Skip to main content

Tips Memelihara Taman Vertikal di Rumah

Bila di rumah kampung kita memiliki banyak ruang untuk menanam tanaman maka tidak begitu halnya dengan di rumah urban. Taman vertikal merupakan salah satu solusi untuk berkebun di rumah urban yang padat dan sempit.

Taman vertikal dapat dibuat dengan sistem kantung ataupun menempel di tembok. Taman vertikal juga bisa menggunakan media tanah maupun media air atau hidroponik. Semuanya tergantung kepada kebutuhan Anda.

Tips Memelihara Taman Vertikal di Rumah

Vertikal Garden dengan sistem hidroponik
Vertikal Garden dengan sistem hidroponik

Taman vertikal  memang butuh perawatan yang tinggi Agar tanaman tetap hidup dan produktif. Ternyata masih banyak yang mengenalkan tentang perawatan Taman vertikal ini. Berikut saya sajikan tips merawat taman vertikal yang mudah dan menyenangkan.

Baca juga : Manfaat Taman Vertikal bagi Rumah Anda

Ketahui apa yang Anda tanam

Tips perawatan berikutnya adalah dengan mengetahui Tanaman apa yang Anda tanam pada taman vertikal anda. Jenis tanaman bunga biasanya tidak terlalu membutuhkan perawatan yang intensif. Bila anda menanam jenis sayur dan buah yang akan dimakan maka perlu dijaga kebersihannya. Jangan biarkan serangga menggerogoti daun tanaman. Beberapa tanaman tertentu membutuhkan perlakuan khusus. Jadi ketahuilah jenis tanaman yang anda tanam pada taman vertikal.

Sistem taman vertikal

Tips perawatan pertama dan yang paling penting anda harus mengetahui sistem Taman vertikal yang Anda gunakan. Bila menggunakan media tanah maka pastikan penyiraman nya cukup sering dilakukan agar tanaman tidak kering. Bila menggunakan media hidroponik maka harus diperhatikan aliran airnya dan kadar nutrisi yang terkandung dalam media air.

Pemberian nutrisi secara berkala

Agar sebuah taman vertikal bisa hidup terus maka harus dikontrol pemberian nutrisinya. Sebisa mungkin gunakan pupuk alami dan hindari penggunaan pestisida atau insektisida. Apalagi jika tanaman tersebut adalah sayuran yang akan kita makan sendiri. Tentunya kita menginginkan bahan alami yang masuk ke tubuh kita.

Baca juga : 10 Elemen dan Cara Membuat Zen Garden ala Jepang

Penataan dan kebersihan tanaman

Taman vertikal selain berfungsi untuk menanam tanaman penting seperti sayur dan buah juga berfungsi sebagai elemen dekorasi ruangan. Taman vertikal bisa menjadi elemen dekorasi yang bernilai seni tinggi. Karena itu dalam membuat dan merawat Taman vertikal harus dijaga kebersihannya. Daun daun kering yang sudah menghitam bisa dicopot dari tanaman agar tidak mengotori Taman vertikal anda.

Demikianlah cara merawat taman vertikal agar tetap hidup dan memberikan kesan alami ada rumah anda. Terima kasih sudah berkunjung.
Salam dari Arsitur : Terima kasih sudah berkunjung ke ARSITUR. Kami berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update. Kami juga melayani JASA GAMBAR DAN DESAIN MURAH BERKUALITAS. Bantu kami mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini kepada teman-teman lainnya. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke arsiturstudio@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar