23 Bahan Bangunan Ramah Lingkungan - Arsitur Media Desain

23 Bahan Bangunan Ramah Lingkungan

- 3/07/2019


Tujuan dari penggunaan bahan bangunan ramah lingkungan adalah untuk membangun struktur hemat energi dan untuk membangun struktur tersebut kita harus menyadari berbagai bahan bangunan ramah lingkungan yang tersedia, sifat-sifatnya dan bagaimana bahan tersebut berkontribusi dalam penghematan energi.

23 Bahan Bangunan Ramah Lingkungan
23 Bahan Bangunan Ramah Lingkungan


23 Bahan Bangunan Ramah Lingkungan

Berikut ini adalah daftar bahan bangunan ramah lingkungan yang sering digunakan dalam konstruksi bangunan :

  1. Bahan Tanah
  2. Kayu
  3. Bambu
  4. SIP
  5. Bentuk Beton Terisolasi
  6. Kayu bakar
  7. Bale Jerami
  8. Tas Bumi
  9. Atap Batu Tulis / Batu
  10. Baja
  11. Jerami
  12. Komposit
  13. Serat alami
  14. Polyurethane
  15. Fiber Glass
  16. Selulosa
  17. sumbat
  18. Polystyrene dan isocyanurate
  19. Clay alami
  20. Cat non-VOC
  21. Lantai Serat Alami
  22. Fiber Cement
  23. Batu Alam


01 Bahan Tanah

bahan tanah
bahan tanah

Bahan tanah seperti bata dan plester tanah telah digunakan untuk bahan konstruksi sejak zaman dahulu kala. Untuk kekuatan dan daya tahan yang baik, jerami, rumput dan bahan berserat lainnya dll ditambahkan pada campuran tanah. Bahkan saat ini, struktur bangunan yang dibangun dengan tanah dapat dilihat di beberapa daerah terpencil di Indonesia.

02 Kayu Rekayasa

kayu rekayasa
kayu rekayasa

Kayu adalah salah satu bahan bangunan paling terkenal yang digunakan di seluruh dunia. Namun dalam proses konversi kayu mentah menjadi papan dan papan kayu, sebagian besar sisa kayu mungkin terbuang sia-sia. Ampas kayu juga dapat digunakan untuk membuat bagian-bagian struktural seperti dinding, papan, pintu dll dalam bentuk kayu rekayasa. Tidak seperti kayu solid, kayu rekayasa mengandung lapisan kayu yang berbeda, biasanya lapisan tengahnya terbuat dari potongan kayu, kayu lunak, serat kayu, dll.

03 Bambu

Bamboo village - bandung
Bamboo village - bandung

Bambu adalah salah satu bahan multiguna dan tahan lama yang paling banyak digunakan dalam konstruksi bangunan. Pohon-pohon bambu tumbuh lebih cepat terlepas dari kondisi iklim. Jadi, itu membuat bambu termasuk ekonomis juga. Bambu dapat digunakan untuk membangun struktur atau penyangga, dinding, lantai dll. Bambu juga memberikan penampilan yang bagus secara estetika.

04 SIP

Panel terisolasi struktural atau Structural Isolated Panel (SIP) terdiri dari dua lembar papan untai yang berorientasi atau papan serpihan dengan lapisan busa di antaranya. SIP umumnya tersedia dalam ukuran yang lebih besar dan digunakan sebagai dinding untuk struktur. Karena ukurannya yang besar, membutuhkan alat berat untuk memasangnya, tetapi SIP ini juga menyediakan isolasi yang baik.

05 Beton Terisolasi (Beton Ringan AAC)

Bentuk beton terisolasi berisi dua lapisan isolasi dengan beberapa ruang di antaranya. Ruang ini berisi beberapa pengaturan untuk menahan tulangan, setelah menempatkan tulangan, beton dituangkan ke dalam ruang ini. Beton ini ringan, tahan api, kepadatan rendah dan memiliki sifat isolasi termal dan suara yang baik.

06 Kayu bakar

Jika ada material kayu banyak tersedia dan mudah diakses ke lokasi konstruksi, konstruksi kayu cord seperti ini direkomendasikan. Dibutuhkan potongan kayu pendek dan bundar yang diletakkan satu di atas yang lain, lebar yang cukup dan diikat bersama oleh campuran beton khusus. Mereka lebih kuat, ramah lingkungan dan juga memberikan penampilan yang bagus pada struktur.

07 Straw Bale (Bola Jerami)

Bal jerami adalah bahan bangunan hijau lainnya yang dapat digunakan sebagai bahan pembingkaian untuk bangunan karena sifat isolasi yang baik. Mereka juga dapat bertindak sebagai bahan kedap suara. Dinding bantalan jerami tanpa beban dapat digunakan sebagai material pengisi di antara kolom dan dalam kerangka balok. Karena udara tidak dapat melewatinya, bal jerami juga memiliki isolasi panas dan suara

08 Earth Bags

Kantung tanah
Kantung Tanah - theconstructor

Kantung tanah atau kantung pasir juga dapat digunakan untuk membangun dinding rumah. Jenis-jenis struktur ini dapat dilihat di pangkalan militer, di dekat sumber daya air dll. Umumnya, tas yang terbuat dari goni direkomendasikan tetapi tas tersebut dapat membusuk dengan mudah dan karena itu tas polypropylene lebih sering digunakan saat ini.

