Skip to main content

Jenis-jenis Wastafel Dapur (Kitchen Sink)

Sink di dapur dapat dirancang untuk mendukung berbagai fungsi yang kompleks. Kita bisa menggunakan sink untuk mencuci piring, menyiapkan makanan, dan banyak lagi. Anda harus memilih sink yang mudah dirawat dan cocok untuk kebutuhan Anda. Berikut ini adalah jenis-jenis desain kitchen sink yang perlu Anda ketahui :

1. Undermount Sink

img by : design.howwewokeup.com

Sink undermount terpasang di bawah meja kabinet dapur. Jenis sink ini menggunakan struktur dasar lemari untuk mendapatkan dukungan. Dengan sink ini, memungkinkan membuat tampilan yang rata di meja dapur.

Jenis sink undermount dibuat dengan permukaan meja yang solid. Sink ini dapat dipasang pada permukaan marmer atau komposit di antara bahan serupa lainnya.

2. Flush Mount

img by : bcf.usc.edu.com

Pilihan sink dapur jenis flush mount dibuat dengan permukaan yang bercampur dengan baik dengan bagian atas meja lainnya. Sink dapat dibuat dengan nada warna umum yang sama seperti apa yang digunakan pada meja. Kedua, mungkin memerlukan elemen yang berbeda dari bagian atas meja tetapi bercampur dengan baik tanpa permukaan yang meninggi di daerah tersebut.

Garis nat harus diterapkan di antara sink dan meja untuk menciptakan ikatan yang kuat antara keduanya sambil menjaga seluruh bentuk konsisten dan halus dalam desainnya. Garis nat bisa diselesaikan dengan nada yang berpadu sempurna dengan kedua bagian.

3. Farmhouse Sink

img by : overstock.ca

Gaya farmhouse atau apron sink dibuat dengan tepi bulat yang sesuai dengan apa yang ada di bagian dalam baskom sink. Bagian sink dapat ditambahkan ke tengah meja meskipun beberapa pemotongan mungkin diperlukan. Jenis sink ini menciptakan tampilan pedesaan pada desain dan umum dalam gaya dapur villa dan dapur rumah.

Baca Juga : Jenis-jenis Keran Dapur Berdasarkan Bentuknya

4. Self Rimming Sink

img by : amazon.com

Model sink self-rimming menggunakan perbatasan yang pas di atas meja kabinet utama. Dapat dengan cepat ditempelkan ke permukaan dengan bahan semen atau perekat lainnya. Ini adalah jenis termudah untuk Anda kerjakan ketika memasang sink.

Tepi dibuat untuk menopang bobot sink, ini adalah pilihan yang lebih kuat yang sangat mudah dibersihkan. Jenis sink ini juga menciptakan tampilan khas di dapur Anda. Yang terbaik dari semuanya, dapat digunakan pada semua jenis permukaan yang dapur yang Anda miliki. Namun harus dilihat apakah warnanya cocok dengan seluruh permukaan dan perlengkapan yang Anda tambahkan di dapur.

5. Quartz sink

img by : blanco-germany.com

Sink jenis quartz (kuarsa) biasanya dirancang di atas meja yang jauh lebih besar. Banyak produsen akan membuat countertops mereka di mana sink sudah terpasang di bagiannya. Sink jenis ini biasanya memiliki dua bagian sink yang terpisah sesuai kebutuhan dalam mencuci piring bekas atau bahan makanan baru.

6. Prep Sink

img by : sonomastone.com

Prep sink adalah jenis sink yang jauh lebih kecil yang dibuat dengan kebutuhan yang lebih kecil dalam fungsinya. Sink jenis prep biasanya dibuat dengan ukuran minimal yang digunakan untuk menyiapkan serangkaian kecil makanan. Ini biasanya cocok dibuat di pantry untuk villa atau kamar di lantai atas dimana tidak perlu membuat dapur yang besar.

Sink ini juga bisa disebut sebagai bilah sink. Sink ini akan lebih baik digunakan untuk hal-hal seperti membersihkan gelas atau untuk menyajikan dan menyiapkan minuman mewah.

Baca Juga : Jenis-jenis Kompor serta Kelebihan dan Kekurangannya

7. Sink terpisah

img by : retroitalia.net

Sink jenis ini dibuat khusus untuk kebutuhan yang besar. Bentuk sink ini menggunakan desain yang pas di tengah-tengah dapur Anda dan memiliki pilar yang menampung perlengkapan pipa yang diperlukan untuk plumbing. Biasanya jenis sink ini dibuat dengan tujuan dekoratif, meskipun bisa agak fungsional jika Anda memiliki peralatan tertentu untuk dipasang bersama.

Demikianlah mengenai jenis-jenis kitchen sink yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan. Terima kasih.
Comment Policy: Terima kasih sudah berkunjung di website ini. ARSITUR berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Buka Komentar
Tutup Komentar