Skip to main content

Cara Mendekorasi Ruang Makan agar Terlihat Mewah

Ruang makan menjadi hal yang penting dalam sebuah keluarga. Selain sebagai tempat untuk memenuhi kebutuhan akan makanan, ruang makan juga memiliki peran penting dalam mempersatukan sebuah keluarga. Ini karena momen makan bersama merupakan saat dimana semua dapat berkumpul dan saling bercerita.

lampu gantung, ruang makan mewah
Cara Mendekorasi Ruang Makan agar Terlihat Mewah (img: homify.com)


Dalam hal ini, setiap keluarga pasti ingin memiliki ruang makan yang terlihat bagus, mewah dan elegan. Berikut adalah tips untuk menata ruang makan agar terlihat elegan dan mewah.

1. Gunakan Meja Makan Besar

Salah satu cara yang dapat digunakan untuk menambah kesan mewah dan elegan adalah dengan meletakan meja yang besar di ruang makan. Hal ini bertujuan untuk menjadikan meja sebagai focal point selain menambah kapasitas makanan yang bisa diletakan.

meja makan dari kayu utuh
Menggunakan meja makan besar membuat ruangan makan lebih elegan (img: ukirjepara.com)


Meja makan besar bisa juga dibuat dari kayu utuh dengan gaya rustic. Dengan karakter kayu yang solid dan masif menambah kesan mahal pada ruang makan. Meja ini juga sering diletakan di berbagai restoran besar.

2. Lampu di Atas Meja Makan

Hal yang membuat meja makan terlihat lebih elegan dan mewah adalah adanya lampu di atas meja makan. Lampu tersebut selain bisa menerangi makanan, juga menjadi dekorasi pencahayaan yang baik.

lampu gantung, ruang makan mewah
Penggunaan lampu di atas meja makan menambah kesan mewah (img: homify.com)


Pilihannya adalah menggunakan lampu yang berdiri di atas meja makan seperti lampu lilin atau menggunakan lampu yang digantung dari langit-langit.

3. Desain Langit-langit

Salah satu ciri ruang makan terdesain dengan elegan dan mewah adalah adanya kesinambungan antara posisi meja makan dengan desain langit-langit ruang makan.

plafon dekoratif ruang makan
Plafon dan meja yang saling terhubung, membuat ruang makan makin wah (img: edesainminimalis.com)

Dalam beberapa style desain, meja makan diletakan di tengah-tengah dari focal point dari desain langit-langit menjadikannya terlihat lebih spesial dan mewah. 

4. Kombinasi Warna Gelap, Putih dan Warna Aksen

Salah satu unsur penting yang menjadikan sebuah ruangan terlihat memiliki desain elegan dan mewah dalah pemilihan warna. Tampilan mewah biasanya tidak ramai warna. Terdapat kombinasi warna gelap, putih dan warna aksen.

efek warna hitam putih
Warna Hitam dan Putih memberikan efek mewah pada ruang makan dan menonjolkan warna aksen (img: marceladick.com)


Warna putih bisa menjadi warna dasarnya, kemudian warna gelap sebagai shading dan warna aksen berupa warna dalam RGB yang menjadi identitas ruangan.


5. Pilihan Material yang Tepat

Memilih material juga merupakan kunci untuk mendapatkan kesan mewah dalam sebuah ruang makan. Tidak selalu harus material yang mahal, tetapi lebih kepada bagaimana cara menempatkan material tersebut dalam desain sehingga menambah nilai material dalam ruangan.

material batu di ruang makan
Pemilihan material menciptakan suasana unik di ruang makan (img: bestartisticinteriors.com)

6. Pilih Style/Langgam Arsitektur yang Sesuai

Terakhir, tentukan arah style/langgam desain yang ingin dipakai di ruang makan. Apakah itu modern, klasik, tradisional atau kontemporer. Masing-masing memiliki cara tersendiri untuk menerapkannya.

Baca Juga : Inspirasi Berbagai Style Ruang Makan yang Mewah dan Elegan

Demikianlah mengenai cara mendekorasi ruang makan agar terlihat mewah. Semoga bermanfaat.
Salam dari Arsitur : Terima kasih sudah berkunjung ke ARSITUR. Kami berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update. Kami juga melayani JASA GAMBAR DAN DESAIN MURAH BERKUALITAS. Bantu kami mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini kepada teman-teman lainnya. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke arsiturstudio@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar