Dapur sepertinya bukan suatu ruang khusus, tetapi memiliki kepentingan sangat besar pada rumah. Saat mendesain tata ruang rumah, lokasi dapur adalah area pertama dan paling penting untuk direncanakan dalam tata ruang, dengan cara memanfaatkan ruang sebaik-baiknya dan memenuhi semua fungsi.

Ruang dapur ini digunakan untuk menyiapkan makanan, penyimpanan makanan dan peralatan, makan, perawatan anak, menghibur, dll. Dapur adalah area yang paling sering digunakan di rumah dan oleh karena itu harus menyenangkan, menarik dan memiliki suasana ceria.

Posisi dapur terhadap ruang lainnya

Menentukan Posisi Dapur Terbaik untuk Rumah
Menentukan Posisi Dapur Terbaik untuk Rumah

Desain dapur biasanya direncanakan di sebelah ruang makan karena selalu penting untuk menghubungkan kedua ruang ini. Ruang makan dan dapur harus ditempatkan sedemikian rupa sehingga makanan yang dimasak dapat dengan mudah disajikan kepada keluarga tanpa kerepotan.

Dapur dan ruang makan biasanya juga bisa digabung menjadi satu, hanya dipisahkan oleh furniture. Saat ini perencanaan ruang terbuka digunakan secara luas di mana lokasi ruang tamu, ruang makan dan dapur terhubung secara terbuka tanpa dinding (dapat dipisahkan dengan penyimpanan atau partisi ringan) untuk membuat kamar terlihat lebih besar.

Posisi dapur dan arah matahari

Dapur Bentuk I : Kelebihan dan Kekurangan Single Wall Kitchen
Posisi dapur dan arah matahari

Desain dapur didasarkan pada arah matahari dan angin. Perencanaan lokasi dapur harus membuat api menyala dengan baik dan berventilasi sehingga jendela memungkinkan sinar matahari dapat membunuh kuman yang tumbuh subur di meja dapur dan lantai.

Jendela juga harus memungkinkan udara segar untuk menghilangkan asap dapur dan bau makanan. Untuk semua alasan ini, selalu disarankan untuk mempertimbangkan orientasi dapur sehubungan dengan sinar matahari dan arah angin. Atau kita harus memasang exhaust fan buatan untuk menyerap bau masakan di dapur.

Lokasi Dapur Terbaik untuk Rumah Anda?

Secara umum, arah Tenggara atau Barat Laut adalah lokasi dapur yang dianggap cocok untuk rumah di negara-negara Asia. Itu karena, arah angin utama adalah dari barat daya yang mencegah bau dapur dari melewati ruangan lain dan juga bisa mendapatkan ventilasi yang dibutuhkan oleh aliran angin.

Namun posisi dapur juga tergantung pada budaya masing-masing. Beberapa orang memandang bahwa dapur adalah tempat yang kotor sehingga diletakan di area belakang rumah jauh dari pintu masuk. Namun beberapa pemikiran modern justru memandang lebih baik meletakan dapur di bagian depan agar bau masakan tidak masuk ke rumah.

Apakah cross ventilation (ventilasi silang) diperlukan di dapur ?

Dapur dapat saja berventilasi silang. Di Dapur, di mana ada banyak asap & bau masakan, ventilasi silang akan menjamin bahwa udara panas dan asap keluar dari rumah dan diganti dengan udara sejuk segar dari luar. Jika tidak memungkinkan maka Anda harus memasang exhaust fan.

Karena itu, perancang harus selalu mengingat poin-poin yang diberikan di atas saat merancang lokasi dapur untuk rumah. Demikianlah mengenai posisi dapur terbaik untuk rumah Anda, semoga bermanfaat dan menambah wawasan.