Skip to main content

10 Elemen dan Cara Membuat Zen Garden ala Jepang

Zen sebenarnya adalah singkatan untuk "Buddhisme Zen", tetapi juga menjadi kata kunci untuk menggambarkan segala sesuatu yang menenangkan dan memusatkan. Ada beberapa kebenaran historis dalam hal ini tentang ajaran agama Buddha dan Zen.

Ajaran Siddhartha Gautama, Sang Buddha, menyerukan meditasi yang tenang dan damai yang dapat mengarah pada pemahaman intuitif. Taman batu Jepang, juga dikenal sebagai taman Zen atau Japanese Zen Garden ini telah menjadi populer di dunia tidak peduli apa agama Anda.

10 Elemen dan Cara Membuat Zen Garden ala Jepang
10 Elemen dan Cara Membuat Zen Garden ala Jepang


Di dunia yang sibuk ini, semua orang ingin menambahkan sedikit konsep keheningan seperti Zen ke dalam hidup mereka. Kebun-kebun yang dipengaruhi oleh konsep Zen Jepang adalah cara yang bagus untuk mengubah halaman belakang Anda menjadi sesuatu yang menenangkan.

Dari pasir hingga lumut dan batu, Arsitur akan memandu Anda kepada taman Zen ini. 10 tips berikut ini akan menginspirasi Anda untuk bersantai, berefleksi, dan menjadi "Zen" tepat di halaman belakang rumah Anda sendiri.

01 Pencahayaan

Pencahayaan sangat penting ketika mengatur suasana di mana saja, tetapi terutama di taman bergaya Zen. Anda mungkin harus berbelanja online untuk menemukan apa yang Anda butuhkan, tetapi hari ini sudah banyak yang menyediakan aneka peralatan khusus untuk membuat taman Zen Jepang. Banyak dari lampu ini menggunakan lampu minyak untuk menghemat listrik.

Lampu minyak atau lampu bertenaga surya, bagus untuk area di sekitar area tempat duduk dan jalur pejalan kaki Anda. Menggantungkan lentera pada tiang atau cabang pohon akan menjadi elemen yang bagus. Untuk pencahayaan di meja yang lebih intim, tidak ada yang lebih menenangkan dari lilin. Cobalah lentera lilin di meja atau pengaturan lilin yang terinspirasi dari Zen Garden untuk suasana dan ketenangan yang maksimum.

02 Pasir

Dalam karesansui otentik, atau taman Zen, pasir memainkan peran penting. Agar tradisi ini tetap hidup di taman yang terinspirasi Zen Garden, sisihkan area taman untuk menaruh pasir. Ini bisa sebesar atau sekecil yang Anda suka. Bahkan Anda dapat membeli atau membangun taman pasir kecil di atas meja sebagai pusat perhatian yang menarik dan menenangkan.

Taman pasir dapat berisi bebatuan sungai, kerikil dan bahkan rumput, tetapi pasir biasanya tidak memiliki tanaman. Untuk alasan ini, Zen Garden dikenal sebagai taman kering. Setelah Anda memiliki kotak penuh pasir Anda akan membutuhkan waktu lebih untuk menyapu, sebuah hal yang harus diperhatikan dari taman pasir. Garu-garu adalah hiasan sederhana dan terbuat dari kayu, setiap cabang dibuat dari paku kayu kecil yang berjarak beberapa senti.

Ada beberapa makna nyata di balik cara Anda menempatkan batu, tetapi jika kita hanya ingin menambah pengaruh Jepang, mengatur pasir dan kerikil akan menyenangkan secara estetika. Setelah Anda memiliki batu dan pasir di tempatnya, dengan sapu di tangan, tarik dengan lembut sebuah garis lurus, gelombang dan lingkaran pada permukaan pasir Anda dan akan terasa hasilnya. Gunakan waktu ini untuk refleksi yang tenang.

03 Batu

Batuan adalah elemen penting untuk taman yang terinspirasi oleh konsep Zen Garden Jepang. Batuan dan kerikil sungai adalah jenis batu yang paling umum digunakan. Batuan sungai kecil dapat diletakan di bawah kaki sebagai jalur pedestrian.

Batuan yang lebih besar dapat diatur dan ditumpuk di mana saja di kebun Anda. Seperti semua aspek taman Zen Jepang, prinsip minimalis juga penting. Jadi jangan berlebihan dengan pengaturan batu, susunannya harus jarang dan menarik. Tempat tidur yang ditinggikan dengan beberapa batu dan tanaman yang ditempatkan dengan baik dapat menjadi focal point taman yang luar biasa.

10 Elemen dan Cara Membuat Zen Garden ala Jepang
10 Elemen dan Cara Membuat Zen Garden ala Jepang


Jika Anda memiliki taman pasir, kerikil bisa diibaratkan untuk mewakili lautan, dan bebatuan sungai melambangkan pulau-pulau Jepang. Mereka juga bisa mewakili induk harimau dan anaknya. Saat menempatkan batu, cobalah untuk tetap dengan tradisi Zen Jepang dan menghadapinya langsung ke utara dan selatan.

04 Elemen Air

Jika Anda berpikir bahwa taman Zen adalah yang terbaik untuk relaksasi, jika tidak memiliki fitur air, tentunya belum dikatakan selesai. Anda memiliki beberapa opsi untuk meletakan water feature di sini, mulai dari air mancur portable yang dapat Anda beli di toko atau online, hingga air terjun berukuran penuh atau kolam koi. Memasukkan air terjun ke dalam kolam adalah cara tradisional lain untuk mendapatkan kesan yang terbaik dari taman Zen.

Ada banyak jenis kolam DIY yang tersedia online dan di toko taman di Indonesia. Akan membutuhkan banyak penggalian, pemasangan lapisan karet dan pompa untuk membuat semuanya berfungsi. Tepi lapisan karet kemudian dapat ditutup dengan tanaman dan batu. Membangun atau membeli fitur air adalah investasi yang layak jika Anda mencari ketenangan maksimal.

05 Lumut (Moss)

Lumut adalah tanaman umum yang ditemukan di taman bergaya Zen Jepang. Tanaman ini dapat dimasukkan dalam wadah kecil untuk sisi taman atau pada meja kopi, atau digunakan dalam jumlah yang lebih besar untuk efek hijau yang mencolok.

Untuk penanam yang sehat dan terlihat hijau tua, gunakan lumut pakis, lumut batu, atau lumut bantal. Anda juga dapat menggabungkan elemen-elemen lain dari taman bergaya Zen bersama lumut. Gunakan pasir dan batu sungai dengan lumut di atasnya.

Coba tambahkan satu atau dua pakis ke lapisan lumut dan kerikil yang terangkat. Biarkan pengaturan lumut yang jarang dan minimal untuk mencapai tampilan yang Anda inginkan dalam taman Zen Jepang Anda. Lumut juga baik digunakan sebagai penghalang untuk jalan atau pada fitur air.

Lumut memerlukan pemeliharaan rendah setelah tumuh dan terbentuk, dan semua yang dibutuhkan bagi lumut untuk mengakar adalah area yang dibersihkan dari batu dan puing-puing. Setelah tumbuh kuat, lumut akan benar-benar tumbuh dengan baik di atas batu. Naungan dan kelembapan membuat lingkungan ideal bagi lumut untuk tumbuh subur.

06 Tempat Duduk

Tempat duduk di taman Zen Jepang tradisional biasanya terdiri dari bangku kayu yang indah dengan buatan tangan. Seperti kebanyakan hal di Jepang, ada beberapa makna di balik desain.

Kursi belakang dapat diukir dengan rumit untuk mewakili hal-hal seperti matahari atau bulan di atas lanskap. Bangku taman bergaya Zen dapat memiliki punggung atau tanpa punggung dan dapat dibuat dari berbagai kayu dari bingkirai hingga jati atau dengan bambu.

Anda juga dapat membeli bangku batu yang berat jika Anda tidak keberatan menghabiskan lebih banyak uang. Kursi tunggal adalah pilihan, atau bangku besar yang dapat menampung hingga empat orang.

Untuk area berkumpul utama, Anda bisa memasukkan beberapa bantal untuk menambah kenyamanan. Coba tambahkan bangku dua kursi tanpa punggung di sepanjang jalur atau di samping taman pasir atau fitur air sehingga taman terlihat semakin ramah.

07 Tanaman

Tanaman adalah bagian penting dari semua taman apa pun. Memilih tanaman bergaya Zen bisa sangat membantu dalam menciptakan tampilan Zen yang Anda inginkan. Selain dari dasar-dasarnya, seperti lumut dan pakis, ada banyak tanaman yang akan membuat Zen taman Anda dalam waktu singkat.

Pohon maple tradisional Jepang adalah pilihan yang sangat baik untuk halaman Anda. Itu cor pola rendah, lebar dengan daun ungu. Irisan air, bambu, peony pohon, dan pohon aprikot Jepang juga merupakan tambahan yang baik untuk campuran ini. Ketika datang ke area meja Anda, tidak ada yang mengalahkan pohon bonsai untuk membantu membangun pengaturan yang terinspirasi Zen.

08 Patung dan Gambar

Patung dan patung yang terinspirasi Zen dapat menambahkan sentuhan akhir yang bagus untuk taman bergaya Jepang Anda. Tinggalkan barang-barang ini untuk yang terakhir, setelah Anda memiliki elemen yang lebih sulit untuk dipasang di tempat seperti fitur air Anda, ruang tamu dan tempat tidur terangkat. Jangan berlebihan dengan Buddha dan gong keramik.

10 Elemen dan Cara Membuat Zen Garden ala Jepang
10 Elemen dan Cara Membuat Zen Garden ala Jepang


Kuncinya adalah menambahkan beberapa tambahan yang ditempatkan dengan baik dan enak. Patung dan patung-patung gaya Zen sering dibuat dari batu, tetapi juga bisa berupa ukiran kayu atau terra cotta. Jade sedikit lebih mahal tapi jelas menambah pengaruh Asia. Patung tradisional terdiri dari tentara, kuda, gajah dan, ya, Buddha sendiri. Batuan cair adalah pilihan lain. Sebuah piramida hanyalah tumpukan batu buatan manusia. Anda bisa membuatnya sendiri dengan menumpuk batu kali datar, atau membeli yang sudah ditumpuk sebelumnya dan meletakkannya di tempatnya.

09 Musik

Musik adalah bagian terakhir dari teka-teki dalam menciptakan taman Anda yang terinspirasi Zen. Daring atau kunjungi toko musik lokal Anda dan Anda akan memiliki banyak opsi untuk dipilih. Musik tradisional Jepang untuk mengilhami meditasi dan relaksasi umumnya terdiri dari alat musik gesek seperti biola atau kayu lembut. Kemungkinannya, beberapa judul lagu yang Anda miliki mungkin termasuk kata-kata seperti "matahari terbenam atau matahari terbit," "angin sepoi-sepoi" atau "ketenangan."

Ini untuk alasan yang bagus - musik ini pasti menenangkan saraf. Beberapa bahkan datang dengan suara alam yang diputar di latar belakang. Sebuah obo dan biola bermain di atas arus yang mengalir, harpa yang dipetik mengalir di atas suara angin dan burung. Jika semua ini adalah usia yang terlalu baru untuk selera Anda, Anda mungkin ingin memilih angin berpadu bagus untuk memberikan suara menenangkan yang Anda inginkan.

10 Feng Shui

Tidak ada yang lebih penting bagi taman bergaya Zen Anda daripada feng shui - seni penempatan Tiongkok kuno, yang diterjemahkan sebagai "angin dan air." Meskipun ini bukan asal Jepang atau Budha, itu masih bisa membantu Anda dalam pencarian Anda untuk kedamaian taman bagian dalam. Dengan bekerja dengan tata ruang taman Anda, Anda dapat mendorong aliran chi yang baik, kekuatan energi, yang dapat menyebabkan perubahan positif dalam hubungan, kesehatan, dan kekayaan Anda. Gunakan tata letak alami lanskap Anda untuk mengarahkan Anda ke arah yang benar.

Jangan pernah membuat jalan lurus ke dan dari rumah Anda. Jika Anda membiarkannya melengkung dan berliku-liku, energi bergerak lebih lambat dan damai. Ruang hidup harus didukung oleh semak atau bambu untuk memberikan privasi. Ciptakan keseimbangan dengan memadukan warna dan ukuran furnitur dan elemen taman Anda. Gunakan pencahayaan aksen Anda untuk menambahkan cipratan terang di bagian paling gelap taman Anda. Dan akhirnya, hindari kekacauan. Bayangkan ruang yang bersih dan terbuka yang memungkinkan angin dan sinar matahari mengalir

Referensi :

  • "Definition of Feng Shui." earthspirits.net, 2009.http://www.earthspirits.net/feng-shui.htm
  • England, Angela. "Japanese Zen Garden Plants." suite101.com, February 18, 2008.http://plantsbulbs.suite101.com/article.cfm/japanese_zen_garden_plants
  • "Feng Shui Garden." earthspirits.net, 2009.http://www.earthspirits.net/feng-shui-garden.htm
  • "Frequently Asked Questions from alt.zen." ibiblio.org, 2009. http://www.ibiblio.org/zen/faq.html
  • "Garden Lights." zengardenbanzai.com, 2009. http://www.zengardenbonsai.com/garden_lights
  • "Inspirational Gifts: Zen figurines & statues." azengift.com, 2009. https://www.azengift.com/index.php?cPath=52_56_67
  • "Japanese Influence Furniture." japangarden.co.uk, 2009. http://www.japangarden.co.uk/Buy-Japanese-Styled-Edo-Outdoor-Furniture-c-293.html
  • "Zen Sand Garden - Japanese Rock Garden - Karesansui." zensandgarden,com, 2009.http://zensandgarden.com/
  • "Zen Water Fountains - Asian-influenced Water Features to Bring Tranquility to Your Home or Office." kinecticfountains.com, 2009. http://www.kineticfountains.com/home/zen-water-fountains-asian-influenced-water-features-to-bring-tranquility-to-your-home-or-office
Salam dari Arsitur : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. ARSITUR berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke arsiturstudio@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar