Cara Renovasi Rumah agar Murah - Arsitur Media Desain

Cara Renovasi Rumah agar Murah

- 9/19/2018


Banyak orang menginginkan memiliki rumah yang bagus dan layak huni. Terutama yang sudah memiliki rumah namun ingin merenovasinya agar menjadi bagus. Namun seperti biasa, biaya menjadi kendala untuk renovasi rumah. Mahalnya biaya renovasi membuat orang menunda-nunda proses renovasi rumah, dan tak jarang sampai rumahnya ambruk.

Cara Renovasi Rumah agar Murah

Renovation, img by Foodilifecious

Namun tidak demikian jika mengetahui tips-tips renovasi rumah murah. Berikut ini akan dijelaskan bagaimana cara mengurangi biaya renovasi rumah sehingga tidak menguras keuangan. Simak selengkapnya berikut ini :

1. Mengurangi Finishing

Material ekspos by BueuInforma.org
Material ekspos by BueuInforma.org

Sejatinya, biaya yang paling banyak dibutuhkan dalam renovasi rumah adalah biaya finishing. Harga renovasi struktur bangunan relatif terjangkau dan masuk akal. Namun yang membuat biaya renovasi rumah menjadi berkali kali lipat adalah biaya untuk finishing. Bayangkan saja perbedaan harga satu buah keramik saja bisa 3 kali lipat untuk ukuran yang sama, belum lagi ongkos pengerjaannya.

Sebaiknya penggunaan material dan finishing mengacu pada ketersediaan dana, bukan sebaliknya. Memasang batu alam atau keramik pada tembok tidak saya rekomendasikan karena akan menaikan harga. Justru untuk menekan harga bisa menggunakan material ekspos. Pasangan bata dibuat rapi dari awal sehingga tidak perlu difinish lagi. Hal ini akan sangat mengurangi biaya.

2. Penggunaan Komponen lama

Ketika memutuskan akan membongkar, pastikan hal itu memang benar-benar perlu. Jika ruang atau elemen bangunan masih bisa digunakan sebaiknya jangan dibongkar, tetapi dimodifikasi. Membongkar, membuat ulang dan finishing akan menghabiskan 3x biaya. Jadi pertimbangkan matang-matang sebelum membongkar.

Begitu juga dengan furniture, akan lebih baik jika mendaur ulang furniture lama. Perbaiki furniture yang dirasa rusak, daripada harus membeli kembali. Bahkan akhir-akhir ini sedang trend penggunaan furniture antik. Selain menghemat biaya, tren ini juga akan membuat pengurangan penggunaan kayu baru yang akan mengurangi penebangan pohon.

3. Perencanaan dan Persiapan

Konsultan by Frank Feldman Law
Konsultan by Frank Feldman Law

Salah satu yang paling dibutuhkan dalam renovasi adalah perencanaan yang matang. Sebaiknya menggunakan konsultan perencana (Arsitek/Interior Designer) untuk merencanakan renovasi. Hal ini akan membantu anda menentukan kebutuhan ruang yang ingin didapatkan baik secara jumlah, luasan maupun bentuk.

Menggunakan konsultan perencana juga terbukti mampu menghemat anggaran. Penghematan tersebut bahkan lebih besar daripada biaya yang digunakan untuk membayar konsultan perencana. Contohnya adalah dalam penggunaan material, konsultan akan memandu anda untuk mendapatkan cara finishing termurah dengan tampilan terbaik. Konsultan juga akan mengarahkan anda untuk menentukan yang mana akan dibongkar atau digunakan kembali.

4. Skala Prioritas

Dalam merenovasi rumah, pastikan anda menggunakan skala prioritas. Jadi dahulukan mana yang paling penting dan paling dibutuhkan. Biasanya prioritas utama adalah pada struktur utama dan kulit bangunan. Jangan memikirkan finishing fasad sebelum permasalahan kebocoran atap beres. Pastikan bangunan berfungsi baik dahulu baru kemudian memikirkan tampilan.

5. Pekerjaan Bertahap

Bertahap by oakwoodcontracting.com
Bertahap by oakwoodcontracting.com

Selanjutnya, dengan perencanaan yang matang kita dapat menentukan tahapan pekerjaan yang akan dilakukan. Jika tidak memiliki biaya yang cukup untuk menyelesaikan semuanya, maka kerjakanlah secara parsial (bagian demi bagian) dengan menggunakan skala prioritas di atas.

Misalnya jika ingin merenovasi rumah tipe 36 agar menjadi 2 lantai. Maka anda dapat mengerjakan kolom strukturnya dahulu, kemudian cor pelat lantai dan berhenti sementara. Kemudian lanjutkan dengan pemasangan kolom utama di lantai atas, memasang atap lalu berhenti lagi. Kemudian kerjakan bagian dinding ruangan bagian dalam beserta pintu jendelanya. Yang jelas anda harus memiliki gambar perencanaan kedepan akan seperti apa.

Sebagai gambaran, renovasi yang pernah saya kerjakan untuk rumah type 21 yang dinaikan menjadi 2 lantai. Renovasi kulit bangunan memakan biaya sekitar 150 juta rupiah. Ada juga renovasi bangunan type 36 untuk perbaikan atap dan merubah beberapa ruang serta menambahkan plat beton, memakan biaya sekitar 75 juta rupiah. Harga tersebut tentunya dipengaruhi banyak faktor termasuk kondisi eksisting bangunan.

Demikianlah mengenai cara merenovasi rumah agar murah. Jika memiliki tips lainnya, atau memiliki pertanyaan seputar renovasi rumah, silahkan sampaikan di komentar atau langsung ke alamat email saya. Terima kasih.



Silahkan tuliskan komentar, Jika ingin berdiskusi lebih lanjut silahkan email ke parsikaproject@gmail.com
EmoticonEmoticon

 

Ketikan dan tekan Enter