Jenis Bahan Isolasi Suara Pada Bangunan - Arsitur Media Desain

Jenis Bahan Isolasi Suara Pada Bangunan

- 4/08/2019


Berikut ini adalah cara membuat ruangan kedap suara yang paling banyak digunakan pada bangunan. Setiap kategori memiliki skenario aplikasi terbaik masing-masing. Terdapat beberapa kategori seperti Sound Absorbing, Sound Insulation, Sound Dampening, and Decoupling. Berikut Penjelasannya :

Jenis Bahan Isolasi Suara Pada Bangunan
Jenis Bahan Isolasi Suara Pada Bangunan - Adorama

01. Busa Akustik

Bahan ini, biasa disebut Studio Foam, memiliki irisan khas atau bentuk piramida yang sangat efektif dalam menyerap suara. Dapat menempel pada dinding sebagai panel, menggantung dari langit-langit sebagai baffle, atau duduk di sudut ruangan sebagai perangkap gema.

02. Isolasi Suara

Insulasi suara biasanya dibuat dengan bilah yang terbuat dari wol mineral, wol batu, dan fiberglass, yang dirancang agar pas di antara pertemuan dinding partisi. Material batt cocok pas diterapkan pada sela-sela dinding partisi sehingga bisa mencegah udara meneruskan suara.

03. Panel / Papan Akustik

Ini adalah versi dekoratif dari isolasi suara dan busa penyerap suara. Bahan ini dapat datang dalam banyak warna, pola, dan kain yang menarik untuk melayani tujuan ganda di rumah dan tempat kerja.

04. Kain Akustik

Kain akustik lebih tebal dan lebih berat dari kain lain dan digunakan dalam tirai teater, tirai pemadaman. Sementara kain karpet banyak digunakan untuk membuat studio musik menjadi kedap suara meskipun tidak dapat meredam suara dan getaran bass drum sepenuhnya.

05. Pelapis Akustik

Bahan seperti Mass Loaded Vinyl (MLV) adalah bahan seperti karet padat, digunakan dalam banyak situasi yang berbeda seperti peredam suara mobil, mesin, peralatan, dan sebagai underlayment. Massa yang padat dapat bertindak sebagai penghalang suara.

06. Lantai Bawah

Lantai kayu solid atau ubin membutuhkan decoupling permukaan lantai dan subfloor untuk mengurangi transmisi kebisingan. Gabus, kain kempa, dan polimer biasanya digunakan sebagai bahan underlayment untuk bangunan yang menggunakan lantai kayu solid.

07. Arsitektur Kedap Suara

Kelompok ini mencakup apa pun yang digunakan dalam struktur bangunan, seperti jendela kedap suara, dinding kedap suara, pintu, dan produk partisi yang digunakan untuk memasangnya. Misalnya Bata Ringan AAC yang dapat menjadi isolator sekaligus struktur dinding.

Demikianlah mengenai Jenis Bahan Isolasi Suara Pada Bangunan yang bisa kita gunakan jika hendak membuat ruangan kedap suara. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan.

Baca Juga :

Referensi :

  • https://www.soundproofingtips.com/soundproofing-materials/



Silahkan tuliskan komentar, Jika ingin berdiskusi lebih lanjut silahkan email ke parsikaproject@gmail.com
EmoticonEmoticon

 

Ketikan dan tekan Enter