Ukuran Standar Kitchen Set - Arsitur Media Desain

Ukuran Standar Kitchen Set

- 7/03/2019


Saya sering ditanya tentang standar ukuran kitchen set yang ideal. Desain dapur yang sekarang telah melalui beberapa fase dan menjadi lebih dari sekedar tempat memasak, menggunakan furniture berupa kitchn set minimalis, menunjukkan kualitas estetika yang bisa dipamerkan kepada orang yang berkunjung ke rumah.

Ukuran Standar Kitchen Set
Ukuran Standar Kitchen Set

Desain dapur sekarang digabung dengan ruang makan, tempat untuk mengumpulkan keluarga dan teman. Untuk itu, kitchen set yang dipasang tidak hanya untuk fungsi,tetapi juga sebagai identitas desain rumah, mencerminkan bagaimana karakter penghuninya. Namun masih banyak yang bingung, sejatinya bagaimana ukuran standar kitchen set yang benar ? Berikut akan saya jabarkan beberapa ukuran standar kitchen set dan bagian-bagiannya :

Ukuran standar denah kitchen set

Ada beberapa tata letak dapur yang biasanya digunakan: yaitu kitchen set pada dinding tunggal, bentuk galeri, berbentuk L, berbentuk U dan berbentuk L dengan meja di tengah. Dari pengalaman desain rumah, biasanya ukuran ruang untuk kitchen set minimalis minimal 2 meter x 3 meter dengan bentuk kitchen L atai I. Ukuran ini cukup ideal untuk memenuhi kebutuhan dapur satu kepala keluarga.

Ukuran standar denah kitchen set
Ukuran standar denah kitchen set


Semua yang diperlukan oleh kitchen set adalah area "segitiga dapur". Segitiga dapur adalah tiga titik yang menghubungkan kulkas, kompor, dan wastafel. Segitiga dapur terbaik memiliki jarak kurang dari 6 meter linier.

Segitiga kerja dapur yang melebihi 6 meter membuat bergerak dari satu fungsi ke fungsi lainnya menjadi tidak praktis. Setiap tata letak dapur bekerja tergantung pada batas Anda atau dinding, pintu dan lokasi jendela. Dari pengalaman, kitchen set bentuk L  adalah jenis kitchen set yang populer belakangan ini.

Ukuran-ukuran penting dalam membuat kitchen set

Ukuran Standar Kitchen Set
Ukuran-ukuran penting dalam membuat kitchen set

Ada beberapa ukuran standar kitchen set yang sangat penting untuk diperhatikan saat membuat ataupun membeli kitchen set yang sudah jadi. Berikut ini akan dijabarkan beberapa dimensi penting dari sebuah kitchen set.

01. Lebar Meja Kitchen Set dan Kabinet Bawah

Hal pertama dimulai dai denah kitchen set, sediakan lebar meja 50-70cm untuk area kerja tempat memotong, meletakan kompor dan sink. Ukuran standar internasional lebar meja kitchen set adalah 60 cm, ini sudah pasti muat dengan hampir semua kompor dan sink yang dijual di pasaran Indonesia. Jika lebar terlalu sempit, maka seringkali kompor tidak akan masuk dan kita akan sulit membuat tempat sink pada kitchen set.

02. Tinggi Meja Kitchen set

Dapur Bentuk I : Kelebihan dan Kekurangan Single Wall Kitchen
Proporsi tinggi meja kitchen set

Meja kitchen set adalah tempat untuk meletakan fungsi-fungsi penting dapur seperti kompor, sink, blender, dan area untuk meletakan talenan untuk memotong makanan. Ukuran tinggi meja kitchen set standar adalah 76-85 cm disesuaikan dengan proporsi pengguna. Tinggi meja yang disarankan untuk kebanyakan orang Indonesia adalah 80 cm dari lantai.

03. Tinggi Kitchen Set

Sebuah kitchen set juga biasanya dilengkapi dengan kabinet atas (lemari atas). Ketinggiannya perlu diperhitungkan agar memudahkan saat mengambil barang-barang yang tersimpan di kabinet atas terutama barang pecah belah. Oleh karena itu ukuran ini sangat penting.

