--> Skip to main content

Sket,chup 2020 : Fitur Baru, Spesifikasi Komputer dan Harga

Sketchup Pro 2020 telah dirilis pada 28 Januari 2020. Jadi, mari kita simak fitur, ulasan, cuplikan, dan tutorial baru dari Sketchup. Rilis terbaru dari versi SketchUp 2020 memiliki sejumlah fitur baru yang ditambahkan ke aplikasi SketchUp dan LayOut. Jadi dalam artikel ini, saya akan membagikan fitur baru apa yang bisa kita dapatkan serta peningkatan lain apa yang telah dilakukan oleh developer sketchup.

Layer kini diganti namanya menjadi "Tag":

Banyak pengguna yang akrab dengan aplikasi Photoshop dan LayOut merasa dirugikan dengan menyebutnya layer di Sketchup karena menunjukkan urutan penumpukan gambar 2D. Sekarang Trimble telah mengubahnya menjadi Tag, namun hal ini tidak berdampak pada cara penggunaannya, hanya perubahan nama.

Fitur baru "Outliner"

Tambahkan tombol Toggling Visibility di Outliner Panel. Sekarang kita dapat Menyembunyikan dan menampilkan objek dengan mudah dan lebih cepat. Sekarang, grup dan komponen yang disembunyikan oleh tag (lapisan) dapat muncul di Outliner.

Objek sekarang menjadi istilah yang cukup jamak untuk grup, komponen, komponen dinamis, dan Bidang Bagian. Ini tidak akan memengaruhi cara kerja kita pada objek di SketchUp 2020.

Grips pada Bounding Boxes

Grup dan komponen yang dipilih sekarang menampilkan girp (node) di sudut kotak border, memungkinkan penempatan yang cepat dan akurat. Saat kita memilih panah bawah, kita dapat mengubah kumpulan titik inferensi ke Corners, Midpoints, Center, dan Object center.

Fitur ini memudahkan kita mengetahui batas terluar objek dan menempatkan tepi objek tersebut. Misalnya jika kita ingin menempatkan meja bundar mepet ke tembok atau mobil yang menapak ke aspal, kita bisa tau batas terluar objek sehingga tidak terkesan tembus.

Bergerak dengan Grips & Transparansi Otomatis

fitur transparansi otomatis

Saat kita mengambil titik di suatu objek untuk dipindahkan, objek tersebut secara otomatis akan menjadi transparan. Fitur ini bekerja dengan alat Move dan Rotate.

Ini akan memudahkan kita untuk menata objek tersebut apabila ada objek lain di bawah atau dibaliknya yang tidak ingin kita abaikan. Dengan begini maka Sketchup jauh lebih praktis.

Geometri Tersembunyi vs Objek

hidden geometri

Perubahan signifikan telah dibuat di Sketchup 2020. Menyembunyikan objek dan menyembunyikan geometri dipisahkan, dan itu akan memberi kita kemampuan untuk mengelola geometri tersembunyi dan objek tersembunyi dengan lebih baik untuk cara pemodelan 3d yang lebih mudah dan tentu saja lebih praktis.

Integrasi Sketchup 2020 dan LayOut 2020

integrasi sketchup layout

pada aplikasi LayOut 2020, Trimble berfokus pada peningkatan interaksi antara LayOut & SketchUp & untuk menghemat waktu dalam membuat model 2d dan 3d bersamaan. Ini membuat SketchUp menjadi aplikasi 3d yang lebih baik dari sebelumnya.

Dimana kita bisa Download Sketchup 2020 ?

Kita dapat mengunduh Sketchup Pro 2020 untuk OS Mac dan Windows dari Situs web resminya. Buat yang belum yakin, juga dapat mencoba Sketchup 2020 gratis selama 30 hari dengan versi percobaan.

Harga resmi Sketchup Pro 2020 mulai dari 299 USD per tahun atau jika dikonversikan sekitar 4,5 juta per tahun dan jika dihitung per bulan, dibagi 12 maka harga berlangganan SketchUp Pro sekitar 375 ribu per bulan. Harga yang cukup murah jika dibandingkan dengan manfaatnya untuk berbagai keperluan proyek yang nilainya pasti jauh di atas harga tersebut.

Software atau Perangkat lunak untuk Menjalankan Sketchup 2020

  • Koneksi internet diperlukan untuk menginstal dan memberi akses SketchUp dan untuk menggunakan beberapa fitur terbaru.
  • Microsoft® Internet Explorer 9.0 atau lebih tinggi.
  • SketchUp Pro membutuhkan .NET Framework versi 4.5.2. Untuk informasi lebih lanjut tentang aplikasi .NET silahkan googling.
  • SketchUp membutuhkan Windows 10 versi 64-bit. Selain itu, untuk menginstal SketchUp, Windows 8.1 harus sesuai dengan Update Windows.
  • Boot Camp, VMWare, dan sistem OS Parallels tidak didukung.

Spesifikasi Hardware untuk Menjalankan Sketchup

a) Perangkat keras yang direkomendasikan
  • Prosesor / CPU berkecepatan 2+ GHz
  • RAM 8+ GB
  • 700MB ruang hard-disk yang tersedia
  • Kartu grafis 3D dengan memori 1 GB atau lebih tinggi dan dukungan untuk akselerasi perangkat keras. Pastikan bahwa driver kartu grafis mendukung OpenGL 3.1 atau lebih tinggi dan lebih mutakhir.

b) Perangkat keras minimum
  • Prosesor / CPU berkecepatan 1 GHz
  • RAM 4 GB
  • 500MB ruang hard-disk kosong
  • Kartu video kelas 3D dengan memori 512 MB atau lebih tinggi dan mendukung akselerasi perangkat keras. Pastikan bahwa driver kartu video mendukung OpenGL 3.1 atau lebih tinggi dan lebih mutakhir.

Demikianlah mengenai SketchUp 2020, fitur baru di SketchUp 2020, beberapa peningkatan sistem SketchUp 2020, Spesifikasi Komputer atau Laptop yang diperlukan serta harga resmi Sketchup 2020. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan.
Salam dari Arsitur : Terima kasih sudah berkunjung ke ARSITUR. Kami berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update. Kami juga melayani JASA GAMBAR DAN DESAIN MURAH BERKUALITAS. Bantu kami mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini kepada teman-teman lainnya. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke arsiturstudio@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar