Jenis-jenis tanaman hias berikut ini adalah daftar beberapa tanaman yang cocok digunakan sebagai tanaman dekorasi penghijau rumah dan tanaman untuk menghilangkan polusi udara terutama di perkotaan.

Jenis Tanaman Hias untuk Rumah Perkotaan Agar Lebih Asri
Jenis Tanaman Hias untuk Rumah Perkotaan Agar Lebih Asri

Polusi akibat kepulan asap pabrik dan kendaraan bermotor menjadi sumber penyakit, juga bisa meningkatkan suhu di ruangan sehingga suasana menjadi panas dan gerah. Salah satu solusinya adalah menempatkan berbagai jenis tanaman hias supaya rumah menjadi tetap asri dan sejuk.

Selain tanaman hias, untuk rumah di perkotaan juga bisa menanam berbagai macam sayuran hidroponik. Selengkapnya bisa dibaca di : Menanam Sayuran Hidroponik pada Pekarangan Rumah dengan Luas Terbatas.

Selain sebagai penyejuk ruangan, keindahan dari jenis jenis tanaman hias yang ditanam juga dapat dimanfaatkan sebagai elemen dekorasi ruang sehingga tampilan ruangan semakin indah. Jenis jenis tanaman hias apa saja yang cocok rumah perkotaan ? Untuk lebih lengkapnya, ayo simak jenis-jenis tanaman hias berikut ini :


1. Sirih Gading

jenis tanaman hias sirih gading
jenis tanaman hias sirih gading

Sirih Gading termasuk jenis tanaman hias yang tumbuhnya merambat yang bisa ditanam dengan media pot yang digantung. Dari jenis jenis tanaman hias yang ada, sirih gading adlaah tanaman yang cocok ditanam oleh semua orang karena hanya memerlukan sedikit perawatan yang mudah. Sirih Gading juga memberikan tampilan tumbuhan yang cantik dengan warna hijau cerah bercorak putih, sehingga menghasilkan kesan asri di rumah Anda.

2. Lavender

jenis tanaman hias lavender
jenis tanaman hias lavender

Jenis tanaman hias selanjutnya adalah bunga lavender yang memiliki warna ungu kebiruan yang cantik dan menawan. Lavender selain asri, sekaligus bisa berperan sebagai dekorasi natural di dalam ruangan. Tak hanya indah, aroma yang dikeluarkan oleh bunga lavender juga sangat ampuh untuk mengusir nyamuk sehingga dapat difungsikan ganda sebagai aromaterapi.

Baca Juga : 7 Tips Merawat Tanaman Indoor Agar Tetap Hidup

3. Lidah Mertua

jenis tanaman hias lidah mertua
jenis tanaman hias lidah mertua

Jenis tanaman hias berikutnya adalah lidah mertua atau nama latinnya Sansevieria. Lidah mertua memiliki daun yang unik dengan corak khas dan ujung daun yang tajam. Lidah mertua tidak hanya sangat ideal digunakan sebagai dekorasi interior ruangan, namun memiliki manfaat lain yakni menghilangkan bau tak sedap, menetralisir polusi dan menyerap radiasi. 

Dari berbagai jenis jenis tanaman hias yang ada, lidah mertua ini termasuk sangat mudah dalam segi perawatannya. Untuk itulah tanaman ini sangat cocok dijadikan hiasan rumah di perkotaan agar rumah terlihat lebih asri.

4. Kuping Gajah

jenis tanaman hias kuping gajah
jenis tanaman hias kuping gajah

Kuping gajah memiliki nama latin Anthurium Crystallinum, jenis tanaman hias berdaun unik ini sangat mudah ditemukan di banyak wilayah di Indonesia. Dari jenis jenis tanaman hias daun, kuping gajah identik dengan ukuran daun yang besar berbentuk mirip telinga gajah serta memiliki warna hijau kemerahan yang sangat menawan. Selain dapat difungsikan sebagai dekorasi, jenis tanaman hias Kuping Gajah memiliki mitos dapat mendatangkan rejeki seperti yang disebutkan dalam Feng Shui.

5. Monstera

jenis tanaman hias monstera
jenis tanaman hias monstera

Monstera adalah jenis tanaman hias yang cocok difungsikan sebagai dekorasi interior bergaya minimalis, Monstera merupakan jenis tanaman hias yang tumbuh merambat dan berasal dari negara Meksiko. Jenis tanaman hias ini memiliki karakter yang menarik dengan daun berwarna hijau berlubang berwarna mengkilap, sehingga mampu memberikan nuansa hutan tropis yang asri di ruangan.

Monstera juga merupakan jenis tanaman hias yang mudah dirawat dan tidak memerlukan cahaya matahari terlalu banyak sehingga bisa ditempatkan di dalam ruangan yang minim pencahayaan alami.

Baca Juga : 6 Jenis Media Tanam untuk Membuat Taman di Rumah

6. Kaktus

jenis tanaman hias kaktus
jenis tanaman hias kaktus

Meskipun orang-orang menganggap kaktus sebagai jenis tanaman hias untuk dekorasi, tetapi ternyata kaktus juga memiliki fungsi penghijauan karena mampu memproduksi oksigen yang dibutuhkan oleh manusia di dalam ruangan. Kaktus juga dapat mengurangi efek radiasi dari berbagai peralatan elektronik di rumah.

Selain itu, jenis tanaman hias berduri ini juga memiliki banyak jenis yang bisa kita pilih sesuai tema desain ruangan. Disamping itu, kaktus memerlukan perawatan yang sangat sederhana karena mampu bertahan hidup dalam kondisi dengan sedikit air.

7. Tanduk Rusa

jenis tanaman hias tanduk rusa
jenis tanaman hias tanduk rusa

Tanaman hias selanjutnya adalah jenis tanaman tanduk rusa yang memiliki tampilan eksotis sehingga kehadirannya mampu memberikan nuansa tropis di dalam rumah. Tanduk Rusa adalah salah satu dari jenis tanaman hias yang gantung sehingga dapat ditanam bersama media tanaman lain yang lebih besar.

Namun, tanduk rusa adalah salah satu dari jenis tanaman hias yang memerlukan metode perawatan yang cukup intensif. Setidaknya kita harus menyiramnya satu minggu sekali dengan mencabutnya dari media tanam dan menempatkannya kembali setelah kering.

Demikianlah jenis jenis tanaman hias yang sangat cocok ditempatkan di rumah sebagai penambah nuansa sejuk dan membuah rumah tetap sehat. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan.

Referensi :

  • Pengalaman Pribadi
  • Rekomendasi arsitek lanskap