Skip to main content

Pengertian Restoran Menurut Para Ahli

Definisi restoran adalah tempat bisnis yang menyiapkan dan menyajikan makanan maupun minuman kepada pelanggan dengan imbalan uang. Makanan umumnya disajikan dan dimakan di tempat, tetapi banyak restoran yang juga menawarkan layanan antar makanan dan pengiriman makanan.

Restoran sangat bervariasi dalam penampilan dan penawaran layanannya, termasuk berbagai macam masakan dan model layanan mulai dari jenis restoran cepat saji dan kafetaria, hingga restoran keluarga dengan harga menengah, dan perusahaan mewah dengan harga tinggi.

Pengertian Restoran Menurut Para Ahli

Di negara-negara Barat, sebagian besar restoran kelas menengah ke atas menyajikan minuman beralkohol seperti bir dan anggur. Beberapa restoran menyajikan semua jenis makanan utama, seperti sarapan, makan siang, dan makan malam (misalnya restoran makanan cepat saji pada restoran hotel, dan restoran bandara).

Restoran lainnya juga mungkin hanya menyajikan satu kali makan (misalnya, rumah pancake hanya melayani sarapan) atau mereka dapat menyajikan dua kali makan (misalnya, menu makan siang dan makan malam).

Metis Bali - Fast Dinning
Suasana Restoran Mewah

Berikut merupakan beberapa pengertian restoran menurut para ahli :
  1. Menurut Powers (2003), Restoran adalah setiap tempat umum yang khusus menjual makanan untuk dikonsumsi di suatu tempat.
  2. Walker (2004), Restoran adalah salah satu tempat dimana pengunjung dapat menggunakan alat indra untuk menikmati pelayanan tertentu.
  3. Ninemeier dan Hayes (2006), Restoran adalah suatu operasi layanan makanan yang mendatangkan keuntungan yang mana basis utamanya termasuk di dalamnya adalah penjualan makanan / minuman kepada individu - individu dan tamu – tamu dalam kelompok kecil.
  4. Soekresno (2001), Restoran adalah suatu usaha komersial yang menyediakan jasa pelayanan makan dan minum bagi umum dan dikelola secara profesional.
Dari definisi – definisi menurut para ahli diatas, dapat disimpulkan Restoran adalah tempat untuk menjual makanan dan minuman yang mengutamakan fasilitas dan pelayanan yang ramah sebagai nilai jualnya walaupun harga yang ditawarkan bisa lebih mahal.

Berkaitan dengan restoran, saya sudah pernah menuliskan beberapa artikel terkait dengan restoran, untuk lebih jelasnya bisa disimak disini :
Terima kasih sudah berkunjung, jika anda ingin mendapatkan artikel ini dalam bentuk PDF silahkan ikuti tautan ini :

UNDUH ARTIKEL INI DALAM VERSI PDF

Salam dari Arsitur : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. ARSITUR berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke arsiturstudio@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar