Skip to main content

Daftar + Harga Furniture Kamar Tidur Remaja

Setelah memiliki rumah dengan kamar masing-masing, hal selanjutnya yang sering kita pikirkan adalah mengisi kamar dengan berbagai barang-barang dan furniture sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Artikel ini akan membahas furniture apa saja yang wajib ada untuk kamar tidur remaja dengan umur 13 - 18 tahun beserta perkiraan harga dan budget yang harus dikeluarkan untuk membeli semua furniture tersebut. Di sini juga akan dijelaskan paket furniture low budget dan paket furniture premium.

Daftar + Harga Furniture Kamar Tidur Remaja
Daftar + Harga Furniture Kamar Tidur Remaja


Masa remaja adalah masa yang paling indah dan masa perkembangan yang paling seru dalam siklus hidup kita. Idealnya, anak remaja yang sudah menginjak bangku SMP diberikan kamar tidur sendiri agar ia mulai belajar mandiri. Apa saja barang-barang dan furniture yang ada di kamar remaja ? mari kita simak sebagai berikut :

1. Kasur (Tempat tidur)

Jenis bahan kasur
Kasur, furniture utama di kamar tidur

Kasur adalah sesuatu yang wajib di setiap kamar tidur termasuk kamar tidur remaja. Untuk kamar remaja, biasanya mereka tidur sendiri meskipun masih ada masa-masa teman sekolah yang datang menginap. Untuk itu kasur yang diperlukan tidak harus besar, cukup dengan kasur single bed berukuran 120 x 200 cm.

Untuk kasur berbahan busa bisa didapatkan mulai dengan harga 500 ribuan dan untuk kasur tipe spring bed bisa didapatkan mulai dengan harga 1,8 jutaan. Kamar tidur remaja biasanya tidak menggunakan divan, namun apabila menambah divan, perlu menghabiskan dana tambahan mulai 800 ribuan lagi.

Baca Juga : 7 Jenis Bahan Kasur yang Populer di Indonesia

2. Wardrobe (Lemari Pakaian)

Pilihan lemari, MDF atau jati ?

Wardrobe atau lemari pakaian merupakan hal yang penting untuk kamar remaja. Anda tentu tidak ingin melihat baju-baju mereka berantakan dan terurai di sekitaran tempat tidur. Sebaiknya membeli lemari 2 pintu dengan ukuran 120 x 50 x 180 cm. Jangan menggunakan lemari yang menyatu dengan meja, hal itu tidak efisien lagi untuk remaja.

Untuk wardrobe dengan bahan MDF seperti merk Olympic, Melody, dll bisa didapatkan dengan harga mulai 700 ribuan, dengan model yang variatif dan cocok untuk anak muda. Namun bila Anda menginginkan lemari berbahan dasar kayu solid, siapkan dana mulai 1,7 jutaan untuk lemari berbahan jati.

Baca Juga : Ukuran Standar Kitchen Set

3. Meja belajar

meja belajar - olx.com

Meja belajar adalah hal yang penting pula untuk remaja yang masih bersekolah. Meja belajar bisa dicari model yang digabung dengan rak buku sehingga Anda tidak perlu lagi membeli keduanya secara terpisah. Ada banyak model yang tersedia di toko furniture namun jangan salah membeli, meja belajar memiliki tinggi minimal 76 cm dengan lebar minimal 40 cm sementara panjangnya menyesuaikan.

Meja belajar dijual mulai dengan harga 600 ribuan untuk model dengan bahan MDF atau olympic. Sementara untuk meja kayu solid dijual dengan harga sekitar 1 jutaan. Pilih sesuai dengan selera dan kebutuhan masing-masing.

Baca Juga : 7 Jenis Lemari Pakaian yang Umum di Kamar Tidur

4. Kursi Belajar

kursi belajar hidrolik
kursi belajar hidrolik - tokopedia.com

Jika ada meja belajar tentunya ada kursi belajar sebagai pendamping utamanya. Kursi belajar yang nyaman adalah kursi yang memiliki sandaran dan bantalan duduk yang empuk. Duduk di kursi yang keras dan tanpa sandaran akan menurunkan semangat belajar.

Kursi belajar dengan sandaran dijual dengan harga minimal150 ribu untuk model empat kaki, namun alangkah bagusnya bila bisa menyediakan kursi belajar dengan hidrolik dan bisa diputar, kursi ini mulai dijual pada harga 270 ribuan.

Baca Juga : Jenis Kursi Kantor yang Umum di Indonesia

5. Meja Nakash (Bedside Table)

Meja nakas
Meja nakas - snapdeal.com

Meja nakash bisa dimiliki sebagai furniture tambahan yang diletakan di samping tempat tidur. Fungsinya adalah sebagai tempat meletakan Smartphone sebelum tidur atau meletakan lampu malam. Meja nakash berfungsi sebagai asisten dari meja belajar. Meja nakas bisa diletakan di kanan atau kiri tempat tidur atau keduanya. Umumnya kamar remaja di Indonesia hanya meletakan satu nakas, sementara bagian kasur lainnya mepet ke tembok.

Meja nakash harganya variatif, tergantung model dan bahan. Untuk meja nakash bisa didapatkan dengan harga mulai dari 150 ribuan, model yang lebih bagus dijual dengan harga mulai 400 ribuan.

Baca Juga : Koleksi Ide Desain Kasur Bertingkat untuk Anak-anak

Demikian daftar furniture beserta harganya yang telah dijelaskan di atas, jika kita ringkas lagi, kita akan menemukan 2 alternatif, menggunakan furniture kualitas biasa atau furniture dengan kualitas lebih tinggi, silahkan disesuaikan dengan budget masing masing. Berikut adalah kalkulasi harganya (diupdate dari harga 2019) :

Alternatif 1 (Furniture Low Budget)
1. Kasur Busa 120 x 200 cm = 500.000
2. Lemari Pakaian 2 Pintu = 750.000
3. Meja Belajar/Tulis = 600.000
4. Kursi Belajar = 150.000
5. Meja Nakash = 150.000
Total Harga Furniture = 2.150.000

Alternatif 2 (Furniture Premi Harga Minimal)
1. Kasur Spring bed 120 x 200cm = 1.800.000
2. Divan Kayu = 1.000.000
2. Lemari Pakaian Solid 2 pintu = 1.700.000
3. Meja belajar solid = 1.000.000
4. Kursi Belajar Hidrolik = 270.000
5. Meja Nakash = 400.000
Total Harga Alternatif 2 = 6.170.000

Demikian bisa dilihat perbandingan harga paket furniture biasa dan premium, namun Anda bisa menyesuaikan dengan budget Anda untuk memprioritaskan furniture apa yang harus premium atau yang lainnya bisa dicari yang murah. Misalnya untuk kenyamanan tidur, ganti kasur busa dengan srping bed (tanpa divan), atau meja belajarnya diganti dengan model mdf sehingga lebih murah.
Salam dari Arsitur : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. ARSITUR berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke arsiturstudio@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar