Pengertian Rumah Type 54

Rumah type 54 artinya rumah dengan luas bangunan 54 meter persegi. Penulisan rumah type 54 biasanya diikuti dengan luas lahan seperti rumah type 54/120 atau rumah type 54/150. Rumah type 54/120 artinya rumah dengan luas bangunan 54 meter persegi yang dibangun di lahan seluas 120 meter persegi.

Rumah Type 54 : Pengertian, Denah, Harga
Rumah Type 54 : Pengertian, Denah, Harga img by pinterest


Rumah type 54 adalah tipe rumah dengan luasan yang baik untuk ditinggali satu keluarga inti dengan 1-2 anak (apabila anaknya adalah laki-laki saja atau perempuan saja). Rumah type 54 adalah tipe rumah yang cukup banyak dicari oleh keluarga muda atau keluarga kecil yang ingin memiliki rumah dengan budget yang murah.

Kebutuhan Lahan Rumah Type 54

Karena ukuran bangunannya yang relatif kecil, maka rumah ini membutuhkan lahan yang  juga relatif kecil. Rumah type 54 ideal dibangun pada lahan dengan luas mulai dari 1,2 are hingga 1,5 are.

Rumah type 54 ini bisa dibangun dengan ideal pada lahan dengan ukuran 8 x 15 meter (120 m2). Dengan begitu bangunan bisa memiliki lebar 8 meter dengan panjang 6-7 meter. Bagian depan disediakan untuk halaman dan teras sementara bagian belakang disisakan untuk jendela dan ventilasi agar semua ruangan mendapatkan ventilasi udara.

Denah Rumah Type 54

Di dalam denah rumah type 54 ini mungkin tersedia cukup ruang yang bisa didapatkan dan ukuran ruangan juga tidak terlalu besar. Kita bisa mendapatkan 2 kamar tidur dengan ukuran hingga 3x3 meter, 1 toilet, 1 ruang keluarga yang digabung dengan dapur dan 1 garase terbuka. Susunan ruangan pada rumah type 54 dapat mengurangi dinding pemisah agar bisa memperoleh ruangan yang terasa lebih luas dan lega.

Rumah Type 54 : Pengertian, Denah, Harga
Rumah Type 54 : Pengertian, Denah, Harga


Rumah type 54 baiknya dibuat 1 lantai saja karena relatif cukup kecil. Keunggulan rumah ini selain harga yang lebih terjangkau juga cukup mudah dirawat dan dibersihkan. Rumah ini cocok untuk Anda yang bergaya hidup minimalis dan ingin memiliki rumah yang layak.

Harga Rumah Type 54

Dengan menghilangkan harga lahan maka kita bisa mendapatkan rumah type 54 ini dengan harga yang relatif murah, Kita bisa menerapkan finishing yang standar saja. Finishing standar misalnya lantai dengan keramik ukuran 30x30 cm, tembok finishing cat, sanitary setara toto dll.

Jika mengacu pada harga rumah per meter persegi sebesar 2,5 juta per meter persegi (sudah termasuk cat tembok dan keramik dengan desain minimalis), maka harga pokok bangunannya mulai 135 juta rupiah belum termasuk harga lahan.

Untuk harga Rumah type 54/120 di kota besar seperti Bekasi, Tanggerang, Denpasar, Lampung dll termasuk harga lahan berkisar antara 250 hingga 500 juta rupiah. Perhatikan bahwa ada banyak sekali faktor yang menentukan harga rumah type 54 ini terutama lokasi dan ketersediaan akses jalan.

Demikianlah penjelasan rumah type 54 meliputi kebutuhan lahan, denah dan harga rumah type 54. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan.