Cara Menghitung Jumlah Genteng Berdasarkan Luas Atap pada artikel berikut ini akan sangat membantu kita dalam menyusun RAB untuk anggaran pembuatan rumah atau bangunan lainnya.

Menghitung luas atap sejatinya tidak sulit apabiila kita mengetahui tekniknya. Menghitung luas atap dan jumlah genteng yang diperlukan mengacu pada rumus dasar geometri, pitagoras dan segitiga.

Cara Menghitung Luas rangka atap baja ringan adalah dengan memanfaatkan luas permukaan miring atap, dimana luas atap ini telah meliputi oversteck dan sudut kemiringan atap harus diketahui. Contoh perhitungannya adalah sebagai berikut :

Misalnya diketahui :


  • Panjang Atap = 8 meter
  • Lebar Atap = 6 meter
  • Overstek atap = 1 meter (keliling)
  • Kemiringan Atap = 36 derajat
  • Bentuk atap = limas sempurna
  • Genteng karang pilang GY
  • panjang terpasang = 25 cm = 0,25 m
  • Lebar terpasang = 20 cm = 0,20 m
  • Harga satuan = Rp 4.500

(semua data adalah perumpamaan)

Perhitungan Luas Atap :

Cara Menghitung Jumlah Genteng Berdasarkan Luas Atap
Cara Menghitung Jumlah Genteng Berdasarkan Luas Atap

Untuk menghitung luas atap kita bisa memanfaatkan luas datar yang tertutupi atap kemudian menggunakan bantuan cosinus (pytagoras) untuk menentukan luas permukaan miring atap tersebut. Luas datar bisa digunakan untuk menghitung luas plafon sementara luas miring digunakan untuk menghitung luas atap genteng.

Luas Datar = (8+1+1) x (6+1+1) = 10 x 8 = 80 meter persegi
Luas Miring = Luas Datar / Cosinus 36
Luas Miring = 80 / 0,81 = 98,765 bulatkan menjadi 98,8 meter persegi

Perhitungan Jumlah Genteng :

Cara Menghitung Jumlah Genteng Berdasarkan Luas Atap
Cara Menghitung Jumlah Genteng Berdasarkan Luas Atap

Jumlah genteng dihitung dengan membagi luas atap miring dengan luas satuan genteng, sehingga memperoleh jumlah kasar dari genteng yang diperlukan. Semakin kecil ukuran genteng semakin banyak pula jumlah genteng yang diperlukan.

Luas Genteng = p genteng x l genteng
Luas Genteng = 0,25 m x 0,20 m = 0,05 meter persegi
Jumlah Genteng = Luas Atap Miring / Luas satuan genteng
Jumlah Genteng = 98,8 m2 / 0,05 m2
Jumlah Genteng = 1976 buah

Jadi jumlah genteng yang diperoleh adalah sebanyak 1976 buah genteng. Namun kenyataannya di lapangan kita mungkin harus menyiapkan ekstra jika genteng patah, terpotong atau rusak. Sehingga jumlah genteng yang dipesan sebaiknya adalah 2000 buah.

Perhitungan Biaya Genteng

Untuk biaya genteng saja kita dapat mengalikan harga satuan dengan jumlah genteng yang diperlukan. Sehingga perhitungannya menjadi sebagai berikut :

Biaya Genteng = Harga Satuan x Jumlah Genteng
Biaya Genteng = Rp 4.500 x 2000 = Rp 9.000.000

Jadi angka tersebut sudah dapat dimasukan RAB genteng pada rumah Anda. Namun harga ini belum termasuk harga bubungan, karena harus dihitung panjang bubungannya. Mungkin harganya terbilang fantastis bagi bebberapa orang, namun kita tetap bisa mengurangi biaya dengan menukar genteng dengan tipe lain yang lebih murah sehingga selisih Rp 1.000 saja pada harga satuan akan berarti jutaan pada RAB. Jadi bijaksanalah merencanakan pilihan atap Anda.