Skip to main content

Model SketchUp Terpotong saat Zoom dan Solusinya

Kondisi ini terjadi ketika Anda melakukan scroll dan zoom di sekitar model 3d dan Anda melihat efek yang tampak seperti bidang yang terpotong pada tampilan di jarak yang tetap. Objek juga dapat menghilang atau tampak bergeser saat Anda mencoba memperbesar.

Model SketchUp Terpotong saat Zoom dan Solusinya
Model SketchUp Terpotong saat Zoom dan Solusinya

Ini adalah masalah yang dikenal yang disebut Camera Clipping Plane. Pertama, jangan khawatir karena meskipun dapat mengganggu proses modeling, hal ini ternyata tidak menyebabkan kerusakan pada model skethup.

Penyebab Model SketchUp Terpotong saat Zoom dan Solusinya

Ada beberapa kondisi yang dapat menyebabkan masalah Camera Clipping Plane pada sketchup. Berikut akan dijelaskan masing-masing lengkap dengan solusinya :

01. Bidang Pandang atau Field of View (FOV)

Bidang Pandang atau Field of View (FOV)
Bidang Pandang atau Field of View (FOV)

Salah satunya adalah ketika bidang pandang (FOV) diatur sangat lebar. Anda dapat menyesuaikan FOV antara 1 dan 120 derajat (standarnya adalah 35 derajat di SketchUp dan 30 derajat di SketchUp Pro). Semakin besar FOV semakin banyak model yang terlihat dan sebaliknya.

Sangat mudah untuk secara tidak sengaja mengubah FOV karena menekan tombol Shift saat Anda memperbesar atau memperkecil menggunakan Zoom. Anda dapat mengubahnya kembali, dengan masuk ke Camera> Field of view dan mengetikkan bidang tampilan yang Anda inginkan di toolbar measurement.

02. Mode Perspektif

Kondisi lain yang dapat menyebabkan kliping adalah ketika mode kamera Perspektif dimatikan dan beralih ke mode ortognal. Dalam hal ini, tinggal klik tombol Zoom Extents (terlihat seperti kaca pembesar dengan empat panah merah mengarah ke luar). Kamera akan zoom out dan memperkecil tampilan untuk menampilkan seluruh model, dan kliping akan dihilangkan.

03. Skala Model SketchUp

Situasi lain adalah ketika skala model Anda sangat kecil atau sangat besar. Dalam hal ini, Anda dapat mengubah skala model saat Anda mengerjakannya. Misalkan anda membuat unit dalam milimeter tetapi mengerjakan model skala kawasan dan sebaliknya. Untuk informasi lebih lanjut tentang cara mengontrol skala dalam model, akan saya sampaikan pada artikel khusus.

04. Letak dan Posisi Model SketchUp

Masalah Camera Clipping Plane juga dapat terjadi jika model Anda sangat jauh dari titik asal (titik di mana sumbu merah, hijau, dan biru berpotongan). Jika demikian, Anda dapat memindahkan model Anda lebih dekat ke titik asal dengan mengikuti langkah-langkah ini:
  1. Pilih semua geometri dalam model Anda dengan mengetik Control + A atau Command + A, atau dengan mengklik dan menyeret tools Select di seluruh objek secara manual.
  2. Ubah ke tools Move dengan pergi ke tools> Move.
  3. Ambil titik sudut dari objek yang dipilih yang ada di bidang sketchup dan mulai untuk memindahkan geometri yang dipilih.
  4. Ketik "[0,0,0]" (termasuk tanda kurung siku) di toolbar measurement (yang berada di sudut kanan bawah jendela SketchUp). Ini menyebabkan titik yang dipilih dipindahkan ke titik asal.

05. Import DWG dan Model Tersembunyi

Paling sering, kliping terjadi setelah impor model AutoCAD DWG dan disebabkan oleh kombinasi dari poin-poin di atas. Jika Anda memindahkan objek ke asal atau memeriksa skala, Anda dapat memastikan bahwa Anda unhide semua objek dalam model. Tiga langkah ini akan membantu Anda melakukannya :
  1. Nyalakan semua layer Anda di menu Window> Layers.
  2. Perlihatkan (unhide) semua objek menggunakan perintah Edit> Unhide all.
  3. Lihat semua objek geometri tersembunyi dengan mengklik pada View> Hidden Geometry.
  4. Setelah membuat semua geometri terlihat, pergi ke Camera> Zoom extents untuk melihat keseluruhan dari model. Jika Anda menemukan bahwa ada objek geometri yang terletak jauh dari tempat asalnya, menghapus geometri itu akan membantu menyelesaikan masalah ini.

Demikianlah mengenai cara mengatasi masalah Model Sketchup Terpotong saat Zoom dan Solusinya, semoga bermanfaat.
Salam dari Arsitur : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. ARSITUR berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke arsiturstudio@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar