Manfaat Taman Vertikal bagi Rumah Anda - Arsitur Media Desain

Manfaat Taman Vertikal bagi Rumah Anda

- 10/01/2018


Taman vertikal atau vertical garden sepertinya menjadi tren yang sangat populer belakangan ini. Kaum Urban sudah mulai sadar akan kebutuhan mereka terhadap suasana hijau. Aktivitas di kota yang padat cenderung membuat kita jenuh. Mengikuti sifat alami manusia pasti ingin melihat alam yang indah hijau dan asri.

Itulah yang membuat wisata ke alam menjadi populer bagi masyarakat perkotaan. Namun yang tidak sempat pergi keluar bisa mengambil solusi dengan menghadirkan nuansa hijau tersebut di rumah sendiri.

Cara yang paling simpel adalah dengan membuat taman hijau di halaman rumah. Namun seperti yang kita tahu rumah di perkotaan sangat sempit dan akan sangat mahal untuk membeli lahan besar dengan taman.

Manfaat Taman Vertikal bagi Rumah Anda
Manfaat Taman Vertikal bagi Rumah Anda


Taman vertikal menjadi solusi yang baik untuk menghadirkan suasana hijau di rumah. Taman vertikal adalah tanaman-tanaman yang disusun sedemikian rupa secara vertikal untuk mengurangi penggunaan lahan. Taman vertikal sangat cocok diterapkan untuk rumah yang memiliki lahan kecil.

Taman vertikal bisa dibuat  dengan penyangga sendiri  atau menempel pada dinding  bangunan. Taman vertikal bisa dibuat menempel di pagar rumah. Taman vertikal ini juga bisa dibuat di atas atap beton.

Manfaat Taman Vertikal bagi Rumah Anda

Taman vertikal memiliki beragam manfaat mulai dari penghijauan menghasilkan buah dan sayur untuk dimakan hingga untuk elemen dekorasi. Berikut ini akan dijelaskan beragam manfaat dari taman vertikal.

Penghijauan

Manfaat dari taman vertikal yang paling utama adalah menghadirkan penghijauan di rumah anda. Bila rumah Anda berada di lahan yang kecil dan terlalu sempit untuk menyediakan Taman konvensional maka Taman vertikal jawabannya.

Sebagai pelindung panas matahari

Taman vertikal dapat dibuat setinggi mungkin dan di gunakan sebagai pelindung sinar matahari yang berlebihan. Dengan demikian rumah anda akan tetap sejuk di siang hari.

Menyaring intensitas sinar matahari

Tidak hanya melindungi dari terik dan panas matahari, tetapi Taman vertikal dapat mengisolasi sinar matahari yang masuk ke dalam ruangan. Jika Taman vertikal ditata agak renggang maka sinar matahari akan disaring. Dengan begitu ruangan akan tetap sejuk dan juga terang di siang hari.

Penghasil buah dan sayur

Taman vertikal tidak hanya berfungsi sebagai hiasan. Taman vertikal juga dapat ditanami buah dan sayur yang dapat dipanen sewaktu-waktu. Dengan begitu anda akan mendapatkan manfaat double tari kehadiran Taman vertikal di rumah anda. Karena ditanam sendiri buah dan sayur tersebut juga pastinya tidak mengandung bahan kimia yang berbahaya bagi kesehatan.

Sebagai elemen estetika

Melihat beton di kawasan Urban mungkin sudah biasa bahkan sangat menjemukan bagi sebagian orang. Kehadiran tanaman hijau dapat menjadi elemen ruang dengan nilai estetika yang tinggi. Taman vertikal dapat ditekan sedemikian rupa agar enak dipandang. Tak jarang yang menerapkan Taman vertikal sebagai view utama untuk berbagai ruang di dalam rumah.

Meningkatkan kesehatan

Taman vertikal tentunya diisi dengan tanaman asli yang mampu berfotosintesis. Dengan demikian tanaman tersebut akan membantu menyaring Udara kotor dalam ruangan dan menggantinya dengan udara segar sebagaimana sifat alami pohon. Dengan udara yang segar tentunya kesehatan penghuni rumah juga akan meningkat.

Demikianlah segudang manfaat dari pemasangan Taman vertikal di rumah. Saya sangat merekomendasikan Taman vertikal untuk rumah-rumah yang berada di lahan sempit. Namun semuanya kembali kepada penghuni rumah. Harus ada kemauan untuk membuat dan merawat taman vertikal di rumah.



Silahkan tuliskan komentar, Jika ingin berdiskusi lebih lanjut silahkan email ke parsikaproject@gmail.com
EmoticonEmoticon

 

Ketikan dan tekan Enter