Tali air adalah gap (jarak) yang memisahkan bagian finishing tertentu. Sering kali kita menjumpai detail pekerjaan-pekerjaan yang kecil dan terlihat sepele. Namun ternyata pekerjaan itu memiliki peranan penting dalam sebuah bangunan. 

gambar tali air
Tali air pada dinding kamar mandi

Meskipun tali air pada bangunan merupakan bagian detail kecil salah, namun ternyata elemen ini memiliki peranan yang cukup berpengaruh terhadap fungsi ruangan. Lalu apa itu tali air ? Berikut akan dibahas lebih lengkap mengenai Tali Air.

gambar tali air pada bangunan
Tali Air pada Bangunan - img by pinterest

Tali air adalah kanal atau jarak kecil yang memiliki ukuran sekitar 1x1 cm sampai 2x1 cm dengan kedalaman 1 - 2 cm yang sengaja dibuat untuk memisahkan dua elemen dinding, memisahkan lebar dinding. 

Posisi tali air yang umum yaitu pada bagian dinding yang berbatasan dengan plin lantai, perbatasan dinding dengan kusen atau perbatasan dinding dengan plafon. Tali air akan tampak seperti garis batas yang memperjelas pemisahan dua elemen interior.


gambar tali air pada lantai
Tali Air pada Lantai - img by pinterest

Fungsi tali air pada dinding yang berbatasan dengan plin lantai yaitu sebagai pembatas cipratan maupun rembesan pada plin dengan dinding sehingga dinding tidak mudah lembab. Tali air ini disebut juga dengan skirting. Selain itu juga sebagai gap yang memisahkan finishing plin dan dinding. Dengan menggunakan tali air maka perbatasan ini akan menjadi lebih rapih.

2. Posisi Tali Air

Tali air terletak diantara dinding dengan kusen pintu mengelilingi kusen pintu. Pembuatannya bisa setelah atau sebelum kusen dipasang pada bukaan saat pekerjaan plesteran dan acian.


gambar tali air pada kusen
Tali Air pada Kusen - img by pinterest

3. Fungsi Tali Air

Fungsi tali air pada kusen pintu adalah mengalirkan air rembesan atau air tetesan melalui tali air sehingga air tidak masuk ke dalam kusen yang mengakibatkan kerusakan kusen kayu. Selain itu, fungsi tali air juga untuk menampilkan garis yang rapi dan tegas pada pintu.


tali air pada ceiling plafon
Tali air pada plafon - img by pinterest

Sementara untuk perbatasan plafon dan dinding, tali air berfungsi sebagai alat untuk membentuk garis tegas dan rapih apabila tidak menggunakanlis kayu atau gypsump pada plafond.

4. Cara mengaplikasikan tali air

Metode pembuatan tali air bisa menggunakan murni plesteran dan acian atau dengan profil U berukuran 1x2 cm atau 1x1 cm yang ditanam diatas plint.  Pekerjaan tali air tidak boleh dilakukan oleh tukang sembarangan karena lumayan sulit untuk membuat tali air yang rapih.

Ada beberapa artikel lain yang saya buat untuk membahas mengenai tali air untuk memperjelas apa itu tali air dan menjabarkan apa yang dimaksud dengan tali air. Berikut ini daftar artikelnya :


Demikian tentang tali air pada bangunan semoga bermanfaat dan menambah wawasan bagi pembaca.