Dalam proyek renovasi atau perbaikan rumah dan bangunan lainnya, pekerjaan bongkaran adalah pekerjaan yang tidak bisa dihindari. Ketika ingin mengubah batas ruangan maka salah satu yang harus dilakukan adalah pekerjaan bongkaran dinding bata. Dengan membongkar dinding lama maka kita bisa membangun dinding baru yang sesuai dengan rencana perbaikan.

Cara Menghitung Biaya Pembongkaran Dinding Bata
Cara Menghitung Biaya Pembongkaran Dinding Bata



Berapa biaya untuk membongkar dinding bata ? Hal ini sering menjadi pertanyaan banyak orang ketika ingin merenovasi, khususnya memperbaiki rumah tinggal. Sebelum kita menuju rumus menghitung biaya pembongkaran dinding, kita wajib mengetahui komponen-komponen dan material yang masuk ke dalam perhitungan biaya RAB.

Dalam artikel ini Arsitur akan mengambil contoh pekerjaan membongkar dinding sebuah kamar dengan ukuran panjang 4 meter dan tinggi 3 meter karena kamar tersebut akan diperluas. Dinding bangunan lama tersebut terbuat dari pasangan bata.

Peralatan Pembongkaran Dinding Bata

Material yang dibutuhkan saat membongkar dinding tentu tidak ada, namun kita perlu menyediakan peralatan untuk membongkar dinding. Peralatan yang dibutuhkan saat membongkar pasangan bata dalam lingkutp kecil terdiri dari alat manual dan alat otomatis bertenaga listrik. Untuk proyek pembongkaran dinding bata, maka peralatan harus disesuaikan dengan kondisi proyek dan urgensi, biasanya lebih cepat menggunakan tenaga listrik namun tidak menjangkau seluruh detail bagian bangunan. Peralatan pembongkaran dinding bata terdiri dari :
  • Palu
  • Battle (Pahat Baja)
  • Linggis
  • Jack Hammer (Tenaga listrik)
  • Gerinda Listrik

**Catatan : dalam beberapa kasus, pembongkaran tembok bata dilakukan dengan mengkombinasikan alat manual dan elektrik ini agar lebih cepat.

Baca Juga : Cara Menghitung Biaya Pembongkaran Beton Bertulang

Tenaga untuk Pekerjaan Pembongkaran Dinding Bata (ongkos tukang)

Ongkos pengerjaan pembongkaran dinding bata juga harus dicatat dan masuk dalam perhitungan biaya RAB bangunan. Dalam pekerjaan membongkar dinding bata dalam skala besar, mungkin tidak hanya 1 jenis tukang yang bekerja. Berikut adalah beberapa tukang maupun tenaga yang terlibat dalam pekerjaan pembongkaran dinding bata.
  • Pekerja
  • Mandor

**Catatan : Komponen mandor mungkin bisa dihilangkan atau diganti dengan kepala tukang apabila dilakukan dalam skala kecil, sementara pekerja biasanya bisa diambil perannya oleh tukang batu saja

Cara menghitung volume pekerjaan pembongkaran dinding bata
Volume pekerjaan pembongkaran dinding bata dalam RAB dihitung berdasarkan volume dinding yang akan dibongkar. Cara mencari volume dinding bata adalah dengan mengalikan luas penampang dinding dengan tebal dinding.
  • Volume dinding = Luas penampang x tebal
  • Volume dinding = (panjang x tinggi) x tebal

Baca Juga : Cara Menghitung Jumlah Genteng Berdasarkan Luas Atap

Rumus biaya pembongkaran dinding bata

Jadi, untuk mengetahui kebutuhan biaya bongkaran dinding bata, tinggal menjumlahkan komponen biaya bahan dan ongkos tukang. Komponen biaya bahan dikalikan dengan estimasi harga bahan dan komponen ongkos tukang dikalikan dengan estimasi harga tukang. Maka untuk 1 m3 pembongkaran dinding bata, membutuhkan rincian tukang dan peralatan dengan biaya sebagai berikut (PERMEN PUPR 28/PRT/M/2016) :

1   M3 BONGKARAN DINDING TEMBOK BATA
NO. URAIAN SATUAN KOEFISIEN HARGA SATUAN JUMLAH HARGA
A. TENAGA
Pekerja OH 6,667 90.000 600.030
Mandor OH 0,333 130.000 43.290
JUMLAH TENAGA KERJA 643.320
B. BAHAN
JUMLAH HARGA BAHAN
C. PERALATAN
JUMLAH HARGA ALAT
D. Jumlah (A + B + C) 643.320
E. Overhead & Profit 0 % x D 0
F. Harga Satuan Pekerjaan (D+E) 643.320


Berdasarkan tabel di atas, bisa kita lihat bahwa harga pembongkaran dinding bata per meter kubik adalah sebesar Rp 643.320,00
 / m3

**Catatan : Jika menggunakan smartphone, putar layar untuk melihat tabel secara penuh. Harga material dan ongkos tukang yang tercantum dalam tabel yang digunakan mengacu pada harga yang ada saat artikel ini disusun, harga mungkin berubah seiring waktu.

Contoh perhitungan pekerjaan pembongkaran dinding bata pada kamar :

Untuk anda yang ingin tahu bagaimana cara menghitung biaya pembongkaran dinding bata, maka kami berikan contoh lengkapnya mengenai kasus menghitung volume dan RAB pekerjaan pembongkaran dinding bata untuk sebuah banguan kamar tidur dengan panjang dinding 4 meter dengan tinggi 3 meter. Tebal dinding tersebut adalah 15 cm. Dengan asumsi tidak ada kolom yang ikut dibongkar, maka kita bisa hitung volume pekerjaan pembongkaran sesuai analisa di atas.
  • Ukuran dinding = 4 m x 3 m
  • Tebal dinding = 15 cm = 0,15 m

Berdasarkan data di atas, kita bisa tentukan dulu volume akurat dari dinding bata yang akan dibongkar :
  • Volume dinding = Luas penampang x tebal
  • Volume dinding = (panjang x tinggi) x tebal
  • Volume dinding = (4 x 3) x 0,15 m
  • Volume dinding = 1,8 m3

Setelah mendapatkan volume pekerjaannya maka selanjutnya adalah mengalikan volume  dinding dengan harga per meter kubik pembongkaran dinding bata (sesuai tabel di atas), maka biaya total pembongkaran dinding bata yang diperlukan adalah :
  • Biaya Pembongkaran = Volume dinding x harga per meter
  • Biaya Pembongkaran = 1,8 m3 x Rp 643.320,00 / m3
  • Biaya Pembongkaran = Rp 1.157.976,00 atau dibulatkan menjadi 1.160.000.00

**Catatan : Jangan lupa untuk menyisakan dana sekitar 5% dari harga perhitungan di atas untuk berjaga-jaga karena standar harga tukang yang digunakan bisa saja naik seiring waktu.

Biaya pembongkaran dinding bata tentu sedikit lebih mahal daripada pembongkaran dinding batako karena dinding bata relatif lebih kuat, lebih susah dibongkar, dengan lebih banyak jumlah bata yang terpasang pada dinding dengan ukuran yang sama.

Baca juga : Cara Menghitung Biaya Pemasangan Tembok Bata

Demikianlah mengenai cara menghitung biaya pembongkaran dinding bata, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan.