Plafon atau langit-langit bangunan merupakan elemen penting dari sebuah bangunan yang membatasi bagian atas ruangan. Plafon atau langit-langit menjadi elemen fungsional sekaligus estetika. Plafon berfungsi sebagai tempat untuk meletakan lampu (downlight), sebagai tempat untuk menggantung kipas angin dan exhaust fan. Namun selain itu, plafon adalah elemen estetika yang menjadi penanda bahwa rumah tersebut sudah selesai dikerjakan.

Cara Menghitung Biaya Memasang Plafon Gypsum Rangka Hollow - caelusgreenroom.com


Berapa biaya untuk memasang plafon ? Hal ini sering menjadi pertanyaan banyak orang ketika membangun atau renovasi, khususnya membangun rumah tinggal. Sebelum kita menuju rumus menghitung biaya pemasangan plafon bangunan, kita wajib mengetahui komponen-komponen dan material yang masuk ke dalam perhitungan biaya RAB.

Dalam artikel ini Arsitur akan mengambil contoh pekerjaan memasang plafon sebuah kamar dengan ukuran 4 m x 3 m. Plafon yang dibuat adalah plafon datar degan desain minimalis yang menggunakan rangka baja hollow stainless. Penutup plafon menggunakan gypsum biasa. Ini merupakan material plafon yang sangat umum sekarang, kita tidak lagi menggunakan kayu sebagai rangka karena mahal dan dianggap kurang praktis.

Material Pekerjaan Pemasangan Plafon (bahan-bahan)

Material yang dibutuhkan saat memasang plafon terdiri dari beberapa jenis bahan bangunan yang bisa dibeli di toko bangunan terdekat. Material yang diperlukan pemasangan plafon tersebut tergantung dari jenis plafon, desain serta variasi yang ingin ditambahkan. Berikut adalah daftar material untuk pekerjaan pemasangan plafon seperti yang pernah saya lakukan di proyek :
  • Rangka metal (hollow) 2 cm x 2 cm panjang 4 m
  • Gypsum Board (120x240x9)
  • Paku Kasiboard

**Catatan : dalam beberapa kasus pemasangan plafon mungkin tidak selalu menggunakan gypsum dan rangka hollow 2 x 2, semua tergantung ketersediaan bahan di daerah Anda.

Baca Juga : Cara Menghitung Biaya Plesteran Dinding

Tenaga untuk Pekerjaan Pemasangan Plafon (ongkos tukang)


biaya plafon
Pekerjaan plafon gypsum

Ongkos pengerjaan pemasangan plafon juga harus dicatat dan masuk dalam perhitungan biaya RAB bangunan. Dalam pekerjaan memasang plafon dalam skala besar, mungkin tidak hanya 1 jenis tukang yang bekerja. Berikut adalah beberapa tukang maupun tenaga yang terlibat dalam pekerjaan pemasangan plafon.
  • Pekerja
  • Tukang Besi/Tukang Plafon
  • Mandor

**Catatan : Komponen mandor dan kepala tukang mungkin bisa dihilangkan apabila dilakukan dalam skala kecil, sementara pekerja biasanya bisa diambil perannya oleh tukang plafon saja.

Cara menghitung volume pekerjaan pemasangan plafon

Volume pekerjaan pemasangan plafon dalam RAB dihitung berdasarkan luas permukaan langit-langit ruangan yang akan dipasang plafon. Cara mencari luas ruangan yang akurat adalah dengan mengalikan panjang dan lebar ruangan tersebut. Untuk plafon sebaiknya tidak menggunakan as, namun sisi bagian dalam bangunan dan disesuaikan apabila dalam ruangan ada bentuk lekukan seperti lekukan akibat penebalan kolom.

  • Luas langit-langit (m2) = (panjang x lebar ruangan)

Baca Juga : Cara Menghitung Biaya Mengecat Tembok

Rumus biaya pemasangan plafon gypsum rangka hollow

Jadi, untuk mengetahui kebutuhan biaya plafon, tinggal menjumlahkan komponen biaya bahan dan ongkos tukang. Komponen biaya bahan dikalikan dengan estimasi harga bahan dan komponen ongkos tukang dikalikan dengan estimasi harga tukang. Maka untuk 1 m2 pemasangan plafon baru, membutuhkan rincian bahan, tukang dan peralatan dengan biaya sebagai berikut :


Analisa Pekerjaan Pemasangan 1 M2 Plafon Gypsum Rangka Hollow
NO. URAIAN PEKERJAAN SATUAN KOEFISIEN HARGA SATUAN JUMLAH HARGA
A. TENAGA
1 Pekerja OH 0,3 103.000,00 30.900,00
2 Tukang Besi/Tukang Pafon OH 0,35 115.000,00 40.250,00
JUMLAH TENAGA KERJA 71.150,00
B. BAHAN
1 Gypsum Board (120x240x9) Lbr 0,364 67.000,00 24.388,00
2 Rangka Metal Furing (2 x 4 cm) panjang 4 m Btg 1 54.000,00 54.000,00
3 Paku Kalsiboard Kg 0,11 45.000,00 4.950,00
JUMLAH HARGA BAHAN 83.338,00
C. PERALATAN
JUMLAH HARGA ALAT 0,00
HARGA SATUAN PEKERJAAN 154.488,00

Berdasarkan tabel di atas, bisa kita lihat bahwa harga pemasangan plafon baru per meter persegi adalah sebesar Rp 154.488,00 / m2.

**Catatan : Jika menggunakan smartphone, putar layar untuk melihat tabel secara penuh. Harga material dan ongkos tukang yang tercantum dalam tabel yang digunakan mengacu pada harga yang ada saat artikel ini disusun, harga mungkin berubah seiring waktu. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak daftar harga plafon terbaru pada link berikut ini :

Baca juga : Daftar Harga Plafon Gypsum dan GRC Per Lembar [Sudah Update]

Contoh perhitungan pekerjaan pemasangan plafon baru pada kamar :

memasang plafon pada kamar dengan alat bantu

Untuk anda yang ingin tahu bagaimana cara menghitung biaya pemasangan plafon baru, maka kami berikan contoh lengkapnya mengenai kasus menghitung volume dan RAB pekerjaan pemasangan plafon baru untuk sebuah banguan kamar tidur berukuran 4 m x 3 m sesuai pengalaman di proyek. Tinggi plafon idealnya adalah 2,8 m dan berada sekitar 5 cm - 10 cm di bawah ring balok. Anggap saja ruangan ini bentuknya segi empat sempurna tanpa penebalan kolom, maka kita bisa hitung sesuai analisa di atas.
  • Ukuran bangunan = 4 m x 3 m
  • Tinggi Plafon = 2,8 m 

Berdasarkan data di atas, kita bisa tentukan dulu luas akurat dari langit-langit yang akan dipasang plafon, yaitu :
  • Luas langit-langit kamar = 4 x 3 = 12 m2

Setelah mendapatkan volume pekerjaannya maka selanjutnya adalah mengalikan luas langit-langit dengan harga per meter persegi pemasangan plafon (sesuai tabel di atas), maka biaya total pemasangan plafon baru yang diperlukan adalah :
  • Biaya Plafon = Luas plafon x harga per meter
  • Biaya Plafon = 12 m2 x Rp 154.488,00 / m2
  • Biaya Plafon = Rp 1.853.856,00 atau dibulatkan menjadi 1.860.000,00

**Catatan : Jangan lupa untuk menyisakan dana sekitar 5% dari harga perhitungan di atas untuk berjaga-jaga karena standar harga bahan yang digunakan bisa saja naik seiring waktu.

Biaya Plafon langsung kepada tukang
Dengan banyaknya komponen yang dijumlahkan dalam tabel pasti akan membuat harga plafon cukup mahal per meter perseginya, terlepas karena harga bahannya adalah bahan kualitas terbaik. Namun untuk proyek rumah tinggal, kita bisa memesan plafon dengan harga yang lebih rendah, tentunya ada pengurangan dalam kualitas bahan dan rangka plafon serta desain plafon itu sendiri. Berikut adalah hasil survey saya terkait harga plafon per meter persegi tahun 2019 :
  • Biaya pasang plafon + rangka jadi dengan desain minimalis adalah 75 - 90 ribu per meter persegi
  • Biaya pasang list gypsum 5 - 7 cm jadi adalah 15-20 ribu per meter panjang
  • Biaya pasang tali air plafon adalah 18 - 25 ribu per meter panjang

Baca juga : Pengertian Tali Air, Letak dan Fungsinya pada Bangunan

Jangan lupa untuk menghitung biaya bongkaran plafon lama jika pekerjaan tersebut adalah renovasi plafon. Biaya bongkaran plafon yang dibebankan biasanya sekitar 10% dari biaya pemasangan total plafon tersebut tergantung seberapa banyak bongkaran dan kerumitan pasangan plafon sebelumnya.

Demikianlah mengenai cara menghitung biaya pemasangan plafon baru, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan. Meskipun pekerjaan plafon ini sejatinya bukan pekerjaan struktural, namun ini sangat penting untuk membuat rumah tampil menarik, bersih dan nyaman digunakan.