Skip to main content

Pengertian Tali Air, Letak dan Fungsinya pada Bangunan

gambar tali air pada bangunan
Tali Air pada Bangunan - img by pinterest


Tali air adalah gap (jarak)  yang memisahkan bagian finishing tertentu. Sering kali kita menjumpai detail pekerjaan-pekerjaan yang kecil dan terlihat sepele. Namun ternyata pekerjaan itu memiliki peranan penting dalam sebuah bangunan. Detail kecil salah satunya adalah tali air yang ternyata memiliki peranan yang cukup berpengaruh. Lalu apa itu tali air ? Berikut Pembahasannya.

Tali air adalah kanal kecil berukuran sekitar 1x1 cm sampai 2x1 cm yang berada pada dinding. Perletakan tali air yang umum yaitu pada bagian dinding yang berbatasan dengan plin lantai, perbatasan dinding dengan kusen atau perbatasan dinding dengan plafon.
gambar tali air pada lantai
Tali Air pada Lantai - img by pinterest


Fungsi tali air pada dinding yang berbatasan dengan plin lantai yaitu sebagai pembatas cipratan maupun rembesan pada plin dengan dinding sehingga dinding tidak mudah lembab. Tali air ini disebut juga dengan skirting. Selain itu juga sebagai gap yang memisahkan finishing plin dan dinding. Dengan menggunakan tali air maka perbatasan ini akan menjadi lebih rapih.
Tali air terletak diantara dinding dengan kusen pintu mengelilingi kusen pintu. Pembuatannya bisa setelah atau sebelum kusen dipasang pada bukaan saat pekerjaan plesteran dan acian.

gambar tali air pada kusen
Tali Air pada Kusen - img by pinterest


Fungsi tali air pada kusen pintu adalah mengalirkan air rembesan atau air tetesan melalui tali air sehingga air tidak masuk ke dalam kusen yang mengakibatkan kerusakan kusen kayu. Selain itu, fungsi tali air juga untuk menampilkan garis yang rapi dan tegas pada pintu.
tali air pada ceiling plafon
Tali air pada plafon - img by pinterest


Sementara untuk perbatasan plafon dan dinding, tali air berfungsi sebagai alat untuk membentuk garis tegas dan rapih apabila tidak menggunakanlis kayu atau gypsump pada plafond.

Metode pembuatan tali air bisa menggunakan murni plesteran dan acian atau dengan profil U berukuran 1x2 cm atau 1x1 cm yang ditanam diatas plint.  Pekerjaan tali air tidak boleh dilakukan oleh tukang sembarangan karena lumayan sulit untuk membuat tali air yang rapih.

Ada beberapa artikel lain yang saya buat untuk membahas mengenai tali air untuk memperjelas apa itu tali air dan menjabarkan apa yang dimaksud dengan tali air. Berikut ini daftar artikelnya :

Baca Juga : Cara Membuat Tali Air

Baca Juga : Akibat Jika Bangunan Tidak Menggunakan Tali Air

Demikian tentang tali air semoga bermanfaat dan menambah wawasan bagi pembaca. Jangan lupa untuk like fanspage dan follow sosial media kami. Terima kasih sudah berkunjung.

Salam dari Arsitur : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. ARSITUR berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke arsiturstudio@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar