Skip to main content

7 Teknologi Smart Home yang Membuat Rumah Lebih Canggih

Smart Home adalah teknologi rumah yang memberikan keamanan, kenyamanan, efisiensi energi (dengan biaya Operasi & Pemeliharaan yang rendah) dan kemudahan bagi pengguna.

Smart Home biasanya didefinisikan sebagai rumah dengan peralatan yang dikendalikan dari jarak jauh, setiap ruangan di rumah maupun dari lokasi mana pun di dunia melalui telepon atau internet. Ada deretan teknologi dan inovasi yang bisa digunakan untuk membuat smart home sendiri di rumah kesayangan Anda.

Di sini kita bisa mengambil contoh smart home pada rumah House of Bill Gate terkenal - bernama "Xanadu 2.0" (Ini adalah rumah besar yang menghadap ke Danau Washington di Madinah yang 66,000 sq.ft dan terkenal dengan teknologi dan desain yang terintegrasi) di Medina, Washington adalah Rumah Cerdas yang menjadi pionir smart home lainnya.

Teknologi di dalam rumah seperti sistem musik bawah air di kolam renang, dinding digital yang menjadi karya seni dan banyak lagi teknik membuat kita merasa kagum saat berada di dalamnya.

7 Teknologi Smart Home yang membuat Rumah Lebih Canggih
7 Teknologi Smart Home yang membuat Rumah Lebih Canggih

Teknologi smart home sudah mulai dijual di Indonesia, berikut adalah 7 peralatan rumah smart home terbaru yang bisa kita gunakan untuk membuat Smart Home Sendiri.

01. Kunci Bluetooth - Tanpa Kunci

Dari sudut pandang keamanan, kita biasanya menggunakan kunci dan anak kunci, tetapi jika Anda beralih ke smart home, hal pertama yang Anda butuhkan adalah smart lock atau kunci pintar.

Kunci pintar biasanya menggunakannya teknologi tanpa kunci untuk menjaga rumah Anda aman bahkan ketika Anda tidak ada di rumah. Gembok tanpa kunci ini berfungsi dengan perangkat Android, iOS atau Windows yang berjalan dengan menggunakan Bluetooth.

Smart lock ini memiliki sistem kerja IoT (Internet of Things) yang kuat yang sekarang tersedia dalam banyak merek seperti Noke, Samsung, dll. Mungkin masih ada banyak merek lain yang membuat kunci bluetooth untuk smart home, silahkan cek di toko terdekat atau browsing di toko online.

Dengan menggunakan ponsel pintar Anda, Anda bisa membiarkan tamu masuk atau keluar, ketika Anda telah mengunci dan meninggalkan rumah dan Anda juga dapat membuat laporan siapa saja yang telah masuk atau keluar dari rumah Anda berdasarkan akun pemegang kunci.

02. Kamera CCTV pintar

Ketika memikirkan keamanan rumah saat ditinggal pergi lama, banyak hal yang ada di sana bukan hanya alarm dan kunci. Kamera CCTV pintar dapat digunakan di mana saja di rumah Anda dari sudut pandang keamanan.

Kamera ini akan mengirimkan peringatan ketika seseorang memasuki kamar atau pintu dibuka dan juga menawarkan sistem dua arah yang juga dapat dihubungkan ke perangkat smart home lainnya.

03. Smart Wallpaper

Sekarang smart wallpaper atau wallpaper pintar sudah tersedia dan dapat memanen cahaya di sekitar ruangan juga dalam kondisi redup dengan menggunakan teknik yang disebut nanotexturing (teknik ini dibuat oleh para peneliti dari University of Surrey di Inggris.

Ini adalah lembaran graphene ultra tipis yang dapat digunakan dalam wallpaper pintar untuk memanfaatkan cahaya dan panas secara efektif, itu juga dapat menghasilkan listrik dari berkas cahaya atau panas dan daya untuk sejumlah aplikasi di smart home.

04. Kasur dengan Sleeper Monitoring

Kasur ini memiliki sejumlah sensor yang dapat melacak pola pernapasan, detak jantung, dll dan juga menyarankan perubahan untuk pola tidur yang lebih baik.

Di pagi hari aplikasi seluler akan menunjukkan kepada Anda detail dan saran mengenai tidur Anda. Kualitas tidur sangat menentukan kualitas hari-hari Anda. Dengan bantuan kasur ini akan membuat kualitas hidup kita menjadi lebih baik saat tinggal di smart home.

05. Shower dengan Speaker Nirkabel

Mungkin teman-teman ada yang hobi menyanyi saat mandi. Nah, shower berteknologi tinggi ini telah tersedia di pasar. Shower dengan speaker nirkabel (terpasang dengan magnet sehingga mudah dipasang dan dikenakan biaya), yang terhubung dari ponsel Anda melalui koneksi bluetooth sehingga saat mandi memungkinkan kita mendengar musik, berita, dll secara nirkabel.

06. Alat Pendeteksi Bau

Perangkat pintar ini memungkinkan Anda menjaga rumah Anda dari jarak jauh agar tetap segar dan bebas bau. Perangkat ini terhubung dengan dispenser aroma dengan wifi dan membiarkan rumah Anda tetap segar sehingga membuat Anda nyaman.

Penggunaan pendeteksi bau terus menerus pada smart home menerapkan sensor dengan potensi untuk mengenali berbagai aktivitas kehidupan sehari-hari termasuk mengidentifikasi kondisi yang tidak aman bagi penghuninya.

07. Remote Universal

7 Teknologi Smart Home yang membuat Rumah Lebih Canggih
7 Teknologi Smart Home yang membuat Rumah Lebih Canggih

Daripada memiliki tiga hingga empat remote yang biasanya hilang atau terjatuh di belakang sofa / bantal, ini dia satu perangkat yang disebut Universal Remote yang menentukan cara paling efisien dalam mengendalikan banyak perangkat pada smart home.

Bergantung pada perangkat yang Anda miliki, Anda mungkin dapat mengontrolnya dari satu aplikasi pusat. Misalnya Anda dapat terhubung ke semua barang yang jelas seperti Speaker, TV, mesin cuci, lampu, kipas angin, dll. Dengan adanya remote universal, membuat smart home Anda lebih mudah dikontrol dengan satu genggaman.

Demikianlah 7 Perangkat Smart Home yang bisa kita gunakan untuk membuat rumah semakin canggih sesuai revolusi industri 4.0. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan.
Salam dari Arsitur : Terima kasih sudah berkunjung ke ARSITUR. Kami berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update. Kami juga melayani JASA GAMBAR DAN DESAIN MURAH BERKUALITAS. Bantu kami mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini kepada teman-teman lainnya. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke arsiturstudio@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar