Perbedaan Ukuran Rumah Type 21 36 45 Dan 60
Perbedaan Ukuran Rumah Type 21 36 45 Dan 60

Tipe rumah yang beredar di Indonesia umumnya diberi nama sesuai dengan luasan bangunannya atau perbandingan luasan bangunan dengan luas tanah. Rumah kavling yang dijual oleh pengembang biasanya diberi nama dengan rumah type 21, 36, 45 dan 60. Untuk orang yang pernah membeli rumah terutama rumah yang berlokasi di perumahan pastinya sudah tidak asing dengan istilah tersebut. Artikel kali ini akan membahas secara lebih rinci mengenai perbedaan antara rumah type 21, type 36, type 45 dan type 60.

Rumah type 21

Rumah type 21
Rumah type 21

Rumah type 21 merupakan rumah yang berukuran  21 M2 dengan ukuran biasanya 7 x 3 m. Rumah type 21 dapat menampung 1 kamar tidur, 1 ruang tamu atau ruang keluarga dan 1 kamar mandi. Sementara untuk dapur tidak tersedia namun digantikan dengan pantry atau kitchen set kecil. Rumah type ini biasanya dibangun pada lahan kurang dari 1 Are. Ukuran lahan biasanya berkisar  6 x 8 m.

Rumah type 21 cocok ditinggali untuk mereka yang hidup sendiri atau pasangan muda yang belum memiliki anak. Karena ukuran yang sangat kecil maka Rumah ini sangat gampang dirawat. Namun karena keterbatasan lahan dan tuntutan akan ruang yang lebih banyak maka rumah type 21 saat ini sudah jarang ditemui.

Diantara tipe lainnya, rumah tipe 21 merupakan rumah dengan harga yang paling murah. Bangunannya biasanya dibuat dengan gaya minimalis yang sederhana namun tetap terlihat elegan. Jika sahabat tertarik dengan rumah tipe 21, silahkan sahabat kunjungi artikel yang ada di bawah ini.

Baca Juga : Rumah Type 21 : Pengertian, Denah, Harga

Rumah type 36

Rumah type 36
Rumah type 36

Rumah type 36 artinya adalah rumah yang memiliki luas bangunan 36 M2 dengan layout berukuran 6 x 6 m. Ukuran rumah type 36 juga dapat dibangun pada lahan yang memiliki luas kurang dari 1 are. Biasanya rumah type 36 di bangun di atas lahan berukuran 6 x 10 m atau 8 x 9 m. Sehingga untuk menyebutkan type rumah ini biasanya adalah 36 per 60 atau 36 per 72.

Rumah type 36 mempunyai dua kamar tidur satu ruang tamu yang sekaligus dipakai untuk ruang keluarga 1 dapur dan satu kamar mandi. Ukuran umah type 36 merupakan rumah favorit untuk ditinggali oleh pasangan muda yang baru memiliki 1 hingga 2 orang anak. Rumah type 36 termasuk rumah yang kecil dan kompak sehingga mudah dirawat.

Ukuran rumah type 36 adalah ukuran yang paling minimal bagi sahabat yang ingin membeli rumah untuk jangka panjang. Semua fasilitas yang dibutuhkan di rumah sudah bisa ditampung di rumah kecil yang sederhana. Dengan harga yang murah dan mudah dijangkau bagi banyak kalangan, maka rumah type 36 ini termasuk banyak diburu kaum muda.

Baca Juga : Rumah Type 36 : Pengertian, Denah, Harga

Rumah type 45

Rumah type 45
Rumah type 45

Rumah type 45 adalah rumah yang memiliki luas bangunan 45 M2 dengan layout umumnya berukuran 7,5 x 6 m. Rumah type 45 masih bisa dibangun di atas lahan 1 are. Misalnya luas lahan adalah 96 M2 maka diberi nama rumah type 45/96. Dengan luas 45 M2 lebih banyak kombinasi ruang dapat dilakukan.

Rumah type 45 bisa menampung 3 kamar tidur 1 kamar mandi dan 1 ruang tamu yang digabung dengan ruang keluarga serta satu dapur. Rumah type 45 cocok ditinggali oleh keluarga inti dengan 2 hingga 4 orang anak. Rumah type 45 masih cukup kecil namun secara denah ruangan sudah cukup padat.

Untuk membangun rumah type 45 perlu lahan kavling sedikitnya 1 are, usahakan lahan memiliki akses untuk mobil karena rumah ini sudah bisa memuat satu garasi. Jika sahabat tertarik dengan rumah type 45, silahkan kunjungi artikel di bawah ini.

Baca Juga : Rumah Type 45 : Pengertian, Denah, Harga

Rumah type 60

Rumah type 60
Rumah type 60

Rumah type 60 merupakan rumah dengan luas bangunan 60 M2. Rumah type 60 biasanya merupakan type yang paling luas untuk ukuran tanah kavling dengan luasan 1 are. Dengan luasan 60 M2 semakin banyak kombinasi ruang yang dapat dilakukan. Rumah type 60 dapat menampung 3 kamar tidur 2 kamar mandi 1 ruang tamu 1 ruang keluarga 1 garasi mobil termasuk teras rumah.

Rumah type 60 cocok untuk keluarga inti dengan 2 sampai 4 orang anak yang memiliki aktivitas yang lebih banyak. Rumah type 60 secara denah ruangan sudah terlihat padat. Namun biaya pembangunannya masih cukup terjangkau.

Jika memungkinkan, pilihlah rumah type 60 untuk keluarga, karena rumah ini sudah cukup ideal dan memenuhi standar hidup yang baik. Fasilitas yang ditapung sudah lengkap termasuk menyediakan garasi mobil dan ruang makan. Untuk sahabat yang tertarik dengan jenis rumah type 60 silahkan kunjungi artikel berikut.

Baca Juga : Rumah Type 60 : Pengertian, Denah, Harga

Demikianlah type-type rumah yang biasanya dijual di Indonesia. Semoga anda tidak Bingung lagi dengan type rumah yang ditawarkan oleh developer. Pilihlah type rumah sesuai dengan kebutuhan anda akan tempat tinggal yang nyaman.