09 Atap Batu Tulis

Batu tulis adalah batu yang terbentuk secara alami yang digunakan untuk membuat ubin. Ubin batu tulis memiliki daya tahan tinggi dan digunakan sebagai bahan atap. Atap batu tulis lebih disukai bila tersedia secara alami di lokasi dengan harga yang murah.

10 Baja

Panel atap baja dan herpes zoster sangat tahan lama dan dapat didaur ulang berulang kali. Jadi, ini adalah pilihan terbaik untuk bahan atap ramah lingkungan.

11 Jerami

Jerami yang digunakan tidak lain adalah jerami kering, buluh air kering, serbuk kering, dll. Ini adalah bahan atap tertua yang masih digunakan di beberapa lokasi terpencil di dunia dan bahkan di kota-kota untuk atraksi estetika. Bahan ini tersedia murah untuk atap dan isolator panas yang bagus juga.

12 Komposit

Panel atap yang terbuat dari bahan komposit seperti busa atau lapisan selulosa yang terjepit di antara dua lembaran logam atau dua lembaran plastik juga merupakan bahan bangunan hijau ramah lingkungan. Bahan ini ringan, murah dan memberikan isolasi yang baik untuk struktur bangunan serta menghemat energi.

13 Serat Alami

Serat alami seperti kapas, wol juga bisa digunakan sebagai bahan insulasi. Serat kapas daur ulang atau serat wol diubah menjadi batt dan dipasang di bagian rangka kayu yang telah dibentuk sebelumnya.

14. Poliuretan

Busa poliuretan tersedia dalam bentuk botol semprot. Bahan ini langsung disemprotkan ke permukaan atau dinding atau bagian isolasi yang diperlukan. Setelah penyemprotan bahan itu mengembang dan membentuk lapisan tebal yang kemudian mengeras. Bahan ini menawarkan isolasi yang sangat baik dan mencegah kebocoran udara.

15 Fiberglass

Fiberglass juga digunakan untuk keperluan isolasi dalam bentuk batts fiberglass. Meskipun mengandung beberapa zat pengikat beracun, karena sifatnya yang super isolasi dengan biaya rendah dapat dianggap sebagai bahan bangunan yang cukup ramah lingkungan.

16 Selulosa

Selulosa adalah produk daur ulang dari limbah kertas dan banyak digunakan di seluruh dunia untuk keperluan isolasi dalam struktur bangunan. Bahan ini bertindak sebagai isolator suara yang baik dan tersedia dengan harga murah di pasar.

17 Gabus

Gabus juga merupakan isolator yang baik. Papan atau panel yang terbuat dari gabus tersedia murah di pasar. Sejumlah besar energi listrik AC dapat dihemat dengan isolasi papan gabus di musim dingin dan juga mengurangi radiasi panas di daerah tropis. Papan gabus ini juga bagus untuk insulasi suara.

18 Polystyrene dan isocyanurate

Lembar busa polystyrene dan isocyanurate adalah jenis lain dari bahan isolasi yang tersedia dalam bentuk papan atau lembaran. Bahan ini umumnya disediakan sebagai isolator di sisi luar struktur, di bawah bangunan dll.

19 Plester Alami

Plesteran dinding dapat dilakukan dengan menggunakan tanah liat alami daripada plester berbasis gipsum lainnya. Plester tanah liat alami dengan pengerjaan yang tepat memberikan tampilan yang indah untuk interior dan eksterior.

20 Cat non-VOC

Cat non-VOC atau cat ramah lingkungan direkomendasikan untuk mengganti cat yang mengandung VOC. Kehadiran Volatile Organic Compounds (VOC) dalam cat bereaksi dengan sinar matahari dan nitrogen oksida yang mengakibatkan pembentukan ozon yang dapat menyebabkan masalah kesehatan yang parah bagi penghuninya. Jika cat non-VOC tidak tersedia maka coba cat dengan kandungan VOC yang sangat rendah di dalamnya.

21 Lantai Serat Alami

Bahan-bahan alami seperti bambu, rotan, wol dan karpet serat kapas, gabus, dll. Dapat digunakan untuk keperluan lantai. Karpet Lantai dari Serat Alami juga bisa dijadikan alternatif.

22 Serat Semen

Papan semen fiber terbuat dari semen, pasir dan serat kayu. Untuk eksterior, papan serat semen adalah pilihan yang baik karena harganya yang murah, daya tahan yang baik dan ketahanan yang baik terhadap api.

23 Batu Alam

Batu adalah bahan bangunan alami dan tahan lama. Beberapa bangunan batu yang dibangun ratusan tahun yang lalu masih ada sekarang tanpa banyak goresan. Batu yang baik terhadap pelapukan dapat digunakan untuk membangun dinding eksterior, tangga, lantai eksterior dll.

Demikianlah 23 Bahan Bangunan ramah lingkungan yang banyak digunakan di berbagai negara di dunia termasuk di Indonesia. Semoga dapat menginspirasi dan menambah wawasan mengenai bahan bangunan ramah lingkungan dan hemat energi.


Referensi :

  • https://theconstructor.org/building/green-building-materials/7028/
  • https://www.arsitur.com/2018/09/material-bangunan-yang-paling-ramah.html




Silahkan tuliskan komentar, Jika ingin berdiskusi lebih lanjut silahkan email ke parsikaproject@gmail.com
EmoticonEmoticon

 

Ketikan dan tekan Enter