Skip to main content

Berapa Umur Peralatan Elektronik di Rumah ?

Berapa lama peralatan elektronik rumah bisa bertahan? Cari tahu umur rata-rata untuk 9 peralatan listrik di rumah dan cara-cara untuk menjaga mereka dalam keadaan baik agar bisa berfungsi lebih lama.

umur peralatan elektronik
umur peralatan elektronik 

AC (10-15 Tahun)

AC (Air Conditioner) memiliki umur atau masa pakai selama 10-15 tahun dalam status pemakaian normal dengan perawatan yang sesuai arahan pabrik. Waktu yang cukup lama untuk merencanakan membeli AC baru. Meskipun demikian, umur ideal untuk mengganti AC adalah 10 tahun karena pasti sudah ada pembaruan teknologi AC.

Untuk memaksimalkan masa pakai AC, berhati-hatilah dalam membeli unit AC yang terlalu besar. Lebih banyak daya juga tidak baik; listrik A/C yang terlalu besar cenderung terus-menerus berputar dan mati, membuat motor aus lebih cepat.

Ganti filter pendingin udara seperti yang diarahkan pabrikan, biasanya dua bulan sekali dalam cuaca panas ketika AC tersebut digunakan secara berlebihan. Anda bahkan mungkin akan lebih sering mengganti filter jika memiliki hewan peliharaan atau kualitas udara lokal yang buruk (tercemar, berdebu, dll.).

Hindari memblokir blower/kipas AC dengan furnitur atau tirai. Jauhkan komponen luar ruangan dari serpihan dan dedaunan. Penggunaan Ac yang terlalu sering atau terlalu jarang dapat memperpendek umur AC itu sendiri.

Mesin cuci (5-15 tahun)

Mesin cuci memiliki umur atau masa pakai selama 5-15 tahun dalam kondisi penggunaan normal sesuai prosedur pabrikan. Waktu yang terhitung lumayan lama untuk merencakan membeli mesin cuci baru.

Selang mesin cuci Anda cenderung bisa aus sebelum kerusakan lainnya terjadi. Jika ya, Anda mungkin mendapati mesin cuci akan banjir saat digunakan. Jadi periksalah selang setiap bulan apakah ada retak atau melepuh dan ganti seperlunya.

Selain itu, cara terbaik untuk menjaga mesin cuci Anda tetap awet adalah dengan mengikuti instruksi dari pabriknya. Jangan membebani mesin dengan pakaian atau dengan deterjen yang terlalu kental. Selali periksa saku pakaian sebelum Anda memasukkan pakaian ke dalamnya, pastikan tidak ada benda yang tertinggal.

Kulkas (10-13 tahun)

Kulkas memiliki umur atau masa pakai selama 10-13 tahun dalam kondisi penggunaan normal sesuai prosedur pabrikan. Waktu yang terhitung lumayan lama untuk merencakan membeli kulkas baru.

Untuk kinerja maksimal, jangan isi kulkas Anda dengan terlalu banyak makanan tapi juga jangan mengosongkan kulkas. Tempatkan beberapa botol air dingin di rak jika hampir kosong. Atur suhu kulkas antara 37 dan 40 derajat Fahrenheit. Untuk model yang lebih lama dengan koil kondensor terbuka, lakukan vakum dua kali setahun. Ganti paking jika terlihat usang atau retak.

Selalu berhati-hati dalam membuka atau menutup pintu kulkas, jangan sampai perlakuan yang kasar akan membuat saklar lampu otomatis akan cepat rusak.

Pemanas air (10-20 tahun)

Alat pemanas air atau water heater memiliki umur atau masa pakai 10-11 tahun untuk jenis standar (dengan tangki), dan umur maksimal 20 tahun untuk jenis tankless (tanpa tangki).

Pasang pemanas air dengan ukuran yang benar untuk rumah tangga Anda. Kuras setiap tahun dan ganti anoda sesuai kebutuhan. Perlengkapan aliran rendah akan mengurangi jumlah aliran air panas, menghemat keausan pada pemanas air panas Anda. Pemanas tanpa tangki tidak hanya lebih hemat energi, tetapi juga akan bertahan hampir dua kali lipat dari model standar.

Demikianlah mengenai umur peralatan elektronik rumah bisa bertahan dalam kondisi pemakaian normal. Pastikan Anda merawat semua perlatan elektronik dengan baik, meskipun Anda berencana menggantinya dalam waktu dekat. Ingat bahwa sebelum rentang usia maksimalnya habis, peralatan elektronik rumah tangga yang bekas dapat dijual lagi.
Salam dari Arsitur : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. ARSITUR berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke arsiturstudio@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar