Rumah Type 36 : Pengertian, Denah, Harga - Arsitur Media Desain

Rumah Type 36 : Pengertian, Denah, Harga

- 2/19/2019


Pengertian Rumah Type 36

Rumah type 36 artinya rumah dengan luas bangunan 36 meter persegi. Penulisan rumah type 36 biasanya diikuti dengan luas lahan seperti rumah type 36/60 atau rumah type 36/72. Rumah type 36/72 artinya rumah dengan luas bangunan 36 meter persegi yang dibangun di lahan seluas 72 meter persegi.

Rumah Type 36 : Pengertian, Denah, Harga
Rumah Type 36 : Pengertian, Denah, Harga img by pinterest


Rumah type 36 merupakan tipe rumah dengan luasan yang minimal untuk ditinggali satu keluarga inti dengan 1 anak. Rumah type 36 adalah tipe rumah yang paling sering dicari oleh pasangan muda yang baru menikah atau keluarga kecil yang ingin memiliki rumah dengan budget yang minim.

Kebutuhan Lahan Rumah Type 36

Karena ukuran bangunannya yang cukup kecil, maka kebutuhan lahan untuk rumah ini juga tergolong kecil. Rumah type 36 juga masih ideal dibangun pada lahan dengan luas kurang dari 1 are atau 100 meter persegi.

Rumah type 36 bisa dibangun dengan ideal pada lahan dengan ukuran 6 x 12 meter (72 m2). Dengan begitu bangunan bisa memiliki lebar 6 meter dengan panjang 6 meter. Bagian depan disisakan untuk halaman sementara bagian belakang disisakan untuk jendela dan ventilasi agar semua ruang memperoleh ventilasi udara.

Denah Rumah Type 36

Pada denah rumah type 36 mungkin tidak banyak ruang yang bisa didapatkan dan ukuran ruangan juga tidak besar. Kita bisa mendapatkan 2 kamar tidur dengan ukuran hingga 3x3 meter, 1 toilet, 1 ruang keluarga yang digabung dengan dapur dan 1 garase terbuka. Konfigurasi ruangan pada rumah type 36 harus mengurangi dinding pemisah agar bisa memperoleh ruangan yang terasa lebih lega.

Rumah Type 36 : Pengertian, Denah, Harga
Rumah Type 36 : Pengertian, Denah, Harga


Rumah type 36 biasanya dibuat 1 lantai saja karena sudah cukup kecil. Keunggulan rumah ini selain harga yang lebih terjangkau juga sangat mudah dirawat dan dibersihkan. Rumah ini cocok untuk Anda yang bergaya hidup minimalis dengan rutinitas yang tinggi di luar rumah.

Harga Rumah Type 36

Dengan mengabaikan harga lahan maka kita bisa mendapatkan rumah type 36 dengan harga yang sangat murah, terutama jika menerapkan finishing yang standar saja. Finishing standar misalnya lantai dengan keramik, finishing cat, sanitary setara toto dll.

Jika mengacu pada harga konstruksi per meter persegi sebesar 2,5 juta per meter persegi (sudah finishing cat dan keramik dengan desain minimalis), maka harga pokok bangunannya minimal 90 juta rupiah belum termasuk lahan.

Harga Rumah type 36/72 di kota besar seperti Bekasi, Tanggerang, dll termasuk lahan berkisar antara 180 hingga 400 juta rupiah. Dan ingat bahwa ada banyak sekali faktor yang menentukan harga rumah type 36 terutama lokasi dan akses jalan.

Demikianlah penjelasan rumah type 36 termasuk kebutuhan lahan, denah dan harga rumah type 36. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan.



Silahkan tuliskan komentar, Jika ingin berdiskusi lebih lanjut silahkan email ke parsikaproject@gmail.com
EmoticonEmoticon

 

Ketikan dan tekan Enter