Skip to main content

Ukuran Standar Meja dan Kursi Makan

Kenapa Ukuran Meja dan Kursi Makan Harus Standar ?

Merancang atau membuat meja dan kursi makan hendaknya bisa membuat orang nyaman saat duduk dan makan tanpa bersinggungan dengan orang di sebelahnya. Ada banyak aturan yang mengatur tentang standar panjang, lebar dan tinggi kursi dan meja makan.

Ukuran Standar Meja dan Kursi Makan
Ukuran Standar Meja dan Kursi Makan - pixabay

Meja makan harus dibuat satu set dengan ukuran kursi makan, jika pun membeli terpisah, maka perlu memperhatikan perbandingan ukuran meja dan kursi. Dua furniture ini bersanding menimbulkan kenyamanan bagi penggunanya.

Selain itu berkaitan juga saat posisi tidak digunakan, maka kursi mungkin dimasukan ke bawah meja sehingga menghemat ruang dan tidak terlalu menghalangi sirkulasi ruang. Berikut ini akan dijelaskan standar ukuran kursi dan meja makan.

Baca juga : Ukuran Standar Kitchen Set

Ukuran Standar Kursi Makan

Tinggi dudukan kursi makan antara 46 cm hingga 50 cm dari lantai ke kursi, hampir sama dengan kursi kerja. Tinggi kursi makan rata-rata lebih tinggi daripada sofa atau kursi santai karena orang harus dapat duduk dengan sempurna dalam menghadapi makanan. . Tinggi kursi makan anak mungkin lebih pendek dari ini.

ukuran standar kursi makan
ukuran standar kursi makan - decoSoup

Kursi makan umumnya tidak dibuat terlalu lebar dan dalam sehingga orang tidak terjebak dengan dimensi tersebut. Sebaliknya orang bisa lebih fokus ke meja dan menghadapi makanan. Dimensi panjang kursi berkisar antara 50 cm - 60 cm, sementara lebarnya berkisar antara 45 cm - 55 cm.

Untuk sandarannya sendiri juga tidak dibuat terlalu tinggi, hanya 3/4 punggung yang bisa menyandar pada kursi. Tinggi sandaran rata-rata untuk kursi makan adalah 45 cm - 60 cm tergantung bentuk desain sandaran kursi.

Kursi makan jarang menggunakan sandaran tangan / lengan kursi (arm chair), kebanyakan kursi makan akan disodorkan ke bawah meja setelah selesai digunakan. Jika pun merupakan kursi dengan lengan atau sandaran tangan, maka sandaran tangan tingginya harus kurang dari kolong meja sehingga tidak terbentur. Tinggi sandaran tangan biasanya berkisar antara 19 cm hingga 25 cm.

Baca juga : Ukuran Standar Kasur Tempat Tidur

Ukuran Standar Meja Makan

Tinggi meja makan umumnya adalah 76 cm hingga 80 cm dari lantai, ini juga disesuaikan dengan tinggi kursi makan. Dalam penggunaan meja makan yang santai, tingginya juga bisa diturunkan. Tinggi meja makan bisa dibuat antara 70 - 75 cm dari lantai, agar ramah terhadap anak-anak.

Meja makan umumnya memiliki kolong terbuka sehingga bisa merentangkan kaki dan memasukan kursi di bawahnya. Meja makan memiliki tinggi kolong bersih sekitar 10 cm hingga 12 cm di bawah tinggi meja atau sekitar 68 cm hingga 70 cm.

Sementara untuk panjang dan lebar meja makan serta kapasitas meja makan bisa dibuat sesuai variasi desain meja apakah berbentuk kotak, persegi panjang, oval atau lingkaran. Meja makan dengan kapasitas 2 orang yang duduk berhadapan minimal berukuran 60 cm x 60 cm. Mengenai ukuran meja makan, bisa dilihat pada tabel di bawah ini :

Meja makan - wayfair
Meja makan - wayfair

Baca juga : Ukuran Standar Pintu Dan Jendela Rumah Tinggal Lengkap

Aturan jarak kursi dan meja makan

Setelah memiliki kursi dan meja makan dengan ukuran standar, selanjutnya adalah aturan dalam menempatkan atau menata jarak antara kursi dan meja. Aturan ini menggunakan metode role of thumb (aturan jempol) yang sebenarnya tidak baku dan tidak tertulis, namun banyak orang menerapkannya di lapangan. Berikut adalah beberapa diantaranya :

  • Berikan jarak 25 cm - 30 cm antara kursi dan meja untuk sirkulasi bangun - duduk di meja makan
  • Sisakan jarak 18 cm - 20 cm di antara kursi agar saat makan, tangan tidak bersenggolan dengan orang di sebelahnya
  • Setiap orang hendaknya mendapatkan lebar ruang sebanyak 60 cm hingga 75 cm di meja makan
  • Untuk meja persegi panjang, tambahkan 30 cm tambahan jika ada yang duduk di kepala dan kaki meja (duduk di ujung meja secara melintang)
  • Biarkan setidaknya 80 cm hingga 90 cm antara meja makan dan dinding atau perabot lainnya untuk ruang sirkulasi
  • Ukur kursi pada titik terlebar (tergantung pada gaya kursi) untuk memastikan memperoleh jarak dan ukuran yang sesuai dengan ruang makan
  • Jika ruangan sempit, gunakan kursi makan tanpa sandaran tangan 
meja dan kursi makan
meja dan kursi makan - transcarrental.co

Demikianlah mengenai standar ukuran Meja dan Kursi Makan. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan dalam menata ruangan di rumah Anda. Terima kasih telah berkunjung.

Referensi :

  • https://www.wayfair.com/ideas-and-advice/how-to-choose-the-right-size-dining-chairs-S4671.html
  • Pengalaman pribadi penulis dalam mengerjakan interior design
Salam dari Arsitur : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. ARSITUR berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke arsiturstudio@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar