Plafon atau langit-langit bangunan adalah bagian penting dari sebuah bangunan yang membatasi bagian atas ruangan. Plafon atau langit-langit menjadi elemen fungsional yang memberi estetika. Memasang plafon tidak akan lengkap jika tidak diselesaikan di bagian pinggir yaitu pertemuan antara plafon dengan tembok. Bagian pinggir plafon ini bisa diselesaikan menggunakan lis plafon gypsum profil untuk mempercantik tepi plafon sekaligus menyembunyikan pertemuan yang tidak rata.

Cara Menghitung Biaya Lis Plafon Gypsum Profil

Berapa biaya untuk memasang lis plafon gypsum ? Hal ini sering menjadi pertanyaan banyak orang ketika membangun atau renovasi, khususnya dalam pekerjaan ruang dalam atau interior. Sebelum kita menuju rumus menghitung biaya pemasangan lis plafon gypsum, kita wajib mengetahui komponen-komponen dan material yang masuk ke dalam perhitungan biaya RAB.

Dalam artikel ini Arsitur akan mengambil contoh pekerjaan memasang lis plafon sebuah kamar dengan ukuran 5 m x 4 m. Plafon yang dibuat adalah plafon datar dengan desain minimalis namun diberi tambahan lis plafon gypsum di bagian pinggirnya.

Material Pekerjaan Lis Plafon Gypsum (bahan-bahan)

Material yang dibutuhkan saat memasang lis plafon terdiri dari beberapa jenis bahan bangunan yang bisa dibeli di toko bangunan terdekat. Material yang diperlukan pemasangan lis plafon ini bergantung dari pertemuan antara plafon dan tembok, desain plafon serta variasi yang ingin ditambahkan. Lekukan dan tonjolan kolom maupun balok pada plafon akan membuat lis plafon semakin berliku. Berikut adalah daftar material untuk pekerjaan pemasangan lis plafon seperti yang pernah saya lakukan di proyek :
  • Lis plafon
  • Paku lis
**Catatan : pemasangan lis gypsum profil pada plafon ekspos sering kali tidak kuat dan retak terjadi karena bahan beton (plat lantai) tidak sama dengan list.

Berikut adalah gambaran harga lis plafon per meter persegi sesuai ukuran :
  • List Plafon Profil Minimalis, Lebar 7-8 cm harganya Rp. 12.000 /m
  • List Plafon Profil Minimalis, Lebar 10cm harganya Rp. 15.000 /m
  • List Plafon Profil Minimalis, Lebar 12 cm harganya Rp. 17./00 /m
  • List Plafon Profil Minimalis, Lebar 15 cm harganya Rp. 20.000 /m
  • List Plafon Profil Minimalis, Lebar 20cm harganya Rp. 27.000 /m
  • List Tali Air, Lebar 1 cm harganya Rp. 18.000/m

Baca Juga : Cara Menghitung Biaya Plesteran Dinding

Tenaga untuk Pekerjaan Pemasangan Lis Plafon (ongkos tukang)

Ongkos pengerjaan pemasangan plafon juga harus dicatat dan masuk dalam perhitungan biaya RAB bangunan. Dalam pekerjaan memasang plafon dalam skala besar, mungkin tidak hanya 1 jenis tukang yang bekerja. Berikut adalah beberapa tukang maupun tenaga yang terlibat dalam pekerjaan pemasangan plafon.
  • Pekerja
  • Tukang Kayu/Tukang Plafon
  • Kepala Tukang
  • Mandor
**Catatan : Komponen mandor dan kepala tukang mungkin bisa dihilangkan apabila dilakukan dalam skala kecil, sementara pekerja biasanya bisa diambil perannya oleh tukang plafon saja.

Cara menghitung volume pekerjaan lis plafon

Volume pekerjaan lis plafon gypsum dalam RAB dihitung berdasarkan panjang lis yang mengelilingi ruangan yang akan ditempeli lis plafon gypsum. Cara mencari panjang lis plafon yang akurat adalah dengan mencari keliling ruangan dengan cara manual atau menggunakan rumus. Untuk menghitung plafon dari denah sebaiknya tidak menggunakan garis as, namun sisi bagian dalam bangunan dan disesuaikan apabila dalam ruangan ada bentuk lekukan seperti lekukan akibat penebalan kolom.
Keliling ruangan = 2 (panjang ruangan + lebar ruangan)

Baca Juga : Cara Menghitung Biaya Mengecat Tembok

Rumus biaya lis plafon gypsum

Jadi, untuk mengetahui kebutuhan biaya lis plafon, tinggal menjumlahkan komponen biaya bahan dan ongkos tukang. Komponen biaya bahan dikalikan dengan estimasi harga bahan dan komponen ongkos tukang dikalikan dengan estimasi harga tukang. Maka untuk 1 m pemasangan lis plafon gypsum, membutuhkan rincian bahan, tukang dan peralatan dengan biaya sebagai berikut :

ANALISA PEMASANGAN 1 M1 LIST PLAFON GYPSUM PROFIL
URAIAN SATUAN KOEFISIEN HARGA SATUAN JUMLAH
TENAGA
Pekerja OH 0,0500 103.000,00 5.150,00
Tukang Kayu OH 0,0500 115.000,00 5.750,00
JUMLAH TENAGA KERJA 10.900,00
BAHAN
List Gypsum  7 cm m' 1,0500 12.000,00 12.600,00
Paku list kg 0,0100 30.000,00 300,00
JUMLAH HARGA BAHAN 12.900,00
Jumlah (A + B + C) 23.800,00
Overhead & Profit 0 % x D
Harga Satuan Pekerjaan (D+E) 23.800,00

Berdasarkan tabel di atas, bisa kita lihat bahwa harga pemasangan plafon baru per meter persegi adalah sebesar Rp 23.800,00 / m2

**Catatan : Jika menggunakan smartphone, putar layar untuk melihat tabel secara penuh. Harga material dan ongkos tukang yang tercantum dalam tabel yang digunakan mengacu pada harga yang ada saat artikel ini disusun, harga mungkin berubah seiring waktu.

Baca juga : Cara Menghitung Biaya Pemasangan Plafon Rumah (Langit-langit)

Contoh perhitungan pekerjaan pemasangan plafon baru pada kamar :

Untuk pembaca yang ingin tahu bagaimana cara menghitung biaya pemasangan lis plafon baru, maka kami berikan contoh lengkapnya mengenai kasus menghitung volume dan RAB pekerjaan pemasangan lis plafon baru untuk sebuah banguan kamar tidur berukuran 5 m x 4 m sesuai pengalaman di proyek. Lis yang dipilih adalah lis profil minimalis dengan lebar 7 cm dengan harga Rp 12.000,- per meter. Anggap saja ruangan ini bentuknya segi empat sempurna tanpa penebalan kolom, maka kita bisa hitung harganya sesuai analisa di atas.
  • Ukuran bangunan = 5 m x 4 m
  • Tinggi Plafon = 2,8 m

Berdasarkan data di atas, kita bisa tentukan dulu keliling ruangan yang akan dipasang lis plafon, yaitu :
  • Keliling ruangan = 2 (panjang ruangan + lebar ruangan)
  • Keliling ruangan = 2 x (5 + 4)
  • Keliling ruangan = 2 x 9 = 18 m

Setelah mendapatkan volume pekerjaannya maka selanjutnya adalah mengalikan keliling ruangan dengan harga per meter pemasangan lis plafon gypsum (sesuai tabel di atas), maka biaya total pemasangan plafon baru yang diperlukan adalah :
  • Biaya Plafon = Luas plafon x harga per meter
  • Biaya Plafon = 18 m2 x Rp 23.800,00 / m2
  • Biaya Plafon = Rp 428.400,00 atau dibulatkan menjadi Rp 430.000,00

**Catatan : Jangan lupa untuk menyisakan dana sekitar 5% dari harga perhitungan di atas untuk berjaga-jaga karena standar harga bahan yang digunakan bisa saja naik seiring waktu.

Baca juga : Pengertian Tali Air, Letak dan Fungsinya pada Bangunan

Demikianlah mengenai cara menghitung biaya pemasangan lis plafon baru, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan. Meskipun pekerjaan lis plafon ini sejatinya bukan pekerjaan struktural, namun ini sangat penting untuk membuat rumah tampil menarik, bersih dan enak dilihat.