Skip to main content

Cara Memainkan Pencahayaan Ruang dengan Lampu Aksen

Penerangan lampu yang tepat dapat mengubah tampilan dan nuansa rumah Anda. Lihatlah tips di mana dan bagaimana menempatkan lampu aksen.

Cara Memainkan Pencahayaan Ruang dengan Lampu Aksen
Cara Memainkan Pencahayaan Ruang dengan Lampu Aksen

01. Sinari pada bagian yang ingin diperlihatkan

Melalui pencahayaan dengan lampu, Anda memiliki kemampuan untuk mengarahkan perhatian pada hal-hal yang Anda ingin orang perhatikan di rumah Anda. Pencahayaan dapat meningkatkan drama visual, menciptakan kesan gelap-terang, luas-sempit, sepi-ramai dan sebagainya. Posisikan dan arahkan lampu menuju ke titik ruang atau objek yang ingin Anda tonjolkan, misalnya lukisan, meja, tempat duduk, dll. Bila perlu, gunakan lampu sorot/LED agar sinar lebih terarah.

02. Coba cahaya latar atau backlighting

COba tempatkan lampu di bawah atau di belakang dinding atau di belakang furniture, ini dapat menciptakan efek melayang pada objek, memberinya kesan glamor dan mewah. Craa yang paling baik adalah dengan meletakan lampu strip LED yang nyalanya tidak terlalu mencolok dan tentunya hemat energi.

03. Dimmer untuk mengontrol intensitas lampu.

Dimmer memudahkan mengontrol pencahayaan pada lampu. Peredup lampu ini memberi pilihan lampu redup atau terang tanpa mengganti lampu. Selain itu, hal ini juga menghemat listrik dan memperpanjang umur bohlam. Dimmer sekarang sudah banyak tersedia di toko lampu termasuk toko online.

04. Jangan lupa tentang lampu portable

Jika Anda tidak ingin mengubah sistem lampu secara permanen di rumah Anda, Anda mungkin ingin mencoba menggunakan lampu portable untuk menerangi ruangan dan menciptakan aksen cahaya yang baru. Ada banyak pilihan lampu dekoratif mulai dari lampu meja, lampu standing, lampu hias dll.

05. Pencahayaan terarah untuk menyorot area tertentu.

Menggunakan pencahayaan untuk menarik perhatian pada titik fokus suatu ruangan dapat benar-benar membuat perbedaan. Gunakan lampu adjustable lamp yang arahnya bisa digeser untuk memberikan fokus pencahayaan pada aktivitas tertentu. Contohnya adalah lampu pada meja vanity.

06. Pasang juga track lighting

Manfaat track lighting adalah Anda memiliki kemampuan untuk mengubah arah cahayanya. Ini adalah instalasi sederhana yang dapat dilakukan seseorang dengan sedikit pengetahuan kelistrikan. Dengan begitu kita dapat mengatur aksen pencahayaan lampu setiap saat dengan menata arah dari masing-masing track lighting.

07. Lampu tersembunyi lebih menarik.

Pencahayaan dengan lampu tersembunyi cocok dengan dekorasi apa pun. Fixture tersembunyi berpadu sempurna di langit-langit atau ceiling, garis lampu strip LED yang tersembunyi bisa menjadi garis elegan yang bersinar di malam hari.

Demikianlah mengenai pencahayaan aksen di ruangan rumah Anda, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan mengenai desain pencahayaan, lampu dan interior. Terima kasih.

Baca Juga :

Salam dari Arsitur : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. ARSITUR berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke arsiturstudio@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar