibuat dengan menempelkan irisan  tipis bahan berkilau pada benang pusat.

18. Nutcracker

Nutcrackers adalah dekorasi Natal umum yang menyerupai tentara mainan. Menurut mitos di negara eropa, mereka adalah tanda keberuntungan dan berfungsi sebagai pelindung rumah. Mereka juga memecahkan kacang-kacangan, oleh karena itu namanya, meskipun sebagian besar yang dapat Anda beli hari ini hanyalah hiasan.

Boneka Nutcracker berasal dari Jerman pada akhir abad ke-17 di Pegunungan Ore. Mereka sering diberikan sebagai hadiah, dan karenanya dikaitkan dengan Natal.  Kebanyakan pemecah kacang dicat dalam warna-warna cerah, tetapi Anda juga dapat menjumpai Nutcracker yang menyerupai artis populer.

19. Kalender Advent

Kalender Advent adalah cara yang menyenangkan untuk menghitung hari yang tersisa sampai liburan Natal. Sebagian besar kalender Advent menampilkan pintu-pintu kecil yang terbuka untuk mengungkapkan gambar, ayat Alkitab, atau hadiah kecil seperti permen. Tradisi ini dapat ditelusuri kembali ke pertengahan abad ke-19 ketika Protestan Jerman membuat tanda kapur di pintu atau menyalakan lilin untuk menandakan setiap hari yang mengarah ke Natal. Anda dapat menemukan kalender Advent dalam berbagai bentuk, tetapi yang terbaik adalah yang menawarkan hadiah kecil.

20. Christmas Linen (Seprai)

Banyak orang suka menukar lembar musim panas dan musim gugur mereka untuk lembaran seprai bertema Natal. Mereka dapat membantu mengatur suasana Natal yang meriah di kamar sambil menjaga Anda tetap hangat di malam hari. Jika Anda menjamu keluarga dan teman selama liburan semalam, maka ini adalah salah satu hiasan yang tidak boleh Anda lewatkan.

Baca juga : Jenis Tanaman Hias untuk Rumah Perkotaan Agar Lebih Asri

21. Peralatan Makan Natal (Piring, Serbet, Penyajian Piring)

Dekorasi Natal lainnya yang diperlukan jika Anda adalah pembawa acara Natal adalah peralatan makan. Semuanya, mulai dari piring, serbet, hingga piring saji dapat ditemukan dalam gaya Natal.

22. Busur Pita Beludru Merah

Dekorasi ini sangat sederhana sehingga sangat bagus jika Anda mendekorasi dengan biaya murah untuk Natal. Mengambil pita beludru merah tebal dan mengikatnya menjadi busur di sekitar berbagai benda di rumah Anda adalah cara termudah dan paling terjangkau untuk menghias untuk Natal.

23. Salju Palsu

Jika rumah Anda tidak terletak di Kutub Utara, lalu mengapa tidak menambahkan salju palsu untuk memberikan perasaan dingin ke rumah Anda? Anda bisa meletakkan salju palsu di atas meja dan kemudian menambahkan rumah putz desa Natal. Atau Anda bisa menambahkan salju palsu di sekitar patung Santa Claus, Nutcracker, atau dekorasi Natal kecil lainnya yang Anda miliki. Ini cara yang bagus untuk membuat sketsa dekorasi Natal.

24. Centerpiece Natal

Bagian tengah Natal jelas merupakan dekorasi penting jika Anda mengadakan makan malam Natal. Tamu-tamu Anda akan mengagumi pemikiran yang Anda masukkan ke dalam kerajinan atau memilih bagian tengah yang sempurna yang menghiasi meja.

25. String Lights (Lampu hias/lampu cabai)

Terakhir, string lights adalah hiasan Natal yang wajib dimiliki. Anda dapat merangkai mereka hampir di mana saja di rumah seperti di sepanjang mantel, di sekitar tangga tangga, atau di sepanjang kap jangkauan Anda. Dekorasi kecil serbaguna ini akan menambah sentuhan cahaya ke ruang Anda dengan cara yang menyenangkan. Lampu dekoratif ini juga sangat berguna untuk digunakan sepanjang tahun, jadi ini jelas merupakan dekorasi yang bisa digunakan berulang.

Demikianlah mengenai 25 Ide Dekorasi Natal yang Wajib Dimiliki. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan. Terima kasih.
Salam dari Arsitur : Terima kasih sudah berkunjung ke ARSITUR. Kami berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update. Kami juga melayani JASA GAMBAR DAN DESAIN MURAH BERKUALITAS. Bantu kami mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini kepada teman-teman lainnya. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke arsiturstudio@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->