Selain itu, ketinggian tidak boleh terlalu tinggi untuk kenyaman aktivitas dapur, seperti kegiatan memotong, mencuci, memasak dan yang lainnya. Jarak antara meja dengan bagian bawah kabinet atas sebaiknya adalah 85-110 cm agar masih cukup nyaman digunakan.

04. Lebar Kabinet Atas

Selanjutnya perhatikan ukuran lebar kabinet atas pada kitchen set. Biasanya ukuran yang dipakai adalah 35-50cm. Ukuran standar internasional adalah lebar kabinet atas 40 cm. Namun, perhatikan pula barang-barang yang akan dimasukkan didalamnya. Lebar kabinet atas harus kurang dari kabinet bawah agar kepala tidak terbentur saat menggunakan meja kerja kitchen set.

05. Panjang Area Kerja Kitchen Set

ukuran kitchen set minimalis

Dengan area kerja yang besar dan luas tentu akan membantu memberikan kenyamanan saat bekerja. Panjang masing-masing area kerja disesuaikan dengan kebutuhan terutama penggunaan peralatan dapur. Idealnya untuk ukuran area kompor, sink dan tempat memotong perlu panjang 80 - 100 cm. Ini artinya panjang minimal untuk kitchen set adalah 2,5 meter.

06. Lekukan Bawah Kabinet

Untuk Anda yang memilih desain kitchen set dengan bentuk yang ada lekukannya, sebaiknya buat ukuran sekitar 10-15 cm. Ukuran ini akan mempermudah pembersihan area serta membuat nyaman untuk berdiri tegak menghadap ke meja dapur.

07. Ukuran Ideal Sink

Sink adalah salah satu perlengkapan untuk kitchen set untuk mencuci piring maupun bahan makanan sebelum dimasak. Terdapat dua jenis sink yang dapat digunakan yaitu sink dengan dua bak ataupun yang satu bak. Semua dapat dipilih berdasarkan kebutuhan dapur Anda. Untuk fungsi sink yang ideal, ukurannya adalah 80-90 cm sebagai ukuran permukaan. Ukuran ini sudah disesuaikan dengan ukuran orang Indonesia, jadi tidak perlu ragu untuk menggunakannya.

08. Perhatikan Ukuran Cooker Hood di Kabinet Atas

kitchen set bentuk U

Cooker hood atau kitchen exhaust fan adalah kipas yang diletakan di atas kompor. Tujuannya, untuk menghisap asap yang kompor yang mungkin berbau tak sedap. Karena adanya keberadaan cooker hood, perlu disesuaikan dengan ukuran untuk kabinet atas yang menjadi tempat cooker hood. Jarak yang tepat terhadap coocker hood yaitu sekitar 60-80cm. Agar tidak menganggu aktivitas memasak ataupun meraih peralatan dikabinet atas.

09. Luas Area Dapur

Untuk mempermudah pengerjaan, maka penting untuk memastikan ukuran dapur. seperti yang dijelaskan sebelumnya ukuran minimal untuk dapur dengan bentuk I (dinding tunggal) adalah 2 meter x 3 meter. Sementara untuk membuat dapur dengan layout yang lainnya kita perlu membuat sketsanya terlebih dahulu.

10. Kaki kitchen set masuk ke dalam

Untuk menambah kenyamanan kitchen set, sisakan 10 cm dari lantai untuk digunakan sebagai area kaki kitchen set. Sebaiknya kaki ini masuk ke dalam 5-10 cm untuk menghindari jari kaki menabrak kaki kitchen set. Mata manusia saat melihat kitchen set, biasanya menyesuaikan dengan pandangan kabinet bawah, namun seringkali kaki kita terbentur pada kaki kitchen set yang lurus, maka dari itu, memasukan bagian bawah ini akan membuat keyamanan kitchen set lebih baik.

Demikianlah mengenai standar ukuran kitchen set, semoga bermanfaat dan dapat membantu Anda merancang kitchen set, apabila Anda punya pertanyaan dan butuh referensi atau butuh jasa desain kitchen set, kami siap membantu.



Silahkan tuliskan komentar, Jika ingin berdiskusi lebih lanjut silahkan email ke parsikaproject@gmail.com
EmoticonEmoticon

 

Ketikan dan tekan Enter