Skip to main content

Langkah Mudah Menanam Rumput Sendiri di Taman

Rumput adalah elemen penting yang ada pada taman sebagai penghijau ruang kosong yang masih bisa dilewati manusia. Rumput selain berfungsi sebagai sistem drainase saat hujan, juga untuk memberikan tampilan yang menarik dan segar di taman Anda. Salah satu indikasi taman yang baik adalah rumputnya yang sehat, hijau dan menutupi area taman.

Langkah Mudah Menanam Rumput Sendiri di Taman
Langkah Mudah Menanam Rumput Sendiri di Taman

Menanam rumput biasanya dilakukan secara profesional oleh spesialis rumput, namun kita juga bisa menanamnya sendiri di taman. Bagaimana cara menanam rumput yang benar ? Artikel ini bisa akan memandu Anda dan menjelaskan tips dan langkah-langkah mudah menanam rumput sendiri di taman Anda :

01. Tentukan jenis rumput yang tepat untuk kondisi taman

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan jenis rumput yang sesuai dengan kondisi taman, dan cocok dengan iklim di daerah Anda. Kita tidak bisa memilih rumput yang tumbuh di kutub utara untuk di tanam di lokasi tropis, sehingga mengenali jenis-jenis rumput adalah hal pertama yang harus dilakukan.

Sebagai saran, kita bisa memilih beberapa jenis rumput yang sangat populer untuk di taman di taman seperti rumput jepang dan rumput mutiara. Kedua jenis rumput ini bisa ditemukan dengan mudah di toko tanaman dan harganya relatif murah. Selain itu, perawatannya juga cukup mudah dan tumbuh kuat.

02. Bersihkan permukaan taman dari batu, kerikil dan bekas akar tanaman lain

Seletah memilih jenis rumput, langkah selanjutnya adalah menyiapkan lahan tempat rumput tersebut akan di tanam. Jika Anda menginginkan permukaan taman yang hijau, datar dan subur, maka bersihkan batu, kerikil dan benda lain yang ada di area taman.

Batu-batu ukuran sedang atau krikil yang tertanam di taman dapat mengganggu pertumbuhan rumput dan membuat area tidak rata. Selain itu, bersihkan pula akar-akar dan tanaman lain agar permukaan tersebut hanya ditumbuhi rumput yang Anda inginkan, pastikan hanya tersisa tanah kosong saja.

03. Bentuk level tanah, drainase dan kemiringannya

rumput tanpa drainase
rumput tanpa drainase

Setelah tanah bersih dari benda-benda lain yang mengganggu rumput, langkah selanjutnya adalah membuat level tanah, seberapa tinggi level taman yang akan dibuat, level ini bisa diukur dari titik lantai bangunan atau area pejalan kaki yang ada di sampingnya.

Cukup penting untuk membuat kemiringan lahan sehingga saaj diguyur hujan, air tidak menggenang dan menyebabkan rumput tenggelam. Hal seperti ini akan membuat pemandangan tidak bagus dan mungkin dapat merusak rumput itu sendiri. Kemiringan minimal agar air hujan bisa mengalir adalah 4%, artinya 4 cm untuk 1 meter panjang. Area di tengah harus menjadi yang paling tinggi, sementara di pinggir adalah area yang paling rendah. Bentuk kemiringan yang ideal adalah kerucut atau limas.

04. Gemburkan permukaan tanah, tambahkan lapisan tanah subur

Agar tanah semakin siap untuk ditanami rumput, usahakan permukaannya tidak padat dan keras, gemburkan tanah sehingga bibit rumput lebih mudah membentuk akar. Jika kondisi tanah dirasa kurang baik, Anda dapat menambahkan lapisan tanah subur atau pupuk alami yang dibeberkan di permukaannya untuk membantu mempercepat pertumuhan rumput.

05. Basahi permukaan tanah sebelum menaburkan bibit rumput

Sebelum menanam pastikan permukaan taman dibasahi terlebih dahulu agar mempermudah akar bibit rumput menyesuaikan dengan kondisi tanah yang baru. Hal ini juga penting untuk menyiapkan kadar air sehingga rumput tidak layu saat ditanam.

06. Tanam bibit rumput secara merata

Bibit rumput bisa ditanam, lakukan secara merata. Kita mungkin tidak bisa menanam rumput untuk menutupi permukaan taman sekaligus, namun kita bisa membuat titik-titik grid dengan jarak yang sama misalnya 20 cm atau 30 cm. Biasanya rumput akan tumbuh bertahap hingga mereka mampu menutupi seluruh permukaan taman dengan sempurna.

07. Lakukan Perawatan Rumput secara Berkala

siram rumput pagi dan sore
siram rumput pagi dan sore

Setelah ditanam, pastikan rumput rajin disiram setiap hari dan diberi pupuk tambahan. Lakukan penyiraman di pagi dan sore agar rumput tumbuh dengan cepat. Apabila ada titik rumput yang tumbuhnya kurang baik, segera lakukan penanaman ulang.

Setelah tumbuh subur dan merata, rumput juga harus mendapat perawatan. Rumput yang terlalu tinggi hendaknya dipotong setiap beberapa bulan sekali. Biasanya rumput menjadi rusak karena sering terinjak atau diganggu oleh tanaman lainnya seperti rumput liar. Rumput liar ini bisa kita cabut untuk menjaga agar taman tetap terlihat indah.

Demikian mengenai Langkah Mudah Menanam Rumput Sendiri di Taman. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan. Terima kasih.
Salam dari Arsitur : Terima kasih sudah berkunjung ke ARSITUR. Kami berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update. Kami juga melayani JASA GAMBAR DAN DESAIN MURAH BERKUALITAS. Bantu kami mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini kepada teman-teman lainnya. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke arsiturstudio@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar