--> Skip to main content

Cara Mudah Instal Plugin Sketchup Semua Versi

Pada artikel ini Arsitur akan menjelaskan cara mudah instal plugin SketchUp semua versi. Untuk para pengguna aplikasi SketchUp tentunya kehadiran plugin menjadi hal yang sangat menolong kita untuk mempermudah membuat dan mengedit berbagai bentuk model 3d. Plugin adalah suatu part/bagian aplikasi tambahan sehingga kita bisa melakukan fungsi yang sebelumnya tidak bisa dilakukan.


Cara Mudah Instal Plugin Sketchup Semua Versi
Cara Mudah Instal Plugin Sketchup Semua Versi

Sebut saja plugin yang paling sederhana yaitu mirror plugin, dimana plugin ini menggantikan peran flip along. Dengan plugin mirror di skecthup kita bisa membuat cerminan objek 3d dan menentukan titik cerminan objek tersebut, sementara jika menggunakan flip along kita harus mengatur posisinya secara manual.

Jadi dimana kita bisa download plugin SketchUp ? Tentu saja developer SketchUp telah menyediakan situs resmi untuk bisa mendapatkan plugin SketchUp. Ada yang berbayar dan tentu saja ada yang gratis. Silahkan kunjungi situs resmi plugin sketch up di :

extension.sketchup.com

Cara Mudah Install Plugin SketchUp Semua Versi

Plugin Sketch Up merupakan additional atau tambahan file bagian aplikasi yang bisa diinstal langsung dengan mudah pada Aplikasi SketchUp. Biasanya plugin sketcup adalah file berformat .rb (Ruby File) yang sudah terinstal atau .rbz (Zipped Ruby File) sebelum terinstal.

Menurut pengalaman saya, ada 2 trik mudah menginstal plugin SketchUp, yang pertama adalah melalui aplikasi SketchUp untuk file berformat rbz. Dan yang kedua adalah memindahkan data plugin ke folder extension. Berikut akan dijelaskan masing-masing caranya :

Cara Instal Plugin SketchUp dengan Format .rbz

Cara Instal Plugin .rbz SketchUp, jika anda mendapat file plugin dalam format .zip maka Anda bisa langsung mengganti formatnya menjadi .rbz. Misalnya "mirror.zip" diubah menjadi "mirror.rbz". Jika folder tidak menampilkan format ekstensi file, hanya mana saja, maka Anda perlu masuk ke setingan extension windows. Jika sudah diubah, ikuti langkah berikut :

cara install

  1. Buka Aplikasi SketchUp
  2. Buka menu Window >> Preference
  3. Pilih menu extension >> Instal Extension
  4. Lalu pilih file plugin .rbz anda
Untuk Versi 2018 ke atas pilih :

cara install

  1. Buka menu Window >> Extention Manager
  2. Klik Instal Extention
Cara Install Plugin SketchUp .rbz

Cara Instal Plugin SketchUp dengan Format .rb

Cara Install plugin SketchUp dengan format .rb yaitu dengan copy file plugin berextensi .rb ke file directory SketchUp. Masing-masing versi SketchUp memiliki folder yang agak berbeda, jadi pastikan juga versi plugin telah sesuai dengan versi SketchUp Anda.

Sketch Up 8
C : / Program File (x86) / Google / Google Sketch Up 8 / Plugin / Paste file disini

Sketch Up 2013
C : / Program File / SketchUp / SketchUp / Plugin

Sketch Up 2014
C : / User / NAMA USER PC / App Data / Roaming / SketchUp / SketchUp 2014 / SketchUp / Plugin. Folder App Data biasanya tersembunyi, maka Anda harus tampilkan hidden file di setingan windows.

Sketch Up 2015
C : / User / NAMA USER PC / App Data / Roaming / SketchUp / SketchUp 2015 / SketchUp / Plugin. Folder App Data biasanya tersembunyi, maka Anda harus tampilkan hidden file di setingan windows.

Sketch Up 2016
C : User / NAMA USER PC / App Data / Roaming / SketchUp / SketchUp 2016 / SketchUp / Plugin. Folder App Data biasanya tersembunyi, maka Anda harus tampilkan hidden file di setingan windows.

Sketch Up 2017
C : User / NAMA USER PC / App Data / Roaming / SketchUp / SketchUp 2017 / SketchUp / Plugin. Folder App Data biasanya tersembunyi, maka Anda harus tampilkan hidden file di setingan windows.

Sketch Up 2018
C : User / NAMA USER PC / App Data / Roaming / SketchUp / SketchUp 2018 / SketchUp / Plugin. Folder App Data biasanya tersembunyi, maka Anda harus tampilkan hidden file di setingan windows.

Sketch Up 2018
C : User / NAMA USER PC / App Data / Roaming / SketchUp / SketchUp 2018 / SketchUp / Plugin. Folder App Data biasanya tersembunyi, maka Anda harus tampilkan hidden file di setingan windows.

SketchUp Versi 2015 ke atas
Untuk pengguna SketchUp Versi 2015 ke atas bisa langsung copy file plugin ke :
C:\Program Files\SketchUp\SketchUp 20##\ShippedExtensions
(ganti ## dengan versi SketchUp, misalnya 20## menjadi 2016)

Cara Instal Plugin SketchUp Untuk Mac OS X

Berikut ini akan dijelaskan cara mudah menginstal plugin SketchUp Versi 2013 keatas pada pengguna Mac OS X :
  1. Buka tab Finder Window
  2. Tekan dan tahan Option key pada keyboard
  3. Klik pada "Go" dalam menu bar Library > Application Support > SketchUp # > Plugin

Sketch Up Versi 8 kebawah, silahkan pindahkan file plugin dengan format .rb ke folder berikut :
NAMA USER PC / Library / Application Support / Google SketchUp # / SketchUp / Plugins

Demikianlah Cara Mudah Install Plugin SketchUp Semua Versi, semoga bermanfaat dan bisa membantu Anda untuk menginstall plugin di aplikasi SketchUp.
Salam dari Arsitur : Terima kasih sudah berkunjung ke ARSITUR. Kami berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update. Kami juga melayani JASA GAMBAR DAN DESAIN MURAH BERKUALITAS. Bantu kami mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini kepada teman-teman lainnya. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke arsiturstudio@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar