Jenis Bahan Piring Makan yang Paling Umum Digunakan - Arsitur Media Desain

Jenis Bahan Piring Makan yang Paling Umum Digunakan

- 5/11/2019


Sebelum piring modern ditemukan, orang makan dengan beralaskan daun besar, batok kelapa, labu atau kerang. Kemudian tanah liat ditemukan dan alat makan tembikar mulai digunakan. Berikut dijelaskan mengenai jenis bahan piring yang paling umum digunakan di berbagai negara termasuk di Indonesia :


Jenis Bahan Piring Makan yang Paling Umum Digunakan
Jenis Bahan Piring Makan yang Paling Umum Digunakan

01. Piring keramik

Piring keramik adalah jenis piring yang paling umum yang digunakan orang di Indonesia setiap hari. Jenis piring ini sangat berguna dan dapat digunakan selama bertahun-tahun tanpa masalah. Tentu saja, keramik juga merupakan jenis bahan piring yang sangat serbaguna. Piring keramik dapat dijadikan piring biasa yang akan Anda gunakan sepanjang waktu, atau dekorasi piring yang hanya berani Anda keluarkan untuk acara-acara khusus.

Piring keramik ini sangat populer karena memiliki berbagai gaya yang berbeda. Anda bisa mendapatkan piring yang memiliki tampilan unik dan sangat menarik secara visual. Orang-orang yang baru memulai berkeluarga biasanya membeli satu set piring keramik yang bagus untuk memenuhi kebutuhan makan mereka dan menjamu tamu.

02. Piring Kaca

Banyak orang suka memiliki piring kaca untuk digunakan secara teratur. Piring kaca sangat populer karena merupakan piring yang terlihat elegan dan kasual. Secara umum, mendapatkan piring kaca asli tidak terlalu mahal tetapi ada beberapa jenis piring kaca dekoratif yang harganya justru lebih mahal. Anda dapat membeli piring kaca bening atau mencari piring yang berwarna.

Piring kaca adalah jenis piring yang indah dan menarik untuk dilihat. Piring ini akan mudah digunakan untuk segala acara. Piring kaca mudah dibersihkan dan aman untuk dicuci dengan mesin cuci piring sehingga tidak merepotkan.

03. Piring Melamin

Sebagian besar orang di Indonesia mungkin tidak akan terbiasa dengan piring melamin, tetapi banyak dari mereka menggunakan piring melamin setiap hari. Piring melamin pada dasarnya adalah piring plastik yang biasa digunakan orang. Melamin sendiri adalah jenis bahan kimia organik yang digunakan orang saat membuat produk plastik. Sebagian besar bahan yang dianggap plastik termasuk dalam kategori melamin.

Piring-piring ini sangat mudah dibuat dan dengan berbagai macam desain yang menarik. Anda akan melihat piring melamin dengan karakter kartun di atasnya dan banyak desain bunga yang menarik. Piring seperti ini sangat menarik karena mudah digunakan dan mampu bertahan saat jatuh. Banyak orang menggunakan piring jenis ini untuk anak-anak agar tidak perlu khawatir dengan masalah piring pecah yang dapat melukai mereka.

Sayangnya,  piring melamin tidak boleh dimasukkan ke dalam microwave atau penanak nasi (magic jar). Mereka tidak akan mampu bertahan pada suhu tinggi microwave dan akan mulai meleleh dalam waktu singkat. Tapi piring melamin aman untuk dicuci dan dimasukan dalam mesin pencuci piring.

04. Piring Periuk (Stoneware)

Piring ini secara teknis dapat termasuk dalam kategori keramik tetapi cukup berbeda untuk bagiannya sendiri. Stoneware (periuk) jelas merupakan salah satu jenis alat makan yang sangat umum digunakan orang di zaman modern. Piring ini cukup tahan lama dan  penggunaannya sangat luas. Piring stoneware lebih tahan goresan daripada banyak jenis keramik lainnya sehingga bagus untuk penggunaan yang lebih berat.

Clay atau tanah liat adalah salah satu bahan utama yang digunakan untuk membuat piring ini. Tanah liat memberi piring ini tampilan yang sangat berbeda dan beberapa seniman menambahkan karakter pada piring ini sebagai kerajinan.

05. Piring Tembikar

Jenis piring selanjutnya adalah piring tembikar. Ini adalah piring yang menarik karena mereka agak mirip dengan piring periuk dalam banyak hal tetapi mereka memiliki beberapa perbedaan yang mendasar. Sebagian besar piring dibuat dengan cara yang sama seperti piring-piring periuk tetapi piring-piring ini sedikit lebih kasar dan menonjolkan lapisan atasnya.

Glasir pada piring ini menciptakan peluang unik bagi pengrajin untuk menempatkan desain. Ada beberapa varian piring tembikar yang dapat Anda beli. Beberapa diantaranya memiliki lapisan enamel timah yang menambah warna pada piring.

06. Piring Kayu dan Bambu

Untuk sesuatu yang benar-benar natural dan unik, Anda bisa mempertimbangkan untuk menambahkan piring kayu atau bambu ke meja makan Anda. Piring ini tentu saja memiliki daya tarik tersendiri. Menggunakan piring seperti ini cukup masuk akal untuk gaya hidup ramah lingkungan. Piring kayu dan bambu benar-benar dapat terurai secara alami tetapi sebenarnya kita bisa menggunakan piring ini lebih dari satu kali.

Namun, Ini tidak akan menjadi piring yang menarik bagi mereka yang mencari pengaturan bersantap mewah, tetapi lebih cocok untuk mereka memiliki daya tarik sendiri terhadap bahan/materialnya.

07. Piring Kertas

Piring kertas adalah pilihan yang paling sering digunakan untuk orang yang mencari piring sekali pakai. Piring kertas telah digunakan selama bertahun-tahun dan biasanya terlihat di pesta pernikahan dan ulang tahun.

Anda dapat menggunakan piring ini dan membuangnya segera setelah Anda selesai. Anda tidak perlu khawatir tentang mencuci piring apa pun setelah makan dan Anda akan dapat melanjutkan kegiatan Anda. Namun piring ini mungkin tidak bisa menyajikan seluruh hidangan terutama hidangan yang berkuah.

Demikianlah mengenai  jenis-jenis piring yang bisa dijadikan pilihan di atas meja makan Anda. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan pembaca sekalian.



Silahkan tuliskan komentar, Jika ingin berdiskusi lebih lanjut silahkan email ke parsikaproject@gmail.com
EmoticonEmoticon

 

Ketikan dan tekan Enter