Pengertian Rumah Type 21

Rumah type 21 artinya rumah dengan luas bangunan 21 meter persegi. Penulisan rumah type 21 biasanya diikuti dengan luas lahan seperti rumah type 21/60 atau rumah type 21/72. Rumah type 21/60 artinya rumah dengan luas bangunan 21 meter persegi yang dibangun di lahan seluas 60 meter persegi.


Rumah Type 21 : Pengertian, Denah, Harga
Rumah Type 21 : Pengertian, Denah, Harga img by pinterest


Rumah type 21 merupakan tipe rumah dengan luasan yang minimal untuk ditinggali satu orang atau sebuah keluarga inti yang belum memiliki anak. Rumah type 21 juga merupakan tipe rumah yang cukup sering dicari oleh pasangan muda yang baru menikah atau orang. Namun karena perkembangan kebutuhan ruang yang banyak, maka perkembangan rumah type 21 ini kurang banyak dijumpai.

Kebutuhan Lahan Rumah Type 21

Karena ukuran bangunannya yang tergolong sangat kecil, maka kebutuhan lahan untuk rumah ini juga tergolong kecil. Rumah type 21 masih sangat ideal dibangun pada lahan dengan luas kurang dari 1 are atau 100 meter persegi.

Rumah type 21 bisa dibangun dengan baik pada lahan dengan ukuran 6 x 10 meter yang merupakan ukuran lahan terkecil untuk membangun rumah yang ideal. Dengan begitu bangunan bisa memiliki lebar 6 meter dengan panjang 3,5 meter. Bagian depan disisakan untuk halaman dan garase, bagian belakang disisakan untuk jendela dan ventilasi agar semua ruang memperoleh ventilasi udara.

Denah Rumah Type 21

Dalam denah rumah type 21 mungkin tidak banyak ruang yang bisa didapatkan dan ukuran masing-masing ruangan juga tidak besar. Kita hanya mendapatkan 1 kamar tidur dengan ukuran hingga 3x3 meter, 1 toilet, 1 ruang keluarga yang digabung dengan dapur serta 1 garase terbuka. Rumah tipe 21 hanya mampu melayani kebutuhan dasar penghuninya seperti tidur, mandi dan beristirahat.



Rumah Type 21 : Pengertian, Denah, Harga
Rumah type 21 img by griyainspiratif.com


Rumah type 21 efisien dibuat 1 lantai saja karena sudah kecil. Keunggulan rumah ini adalah harga rumah yang lebih terjangkau juga sangat mudah dibersihkan. Rumah ini cocok untuk mereka yang bergaya hidup minimalis dengan rutinitas yang tinggi di luar rumah. Rumah type 21 juga biasanya menjadi mesh bagi pekerja kantoran yag harus bertugas keluar kota.

Harga Rumah Type 21

Dengan tidak menghitung harga lahan maka kita bisa mendapatkan rumah type 21 dengan harga yang sangat murah, terutama jika menerapkan finishing yang standar. Finishing standar maksudnya seperti sinishing lantai dengan keramik 30x30, tembok finishing cat, sanitary setara toto dll.

Jika mengacu pada harga konstruksi per meter persegi sebesar 2,5 juta per meter persegi (sudah finishing cat dan keramik dengan desain minimalis), maka harga pokok bangunannya minimal 55 juta rupiah belum termasuk lahan.

Harga Rumah type 21/72 di kota besar seperti Bekasi, Tanggerang, dll termasuk lahan berkisar antara 100 hingga 350 juta rupiah. Namun perlu diperhatikan bahwa ada banyak sekali faktor yang menentukan harga rumah type 21 terutama lokasi dan akses jalan.

Demikianlah penjelasan mengenai rumah type 21 termasuk kebutuhan lahan, denah dan harga rumah type 21. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan.