Apa itu Lantai Parket?

Lantai parket adalah lantai kayu yang dibuat dari kumpulan kayu yang telah ditekan sedemikian rupa hingga membentuk potongan atau papan yang siap dipasang sebagai penutup lantai. Parket adalah sebutan untuk lantai kayu yang dipasang rapat untuk lantai ruangan, berbeda dengan decking yang biasanya dipasang berjarak untuk drainase dan letaknya yang ada di luar ruangan.

Mengenal Lantai Parket : Kelebihan dan Kekurangannya

Bahan parket dapat berupa kayu solid yang terdiri dari 100% kayu asli seperti kayu jati atau juga bisa dari kayu olahan yang sering disebut kayu mekanis (engineered wood) atau kayu laminasi (laminate wood). Jika harga parket kayu solid bisa lebih mahal dan membutuhkan perawatan, maka parket olahan memberikan solusi dalam hal harga yang lebih rendah dan pemasangan yang lebih mudah.

Lantai parket terdiri dari potongan-potongan kayu yang disusun dalam bentuk strip papan, pola selang seling seperti bata, diagonal, ubin dekoratif atau mozaik. Potongan kayu dapat dikreasikan dalam banyak cara sehingga lantai parket tersedia dalam motif yang beragam.

Baca juga : Perbandingan Lantai Kayu vs Bambu

Kelebihan Lantai Parket

Lantai parket tersedia dalam berbagai kualitas dan kisaran harga, yang paling mahal adalah parket kayu solid khususnya kayu dengan serat menarik seperti parket jati. Parket telah digunakan sebagai bahan penutup lantai sejak zaman arsitektur lama (klasik). Berikut adalah beberapa kelebihan jika sahabat arsitur menggunakan lantai parket di dalam ruangan.

Tampilan dan Nuansa

Lantai parket menambah kehangatan dan keindahan di dalam ruangan. Secara tradisional, lantai parket telah digunakan selama berabad-abad, terutama di kalangan orang kaya dan bangsawan. Ketika dirancang dan dipasang dengan benar, parket dapat memperindah rumah sahabat dan nyaman untuk diinjak tanpa alas kaki dan tidak sedingin keramik.

Mudah Dipelihara

Sangat mudah untuk merawat dan memelihara lantai parket. Sahabat hanya perlu menghindari menggunakan pembersih abrasif dan bahan kasar yang dapat merusak parket. Dengan disapu dan pembersihan rutin menggunakan pembersih yang cocok, lantai parket Sahabat akan berkilau dan terlihat terbaik. Hal ini menunjukkan bahwa lantai parket sangat mudah dipelihara di rumah.

Tahan Lama

Lantai parket dapat bertahan selama belasan tahun jika dirawat dengan benar. Untuk mencapai daya tahan paling lama, lantai parket terpasang dengan benar dan tetap bersih. Cegah kelembaban atau air yang berlebihan dan usahakan parket tetap kering pada suhu normal. Ini akan membuat lantai parket Sahabat tampak seperti baru selama bertahun-tahun.

Menambahkan Nilai Jual

Lantai parket adalah bahan yang menambah nilai jual bagi rumah Sahabat. Pemilihan bahan berkualitas dan pemasangan yang tepat adalah faktor penting jika ingin menggunakan lantai parket. Secara umum, rumah yang memiliki lantai parket sangat diminati dan dapat memiliki harga yang lebih tinggi daripada rumah dengan lantai keramik biasa. Villa atau hotel dengan lantai parket biasanya memiliki harga tinggi dengan stSahabatr bintang 4 ke atas.

Ada Banyak Gaya dan Pola Parket

Lantai parket dapat dibuat dalam beberapa pola dan desain yang berbeda. Dengan perencanaan yang tepat, Sahabat dapat memasang pola dekoratif yang akan terlihat indah di ruang mana pun. Lantai parket memberikan tampilan unik yang membedakannya dari jenis lantai lainnya.

Baca juga : Perbedaan Lantai Homogeneous Tile (Ubin Homogen) dengan Ubin Keramik

Kekurangan Lantai Parket

Jika sebelumnya kita sudah membahas mengenai kelebihan lantai parket, maka berikut ini adalah beberapa kekurangan lantai parket yang mungkin menjadi pertimbangan banyak orang kenapa tidak menggunakan lantai parket.

Rentan Tergores

Lantai parket dapat dengan mudah tergores oleh benda-benda kecil dan tajam pada permukaan lantai. Setelah rusak, akan sulit dan mahal untuk memperbaiki lantai parket dan mengembalikan tampilan semula. Karena itu penting untuk menyapu lantai secara teratur agar debu dan kotoran tidak tertinggal di permukaan lantai yang dapat menyebabkan abrasi.

Penggunaan keset pintu bisa menjadi solusi untuk mencegah parket kotor dan tergores. Sepatu hak tinggi dan alas kaki luar ruangan sebaiknya tidak sering-sering menginjak lantai parket. Menggeser furnitur dengan menyeret di lantai parket kemungkinan besar akan melukai permukaan parket.

Rentan sinar matahari

Ketika terkena sinar matahari yang terik untuk jangka waktu yang lama, lantai parket dapat memudar dan berubah warna dengan mudah. Untuk mencegah hal ini, sebaiknya lantai parket hanya di pasang di ruangan tertutup dan jarang terpapar matahari.

Dapat Rusak oleh Kelembaban

Seperti semua lantai kayu, parket juga dapat rusak karena kelembaban dan kandungan air yang berlebihan. Jangan biarkan lantai basah atau lembab dan selalu gunakan kain pel basah untuk membersihkan. Jaga agar parket tetap kering pada suhu normal. Ini adalah alasan kenapa parket kayu hampir dinhindari untuk dipasang di kamar mandi.

Membutuhkan Polishing yang Sering

Untuk mempertahankan tampilan lantai parket, perlu dilakukan pemolesan dan polish ulang dalam jangka waktu tertentu. Parket sejatinya adalah kayu yang akan kusam seiring waktu. Namun hal ini tidak berlaku jika sahabat menggunakan parket kayu laminasi.

Baca juga : Perbedaan Granit dan Marmer

Pola dan Motif Parket

Ada banyak kombinasi pola dan motif parket yang bisa dibuat dengan menggunakan potongan kayu. Berikut ini adalah beberapa pola dan motif parket yang paling sering digunakan untuk bahan lantai parket.

Berbagai pola dan motif parket
Berbagai pola dan motif parket


Demikian mengenai Lantai Parket beserta Kelebihan dan Kekurangannya. Semoga informasi pada artikel ini dapat bermanfaat dan menginspirasi sahabat sekalian. Terima kasih.