--> Skip to main content

Rumah Type 45 : Pengertian, Denah, Harga

Pengertian Rumah Type 45

Rumah type 45 artinya rumah dengan luas bangunan 45 meter persegi. Penulisan rumah type 45 biasanya diikuti dengan luas lahan seperti rumah type 45/90. Rumah type 45/90 artinya rumah dengan luas bangunan 45 meter persegi yang dibangun di lahan seluas 90 meter persegi.



Rumah Type 45: Pengertian, Denah, Harga
Rumah Type 45: Pengertian, Denah, Harga img by pinterest


Rumah type 45 merupakan tipe rumah dengan luasan yang cukup untuk ditinggali satu keluarga inti dengan 1 hingga 2 orang anak (apabila anaknya laki-laki saja atau perempuan saja). Rumah type 45 adalah tipe rumah yang cukup sering dicari oleh pasangan muda yang baru menikah atau keluarga kecil yang ingin mempunyai rumah dengan budget yang relatif murah.

Baca juga : Rumah Type 36 : Pengertian, Denah, Harga

Kebutuhan Lahan Rumah Type 45

Karena ukuran bangunannya yang terbilang cukup kecil, maka kebutuhan lahan untuk rumah ini juga tidak terlalu besar. Rumah type 45 juga masih ideal dibangun pada lahan dengan luas kurang dari 1 are atau 100 meter persegi.

Rumah type 45 bisa dibangun dengan ideal pada lahan dengan ukuran 7 x 13 meter (90 m2). Dengan begitu bangunan bisa memiliki lebar 7 meter dengan panjang 6,5 meter. Bagian depan digunakan untuk halaman sementara bagian belakang disediakan untuk jendela dan ventilasi agar semua ruang memperoleh ventilasi udara.

Baca juga : Rumah Type 54 : Pengertian, Denah, Harga

Denah Rumah Type 45

Pada denah rumah type 45 mungkin ada cukup ruang yang bisa didapatkan dan ukuran ruangan, namun ukurannya tidak besar. Kita bisa mendapatkan 2 kamar tidur dengan ukuran hingga 3x3 meter, 1 toilet, 1 ruang keluarga yang bisa digabung dengan dapur dan 1 garase terbuka. Susunan ruangan pada rumah type 45 hendaknya dibuat kompak agar bisa memperoleh ruangan yang terasa lebih lega.

Rumah Type 45: Pengertian, Denah, Harga img by pinterest
Rumah Type 45: Pengertian, Denah, Harga img by pinterest


Rumah type 45 biasanya dibuat 1 lantai saja karena sudah tergolong kecil. Keunggulan rumah ini selain harga yang lebih terjangkau, menampung seluruh aktivitas keluarga, juga sangat mudah dirawat dan dibersihkan. Rumah ini cocok untuk Anda yang bergaya hidup minimalis dengan rutinitas yang padat di luar rumah.

Baca juga : Rumah Type 21 : Pengertian, Denah, Harga

Harga Rumah Type 45

Dengan tidak mempertimbangkan harga lahan maka kita bisa mendapatkan rumah type 45 dengan harga yang relatif lebih murah, terutama jika menerapkan finishing yang standar minimalis. Finishing standar misalnya lantai dengan keramik 30x30 cm, finishing cat, sanitary setara toto dll.

Jika mengacu pada harga rumah per meter persegi sebesar 2,5 juta per meter persegi (sudah finishing cat dan keramik dengan desain minimalis), maka harga bangunannya saja minimal 115 juta rupiah belum termasuk lahan.

Rumah Type 54 : Pengertian, Denah, Harga img by pinterest
Rumah Type 54 : Pengertian, Denah, Harga img by pinterest


Harga Rumah type 45/90 di kota besar seperti Bekasi, Tanggerang, Bogor, Surabaya, Denpasar, Lampung dll termasuk lahan berkisar antara 250 hingga 600 juta rupiah. Dan ingat bahwa ada banyak sekali faktor yang menentukan harga rumah type 45 terutama lokasi strategis dan ketersediaan akses jalan.

Contoh Desain Rumah Type 45

Berikut ini, Arsitur telah mengumpulkan beberapa contoh desain rumah tipe 45 yang mungkin bisa dijadikan sebagai inspirasi untuk membangun rumah impian sahabat.



Contoh denah rumah type 45 by pinterest

Rumah type 45 di atas merupakan rumah sederhana yang dibangun di atas lahan berukuran 7 x 15 meter dengan luas area terbangun sebanyak 45 m2 sehingga ini merupakan contoh ideal untuk inspirasi rumah type 45. Dengan mempertahankan ukuran luas tersebut, sahabat dapat memperoleh 2 kamar tidur yang terdiri dari 1 kamar tidur master (untuk pasangan) dan 1 kamar tidur anak.

Sementara itu di bagian depan disisakan untuk menyediakan garase yang dapat memuat mobil keluarga 7 penumpang. Di sebelahnya masih menyisakan taman yang luas untuk berkebun atau untuk bersantai. Sayangnya ruang keluarga dan ruang tamu masih menjadi satu, namun di sini masih ada ruang makan yang cukup untuk semua anggota keluarga.

Di bagian belakang dibuatkan sisa area hijau untuk ventilasi udara kamar tidur dan juga sebagai tempat meletakan jemuran. Dengan adanya ventilasi alami ke semua ruangan menandakan bahwa desain ini merupakan desain yang sehat.

Contoh denah rumah type 45 by Annur Arsitek

Denah rumah type 45 di atas berdiri di atas lahan berukuran 7 x 15 meter yang sudah upgrade sehingga luasnya menjadi 50 m2 lebih. Rumah ini memiliki 2 kamar tidur yang terdiri dari 1 kamar tidur master dan 1 kamar tidur anak. Rumah ini memiliki garase yang cukup luas untuk mobil keluarga. Ruang tamu dan ruang keluarga terpisah sehingga fungsinya tidak akan saling mengganggu ketika ada tamu datang.

Namun sayangnya, kamar tidur anak belum memiliki jendela keluar sehingga solusinya bisa menggunakan skylight yang mengarah ke atas. Namun  rumah ini memiliki keunggulan yaitu ada 2 kamar mandi dan wc sehingga pada saat dibutuhkan bersamaan tidak saling menunggu.

Baca juga : Rumah Type 70 : Pengertian, Denah, Harga

Demikianlah penjelasan rumah type 45 termasuk kebutuhan lahan, denah dan harga rumah type 45. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan.
Salam dari Arsitur : Terima kasih sudah berkunjung ke ARSITUR. Kami berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update. Kami juga melayani JASA GAMBAR DAN DESAIN MURAH BERKUALITAS. Bantu kami mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini kepada teman-teman lainnya. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke arsiturstudio@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar