Skip to main content

Tips Bekerja Cepat dengan Sketchup

Kali ini saya akan membagikan tips bekerja cepat dengan sketchup yang biasa saya lakukan.  Namun saya tidak akan membahas dasar-dasarnya karena sudah pernah dibahas sebelumnya. Jadi berikut ini tips singkatnya :

Tips bekerja cepat dengan Sketchup
Tips bekerja cepat dengan Sketchup


1. Gunakan Component

Jika bekerja dngan sketchup selalu buat component untuk objek yang modular, jadi lebih  gampang dimodifikasi atau diubah materialnya. Namun pastikan saat ingin membuat bentuk  yang berbeda, component nya di explode dahulu sehingga yang lain tidak kena.

Selain bentuk yang modular, kita harus membuat komponen untuk bentuk yang simetris.  Seperti model untuk atap limasan atau pintu double. Ini akan menghemat waktu Anda dalam  mengerjakan sketchup.

2. Selalu membuat grup

Agar bisa bekerja dengan cepat dan modeling bisa diedit dengan cepat, biasakan membuat  grup untuk masing-masing objek. Jika tidak dibuat grup, maka masing-masing bidang akan  menempel dan sulit untuk dipindahkan.

Misalnya, pisahkan model lantai dan tembok, tembok dengan jendela, atap dengan lisplank  dan lain-lainnya. Akan sangat membantu saat terjadi perubahan, jadi tinggal digeser-geser.

3. Stretching

Memanjangkan/memendekan objek bisa dilakukan dengan menyeleksi bidang terdepan dari  objek tersebut kemudian dipindahkan. Ini sangat berguna untuk memanjangkan objek yang  tidak bisa di-push/pull. Misalnya ingin memanjangkan atap limasan, maka cukup klik 2x di  bidang miring, lalu move.

4. Menggunakan Array

Sketchup secara bawaan telah memiliki fitur array, jadi saat memindahkan objek, dengan  menekan control untuk menggandakan objek, lalu setelah objek baru di taruh, ketikan "/2"  maka akan dibuat 2 objek yang jaraknya terbagi 2 dari objek yang diletakan. Atau tekan "x2"  maka akan dilakukan copy 2 kali terhadap objek tersebut.

5. Zoom All & Scene

Biasanya yang sulit saat membuat model adalah zoom in/out. Misalnya jika view di interior  yang ingin pindah ke eksterior dengan cepat. Cara terbaik adalah dengan membuat scene  untuk masing-masing proses pengeditan.

Gunakan zoom all (SHIFT+Z) agar dengan cepat keluar dari zoom object. Misalnya kita  terjebak view di dalam ruangan, segera gunakan zoom all daripada scroll mouse berkali-kali.

Nah, itu dia tips yang bisa saya bagikan kali ini, semoga bisa berguna bagi rekan-rekan  sekalian dan terima kasih sudah mampir di sini.
Salam dari Arsitur : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. ARSITUR berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke arsiturstudio@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar