Skip to main content

Membuat SketchUp Menjadi Lebih Cepat dan Ringan

Sketchup merupakan aplikasi yang berguna untuk modeling 3 dimensi. Aplikasi yang dulunya dikembangkan oleh Google ini kemudian menjadi terkenal karena dapat digunakan secara praktis dan tersedia gratis. Kini berkat tambahan plug in dari  beberapa vendor membuat model 3 dimensi di sketchup dapat di render hingga menjadi hasil yang terlihat realistis.
Membuat SketchUp Menjadi Lebih Cepat dan Ringan

Sejatinya sketchup merupakan aplikasi yang tergolong ringan dijalankan di komputer dengan spek menengah. Bahkan laptop dual core dengan RAM 2 GB tanpa grafis tambahan pun mampu menjalankan sketchup dengan baik.

Hanya saja saat modeling sudah mencapai level yang rumit dengan banyak bidang dan material membuat kinerja sketchup semakin lambat. Hal ini wajar karena aplikasi ini akan memakan banyak kapasitas pada komputer.

Solusi Untuk Model Sketchup yang Terpotong Saat Zoom

Sketchup bisa saja menjadi lemot, berat dan menghambat kinerja. Namun ternyata ada cara agar dapat membuat kinerja sketchup terasa lebih ringan bahkan untuk modeling yang berat sekalipun. Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat  sketchup menjadi lebih ringan :

Gunakan Hardware Acceleration

Hardware acceleration berfungsi untuk menambah kecepatan grafis dengan menggunakan kartu grafis. Opsi ini tersedia jika komputer memiliki kartu grafis yang memadai.

Caranya adalah:

  • Buka sketchup
  • Klik tab window, kemudian pilih preferences
  • Pilih Tab open GL, kemudian centang pada bagian hardware acceleration

 

Purge  Komponen Dan Material Yang Tidak Dipakai Lagi

Komponen dan material yang kita gunakan akan tersimpan otomatis di sketchup dan membuat file menjadi lebih besar dan berat. Komponen dan material yang telah terhapus bisa saja masih ada dalam file sehingga diperlukan upaya  untuk membersihkan sisa-sisa komponen dan material yang tidak dipakai lagi.

Caranya adalah:

  • Buka sketchup
  • Buka tray component atau material
  • Pilih in model
  • Lalu pada Menu di pojok kiri, klik purge unused


Untuk hasil yang optimal sebaiknya bersihkan dulu komponen baru kemudian bersihkan material.

Edit Style Yang Digunakan

Salah satu yang membuat sketchup terasa berat adalah penggunaan style yang  terlalu kompleks. Meskipun setel yang kompleks memberikan tampilan yang baik tetapi memakan banyak kapasitas. Pada saat modeling sebaiknya menggunakan style yang simple dan mengurangi tampilan garis yang tidak diperlukan.

Caranya adalah:

  • Buka sketchup
  • Pilih tray style
  • Pilihan model, Click style yang digunakan lalu edit
  • Kurangi penggunaan banyak garis, cukup menghidupkan Edge saja

 

Kurangi  Plug In Yang Tidak Diperlukan

Sikap memberikan pilihan plug in yang bervariasi yang dapat digunakan untuk mempermudah pekerjaan. Namun jika menggunakan terlalu banyak lelaki juga akan membuat sketchup menjadi berat.  Hapus plugin yang tidak diperlukan.

Matikan Shadow Ketika Modeling

Saat modeling dengan sketchup usahakan Shadow atau bayangan tidak dinyalakan karena menjadi faktor yang Sangat memberatkan kinerja sketchup.


Nah, berikut telah saya buatkan videonya untuk lebih jelasnya :




Demikian tentang cara mempercepat kinerja sketchup dan membuatnya menjadi lebih ringan semoga bermanfaat.  Jangan lupa subscribe channelnya di Risain Project untuk terus mendapatkan tutorial sketchup.

Saya juga memiliki beberapa tutorial sketchup lain yang sangat bermanfaat dalam menggunakan Sketchup :

Baca Juga : Cara Memperhalus Bayangan Renderan Sketchup (Video)
Baca Juga : Cara Bekerja Cepat dengan Sketchup
Baca Juga : Cara Menggunakan Multiple Copy Array dan Divide di Sketchup (Video)
Baca Juga : Plugin Mirror untuk Sketchup
Baca Juga : 5 Software Populer Arsitek Indonesia 

Silahkan bertanya atau berkomentar dan jangan lupa follow sosial media kami. Terima Kasih.
Salam dari Arsitur : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. ARSITUR berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke arsiturstudio@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar