Merenovasi bangunan merupakan hal yang wajib dilakukan ketika usia struktur bangunan sudah mencapai batasnya dan jika bangunan sudah tidak layak pakai atau ruang-ruangnya sudah tidak sesuai. Untuk merenovasi bangunan kita perlu membongkar beberapa bagian bangunan yang tidak sesuai termasuk pekerjaan membongkar beton. Misalnya kita ingin mengubah tata letak ruangan maka kita mungkin perlu membongkar kolom beton dan balok yang ada untuk diganti sesuai dengan denah yang baru.

Cara Menghitung Biaya Pembongkaran Beton Bertulang
Cara Menghitung Biaya Pembongkaran Beton Bertulang

Berapa biaya untuk pekerjaan pembongkaran beton ? Hal ini sering menjadi pertanyaan banyak orang ketika ingin melakukan renovasi, khususnya saat pembongkaran. Perlu diperhatikan bahwa dalam struktur beton juga ada struktur tulangan baja yang harus ikut dibongkar sehingga tidak bisa sembarangan. Sebelum kita menuju rumus menghitung biaya pembongkaran beton pada bangunan, kita wajib mengetahui komponen-komponen dan material yang masuk ke dalam perhitungan biaya RAB.

Dalam artikel ini Arsitur akan mengambil contoh pekerjaan pembongkaran beton pada sebuah dapur dengan ukuran 2 m x 3 m dimana kita perlu membongkar kolom dan balok betonnya. Pembongkaran menggunakan metode manual biasa, bukan menggunakan mesin atau alat berat karena harga dan biaya pembongkaran beton akan berbeda.

Material Pekerjaan Pembongkaran Beton Bertulang (bahan-peralatan)

Material dan peralatan yang dibutuhkan saat membongkar beton dalam lingkutp kecil terdiri dari alat manual dan alat otomatis bertenaga listrik. Untuk proyek pembongkaran beton alat ini akan disesuaikan dengan kondisi proyek dan urgensi, biasanya lebih cepat menggunakan tenaga listrik namun tidak menjangkau seluruh detail bagian bangunan. Peralatan pembongkaran beton terdiri dari :
  • Palu
  • Battle (Pahat Baja)
  • Linggis
  • Jack Hammer (Tenaga listrik)
  • Gerinda Listrik
  • Tang Besar
  • Gergaji Besi

**Catatan : dalam beberapa kasus, pembongkaran beton dilakukan dengan mengkombinasikan kedua alat ini agar lebih cepat.

Baca Juga : Cara Menghitung Biaya Lis Plafon Gypsum Profil

Tenaga untuk Pekerjaan Pembongkaran Beton (ongkos tukang)
Ongkos pengerjaan pembongkaran beton juga harus dicatat dan masuk dalam perhitungan biaya RAB bangunan. Dalam pekerjaan membongkar beton dalam skala besar, mungkin tidak hanya 1 jenis tukang yang bekerja. Berikut adalah beberapa tukang maupun tenaga yang terlibat dalam pekerjaan pembongkaran beton.
  • Pekerja
  • Mandor

**Catatan : Komponen mandor mungkin bisa dihilangkan atau diganti dengan kepala tukang apabila dilakukan dalam skala kecil, sementara pekerja biasanya bisa diambil perannya oleh tukang batu saja.

Cara menghitung volume pekerjaan pembongkaran beton

Volume pekerjaan pembongkaran beton dalam RAB dihitung berdasarkan volume beton yang akan dibongkar. Ingat bahwa beton berbeda dengan tembok pasangan bata atau batako, membongkar tembok lebih mudah daripada membongkar beton. Cara mencari volume beton yang efektif adalah dengan mengalikan luas penampang beton dengan panjang beton. Misalnya perhitungannya seperti berikut :

Cara Mencari Volume Beton Kolom :
V = Luas Penampang Kolom x Tinggi kolom
V = (p x l) x t

Cara Mencari Volume Beton Balok dan Sloof
V = Luas Penampang Balok x panjang balok
V = (l x t)x p

Baca Juga : Cara Menghitung Biaya Waterproofing Beton (Cat Weather Shield)

Rumus biaya pembongkaran beton bertulang

Jadi, untuk mengetahui kebutuhan biaya bongkaran beton, tinggal menjumlahkan komponen biaya bahan dan ongkos tukang. Komponen biaya bahan dikalikan dengan estimasi harga bahan dan komponen ongkos tukang dikalikan dengan estimasi harga tukang. Maka untuk 1 m3 pembongkaran beton bertulang, membutuhkan rincian bahan, tukang dan peralatan dengan biaya sebagai berikut :
1 M3 BONGKARAN BETON BERTULANG
NO. URAIAN SATUAN KOEFISIEN HARGA SATUAN
(Rp)
JUMLAH HARGA
(Rp)
A. TENAGA
Pekerja OH 6,6670 95.000,00 633.365,00
Mandor OH 0,3330 130.000,00 43.290,00
JUMLAH TENAGA KERJA 676.655,00
B. BAHAN
JUMLAH HARGA BAHAN
C. PERALATAN
JUMLAH HARGA ALAT
D. Jumlah (A + B + C) 676.655,00
E. Overhead & Profit 0 % x D -
F. Harga Satuan Pekerjaan (D+E) 676.655,00

Berdasarkan tabel di atas, bisa kita lihat bahwa harga pembongkaran beton bertulang per meter persegi adalah sebesar Rp  676.655,00 / m3 beton yang dibongkar

**Catatan : Jika menggunakan smartphone, putar layar untuk melihat tabel secara penuh. Harga material dan ongkos tukang yang tercantum dalam tabel yang digunakan mengacu pada harga yang ada saat artikel ini disusun, harga mungkin berubah seiring waktu.

Contoh perhitungan pekerjaan pembongkaran beton bertulang pada kamar :

Untuk anda yang ingin tahu bagaimana cara menghitung biaya pembongkaran beton bertulang, maka kami berikan contoh lengkapnya mengenai kasus menghitung volume dan RAB pekerjaan pembongkaran beton bertulang untuk sebuah banguan dapur berukuran 2 m x 3 m sesuai pengalaman di proyek. Pembongkaran beton tidak sampai menyentuh sloof. Tinggi kolomnya adalah 2,8 m dengan ring balok berukuran 15 x 20 cm dan kolomnya berukuran 15 x 15 cm. Maka kita memiliki dta sebagai berikut :
  • penampang kolom = 15 x 15 cm
  • tinggi kolom = 2,8 m
  • penampang balok = 12 x 20 cm
  • panjang balok = 2 meter dan 3 meter

Berdasarkan data di atas, kita bisa tentukan dulu volume beton yang akan dibongkar, yaitu :
volume kolom = luas penampang kolom x tinggi kolom x jumlah kolom
v = 0,15 x 0,15 x 2,8 x 4
v = 0,252 m3

volume balok = luas penampang balok x panjang keliling
v = 0,15 x 0,20 x (2 x (2 + 3))
v = 0,36 m3

Maka volume total bongkaran beton = 0,252 + 0,36 = 0,612

Setelah mendapatkan volume pekerjaannya maka selanjutnya adalah volume bongkaran beton bertulang dengan harga per meter persegi pembongkaran beton (sesuai tabel di atas), maka biaya total pembongkaran beton bertulang yang diperlukan adalah :
  • Biaya bongkaran = volume beton x harga per meter
  • Biaya bongkaran = 0,612 m3 x Rp  676.655,00 / m3
  • Biaya bongkaran = Rp 414.118,98 atau dibulatkan menjadi Rp 415.000,00

**Catatan : Jangan lupa untuk menyisakan dana sekitar 5% dari harga perhitungan di atas untuk berjaga-jaga karena standar harga bahan atau ongkos tukang yang digunakan bisa saja naik seiring waktu.

Baca juga : Cara dan Langkah-langkah Menghitung Biaya Pekerjaan Atap Baja Ringan

Demikianlah mengenai cara menghitung biaya pembongkaran beton bertulang, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan. Biaya pembongkaran merupakan biaya yang cukup penting untuk diperhatikan meskipun ini tidak termasuk biaya untuk membuat bangunan baru, namun penting saat ada proyek renovasi.