Apakah rumah Anda memiliki tangga? Tidak peduli jenis tangga apa yang ada di rumah, semua bisa dihias menjadi lebih cantik. Artikel ini tentu akan memberi Anda beberapa tips untuk membuat tangga rumah terlihat menarik dan menyenangkan. 

Tangga biasanya berawal dari ruang tamu ke kamar tidur pribadi di lantai atas, dapat mengarah ke ruang bawah tanah, atau dapat membawa Anda ke pintu utama rumah Anda dari gerbang eksternal. Di mana pun tangga hadir, tentunya harus dibuat cantik dan menarik. 

Hal ini tidak hanya akan menambah sedikit daya tarik pada penampilan tangga yang membosankan, tetapi juga meningkatkan tampilan seluruh rumah dan menyatukannya dengan interior yang indah di rumah Anda. 

Berikut ini adalah 5 ide sederhana, yang akan membuat tangga Anda terlihat luar biasa.

Memasang karpet tangga

menata karpet tangga
dekorasi karpet tangga - IMG

Dengan menempatkan karpet yang cerah dan elegan di sepanjang tengah tangga tentu akan melayani dua tujuan. Pertama itu akan meningkatkan tampilan tangga dan kedua itu akan berfungsi sebagai perlindungan ke tangga, yang harus menanggung beban banyak kaki yang berjalan naik dan turun. memasang karpet membuat tangga terlihat anggun dan mewah. 

 Warna karpet tangga yang digunakan hendaknya berbeda dari warna anak tangga sehingga memberikan kontras dan membuat mata fokus. Warna pilihan yang cocok digunakan untuk karpet tangga adalah merah, kuning dan biru. Jika ingin menggunakan warna lain, harap diperhatikan kesesuaiannya dengan warna anak tangga. 

Baca juga : Tips Mendekorasi Interior Minimalis dengan Aturan Dasar

Menghias dinding tangga

Menghias dinding tangga
hiasan dinding tangga - IMG

Dinding yang berjalan berdampingan dengan tangga, dapat dihiasi dengan karya seni yang indah dan berharga. Anda juga bisa menggantung foto keluarga di sepanjang dinding dan menciptakan nostalgia setiap kali Anda menggunakan tangga. 

Selain foto, hiasan dinding juga bisa berupa frame yang ditengahnya terdapat kata-kata motivasi yang mungkin menyemangati hari Anda, atau piagam prestasi yang pernah diraih, untuk selalu mengenang kisah sukses Anda. 

Baca juga : Jenis Bahan Piring Makan yang Paling Umum Digunakan

Modifikasi material dinding tangga

Modifikasi material dinding tangga
material bata di dinding tangga yang putih - IMG

Jika Anda tidak ingin memasang hiasan di dinding tangga maka kita dapat menambahkan warna dengan mengecatnya dengan beberapa warna yang sedikit berbeda. Gunakan permainan warna atau dengan mengubah sedikit unsur gelap terang pada dinding tangga. Jika tidak ingin mengecat dinding tangga, 

Anda juga bisa menggunakan material lain seperti tempelan batu alam, menggunakan roster yang sekaligus menjadi ventilasi atau menempelinya dengan wallpaper dinding. Intinya membuat perbedaan material dinding di ruang tangga akan membuat ruang tangga selalu spesial untuk dilewati setiap harinya. 

Baca juga : Jenis Tanaman Hias untuk Rumah Perkotaan Agar Lebih Asri

Tambahkan sedikit unsur alami pada tangga

Tambahkan sedikit unsur alami pada tangga
tambahkan pot pada tangga untuk kesan alami - IMG

Menempatkan pot tanaman di sepanjang tangga tidak hanya akan membuat kita merasakan nuansa alami tetapi juga memberikan sedikit kesejukan dan estetika pada tangga. Namun, pastikan Anda tidak menempatkan pot terlalu banyak yang dapat menghalangi area berjalan. 

Letakan satu atau dua di setiap beberapa anak tangga, atau mungkin kita bisa meletakan pot pada pojok bordes tangga (jika ada). Atau jika tangga terlalu sempit, Anda bisa meletakan pot pada ujung-ujung tangga baik itu di atas atau di bawah. 

Baca juga : 8 Aksesoris Untuk Setiap Kamar Tidur

Menata lampu tangga

Menata lampu tangga
menata lampu tangga di bawah pijakan - IMG

Tangga jenis apa pun tentu membutuhkan pencahayaan yang cukup. Kita bisa bermain-main dengan lampu dengan menambahkan beberapa lampu berwarna, yang akan membuat tangga terlihat sedikit lebih menyenangkan. 

Ada banyak sekali cara menata lampu tangga, misalnya dengan membuat lampu di dinding, lampu yang bersembunyi di sela-selat anak tangga, pada railing dan sebagainya. Bagian ini akan dibahas secara terpisah pada artikel lain. 

Demikianlah mengenai 5 Ide untuk menghias tangga rumah. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan mengenai dekorasi tangga.