Rahasia Menggunakan Cat Semprot Kaleng yang Benar - Arsitur Media Desain

Rahasia Menggunakan Cat Semprot Kaleng yang Benar

- 7/25/2019


Dalam postingankali ini, Arsitur.com akan mencoba membagikan beberapa tips penting bagaimana menggunakan cat semprot kaleng untuk mengecat berbagai objek seperti furniture, meja, kursi, bingkai lukisan, perabotan, alat-alat otomotif dan masih banyak lagi. Oke, mari kita bahas satu per satu :

01. Strategi Mengecat Perlahan

Rahasia Menggunakan Cat Semprot Kaleng yang Benar
gambar cat semprot kaleng - pixabay.com

Strategi mengecat dengan cat semprot secara DIY adalah dengan menyemprotkan cat pada objek secara perlahan, sedikit demi sedikit hingga seluruh permukaan objek akan tertutup sempurna oleh cat.

Jangan pernah mencoba mengecat dengan arah random, karena akan menyebabkan tumpukan yang tidak meratapada permukaan objek. Hal ini bisa memberikan hasil yang tidak bagus, warna yang tebal tipis dan sebagainya, kecuali objek memang akan dilukis dengan bentuk tertentu.

02. Tumpuk Permukaan Cat

Rahasia Menggunakan Cat Semprot Kaleng yang Benar
teknik menumpuk semprotan - handyman.com

Sebagai sifat alami dari cat semprot, pastinya satu kali semprotan yang berjalan akan menghasilkan permukaan cat yang tipis dan agak transparan, sehingga kita perlu melakukan semprotan dan menumpuknya hingga beberapa kali.

Teknik yang paling efektif adalah menyemprotkan cat dua kali dalam arah berlawanan, misalnya ke kanan dan kiri atau atas dan bawah sehingga permukaan objek bisa tertutup sempurna oleh semprotan cat.

03. Perhatikan jarak semprotan

Setiap kaleng cat semprot memiliki jarak tertentu yang optimal untuk menyemburkan cat secara optimal dan efisien pada permukaan objek. Baca aturan pakai yang tertera pada kaleng cat. Semakin jauh jarak cat semprot dari objek, semakin tipis hasilnya dan sebaliknya.

Jika tidak terdapat aturan tersebut, silahkan coba dulu pada objek lain seperti kertas atau kardus, lihat hasilnya dan perkirakan seberapa jauh jarak semprotan dari objek untuk hasil yang maksimal.

Baca Juga : Berapa Umur Peralatan Elektronik di Rumah ?

04. Jangan Mengayun Semprotan

Rahasia Menggunakan Cat Semprot Kaleng yang Benar
teknik mengayun yang salah - handyman.com

Perhatikan teknik mengayun semprotan, gerakan ayunan cat semprot yang seperti bandul akan menyebabkan perbedaan jarak ketika ayunan tangan dilakukan. Hal ini adalah sesuatu yang keliru yang tidak disadari kebanyakan pengguna cat semprot.

Cara yang benar adalah menjaga jarak antara mulut cat semprot dengan objek tetap sama sambil menggeser tangan ke arah horizontal atau vertikal. Lebih baik melakukan gerakan seperti wiper mobil (pembersih kaca mobil).

05. Lapisi Cat Primer Sebelum Cat Semprot

Cat semprot adalah jenis cat finishing terakhir yang menjadi lapisan atas dalam proses mengecat. Pastikan permukaan objek yang akan dicat telah dihaluskan dan bebeas dari jenis cat finish lainnya.

Akan lebih baik jika kita menerapkan cat polimer terlebih dahulu sebelum menggunakan cat semprot. Cat polimer membantu kita mendapatkan permukaan yang halus dan rata serta membantu cat semprot bisa merekat lebih kuat pada objek.

06. Menggunakan Masker

Rahasia Menggunakan Cat Semprot Kaleng yang Benar
atur jarak semprotan - goodfreephotos.com

Masker adalah alat perlindungan utama yang sangat wajib digunakan ketika kita menggunakan cat semprot. Meskipun banyak produsen cat semprot yang mengklaim bahwa produk mereka aman dihirup manusia, namun tidak ada yang dapat menggaransi apa yang terjadi ketika butiran debu cat masuk ke dalam tubuh melalui hidung.

Jangan menganggap remeh hal ini, partikel cat semprot pastilah mengandung bahan kimia yang dapat membuat tubuh kita sakit. Sebaiknya gunakan masker, setidaknya akan menyaring debu cat masuk ke dalam tubuh. Jika pun tak sempat membeli masker, bisa menggunakan baju atau kain untuk menutup hidung saat mengecat.

Baca Juga : Jenis Tanaman Hias untuk Rumah Perkotaan Agar Lebih Asri

07. Alat Bantu Pemegang Objek

Satu hal yang sulit ketika kita mengecat dengan menggunakan cat semprot adalah membuat objek tetap berada pada posisi ideal untuk menerima semprotan cat. Oleh karena itu beberapa orang lebih memilih menggantung objek yang akan di cat.

Alat bantu berupa gantungan ini penting untuk membuat objek bebas dari sentuhan benda-benda lain di sekitarnya. Kita juga sebaiknya tidak membalik-balik objek yang akan dicat menggunakan tangan, gunakanlah kait kecil yang runcing sehingga permukaan cat tidak rusak.

08. Gunakan 2 Kaleng Sekaligus

Rahasia Menggunakan Cat Semprot Kaleng yang Benar
mengecat dengan dua kelng sekaligus - pixino.com

Untuk mendapatkan hasil yang cepat, kita bisa menggunakan dua kaleng cat semprot sekaligus. Gunakan satu di tangan kanan dan satu di tangan kiri, arahkan semprotan pada objek secara mendatar atau vertikal. Menggunakan 2 kaleng cat semprot sekaligus tentu saja memerlukan keahlian yang lebih tinggi, oleh karena itu, coba dulu pada objek lain sebelum menggunakannya untuk mengecat objek utama.

Perlu juga diperhatikan bahwa mengecat dengan dua kaleng sekaligus dapat membuat penggunaancat semprot lebih boros, namun hal itu tidak akan berlaku jika kita mengcat objek yang cukup luas. Kita juga bisa menggunakan banyak kaleng sekaligus apabila mengecat dengan lebih dari satu orang, misalnya untuk membuat dasar cat putih.

09. Gunakan gagang semprot tambahan

Rahasia Menggunakan Cat Semprot Kaleng yang Benar
gunakan gagang semprot tambahan bila perlu - airforcemedicine.af.mil

Cat semprot biasanya memiliki tombol semprotan kecil di atas kalengnya, gerakan jari tangan yang kuat diperlukan agar cat mau menyembur deras dari mulut semprotan. Untuk proyek kecil tidak masalah bila menggunakan kaleng semprotan seadanya.

Untuk mengecat objek yang besar dan banyak, terkadang jari tangan bisa kesemutan jika terlalu lama dalam posisi itu. Maka kita bisa menggunakan gagang semprot tambahan atau yang disebut aplikator untuk mencegah jari kesemutan dan agar semburan cat tetap stabil.

10. Mengecat di Ruangan yang Tepat

Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah ruangan tempat kita mengecat. Jangan sekali-kali mengecat dengan cat semprot di dalam ruangan bersih yang temboknya di cat putih. Hal tersebut bisa membuat debu cat menempel ke tembok. Kita akan melihatnya jika kita amati tembok dari dekat.

Usahakan mengecat di tempat terbuka atau tempat yang memang khusus untuk mengecat. Beri tatakan koran atau kertas bekas agar cat semprot tidak meluber ke lantai. Jangan pula mengenakan baju putih karena dapat ternoda oleh cat, gunakan mantel atau jaket khusus.

11. Sedikit saja debu bisa mengganggu

Hal selanjutnya yang harus diperhatikan dalam penggunaan cat semprot adalah kerawanannya terhadap debu. Jangan mengecat bila ruangan berdebu. Butiran debu dapat mengganggu kehalusan permukaan cat.

Bila perlu, gunakan semprotan angin atau vacuum cleaner untuk membersihkan ruangan dan objek sebelum menggunakan cat semprot. Ini biasanya terjadi di bengkel cat otomotif yang banyak menggunakan cat semprot.

Baca Juga : Jenis-jenis Kompor serta Kelebihan dan Kekurangannya

12. Gunakan plaster untuk pembatas cat

Menggunakan cat semprot tidak bisa dilakukan seperti menggunakan kuas cat. Kuas bisa diarahkan dengan jelas untuk membentuk batas permukaan cat yang jelas dan tegas, namun tidak untuk cat semprot kaleng yang batasannya halus dan bergradasi.

Namun hal tersebut biasanya diakali dengan memberikan selotip kertas sebagai pembatas dan isolasi area yang tidak akan di cat. Hal ini perlu dilakukan ketika kita mengecat tepi objek. Misalnya ingin mengecat toping meja, tapi tidak ingin kena kaki mejanya. Plaster krtas memiliki daya rekat rendah sehingga tidak merusak lapisan cat yang sudah kering.

Demikianlah mengenai Tips dan Rahasia Menggunakan Cat Semprot Kaleng agar dapat memperoleh hasil yang maksimal. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan.



Silahkan tuliskan komentar, Jika ingin berdiskusi lebih lanjut silahkan email ke parsikaproject@gmail.com
EmoticonEmoticon

 

Ketikan dan tekan Enter