Rumah kecil dan minimalis seringkali merupakan tempat yang tepat untuk didekorasi, tetapi kita dapat memilih untuk menggunakan gaya dekorasi minimalis untuk membuat ruangan Anda terasa lebih besar dan lebih terbuka. Memilih dekorasi tertentu mungkin sedikit berlebihan, tetapi waktu yang dihabiskan untuk menemukan bagian yang tepat akan sepadan dengan hasil.

Tidak tahu harus mulai dari mana untuk menemukan inspirasi gaya dekorasi minimalis ? Berikut adalah beberapa aturan dasar yang dapat digunakan untuk membuat ruangan interior yang akan bisa dinikmati dan dibanggakan.

Aturan # 1: Minimalisme adalah Kunci

04. Interior Rumah Minimalis dengan Jendela Besar
Minimalisme adalah kunci

Di rumah modern, dekorasi minimalis adalah cara yang sangat populer untuk memberi rumah suasana elegan. Penampilan ini biasanya dikaitkan dengan orang-orang yang memiliki kecenderungan artistik lebih banyak, tetapi juga populer digunakan pada banyak rumah lainnya.

Dekorasi minimalis adalah cara yang luar biasa untuk membuat ruangan juga tidak terlalu sumpek. Cara ini dapat membantu Anda memiliki tempat perlindungan dan istirahat yang dapat Anda nikmati setiap harinya.

Aturan # 2: Menambahkan Teknologi

7 Teknologi Smart Home yang membuat Rumah Lebih Canggih
Gunakan teknologi smarthome

Dekorasi minimalis tidak berarti Anda harus meninggalkan teknologi. Ada banyak cara yang dapat Anda tambahkan dengan semua komponen teknologi yang mutakhir tanpa menyimpang dari gaya dekorasi minimalis. Sistem hiburan audiovisual mungkin merupakan cara dimana Anda bisa memulai dekorasi, karena cenderung menjadi pusat aktivitas zaman sekarang.

Televisi dapat menjadi media besar hari ini dengan banyak pilihan, jadi coba untuk membeli satu berdasarkan kebutuhan Anda. Anda juga bisa menambahkan speaker di setiap sudut ruangan untuk membuat suasana seperti home teather.

Baca Juga : 7 Teknologi Smart Home yang Membuat Rumah Lebih Canggih
 

Aturan # 3: Pengaruh Jendela

Rumah yang baru dibangun biasanya memiliki banyak jendela dalam struktur bangunannya. Ini dapat membantu ruangan dan rumah terasa lebih terbuka dan besar. Menggunakan jendela-jendela ini untuk meningkatkan gaya dekorasi minimalis dan nuansa modern dapat membantu membuat suasana rumah terasa lebih besar.

Aturan # 4: Pilihan Dekorasi

05. Interior Rumah Minimalis dengan Kayu
Interior minimalis dengan kayu

Anda dapat menemukan banyak ide dekorasi minimalis yang berbeda hanya dengan melihat di Internet dan di majalah. Ingatlah bahwa semua yang Anda pilih terserah Anda. Dengan merencanakan dengan cermat, Anda dapat memanfaatkan gaya dekorasi minimalis untuk membuat rumah terasa lebih menarik dan nyaman untuk diri sendiri, keluarga, dan teman-teman.

Aturan # 5: Warna

01. Interior Rumah Minimalis dengan Nuansa Putih Bersih
Warna putih pada desain minimalis

Dinding putih dengan dekorasi minimal cenderung membebaskan ruang di dalam interior. Beberapa orang menyukai warna putih, karena putih itu sendiri dapat membangkitkan sterilitas. Demikian pula, lantai harus tetap terang secara warna. Desain minimalis menghindari penggunaan kain motif dan pernik-pernik. Lantai kayu atau beton lebih sering digunakan, rumah minimalis tidak menggunakan tirai.

Baca Juga : Tips Memaksimalkan Interior yang Sempit

Aturan # 6: Furniture


Pilihan furnitur sangat penting dalam desain minimalis. Tempat yang sempurna untuk memulai dekorasi adalah kamar tidur. Pertimbangkan ruang dengan cermat ketika memilih satu set tempat tidur. Biasanya, bingkai tempat tidur dengan motif polos lebih disukai untuk gaya minimalis. Lapisan gelap pada bingkai tempat tidur dengan gaya kontras dengan dinding yang terang, sering kali dipasangkan dengan tempat tidur putih bersih. Bentuk kamar tidur yang cocok harus dipilih untuk fungsionalitas. Di tempat lain di rumah, aturan yang sama berlaku, yaitu : pertimbangkan ruang dengan hati-hati.

Kesimpulannya bahwa desain minimalis berusaha membebaskan ruang; kekacauan melawan visi desain tersebut. Bentuk-bentuk benda di rumah Anda adalah masalah fungsi, serta estetika, dan estetika ruang terbuka justru yang menciptakan perasaan tenang yang dihasilkan oleh gerakan desain ini. Jadi, pilih furnitur Anda dengan hati-hati dan perhatikan dasar-dasar desain minimalis seperti : garis bersih, asimetri, dan cahaya.