Skip to main content

Elemen dan Hubungan Aktivitas Restoran

Dalam sebuah restoran yang menjadi fungsi utama pada suatu bangunan (bukan fungsi penunjang), sistem operasionalnya terdiri atas beberapa aktifitas dengan kebutuhan ruang dan alatnya masing – masing. Aktifitas – aktifitas tersebut yang menjadi satu hubungan kerja dalam sistem operasional restoran yaitu diantaranya :

Elemen dan Hubungan Aktivitas Restoran
Elemen dan Hubungan Aktivitas Restoran

a. Kitchen (dapur)

Dapur merupakan bagian terpenting dari restoran karena segala hidangan yang disajikan dalam suatu restoran kesemuanya disiapkan dan diolah di dalam dapur. Hal utama yang terdapat di dalam dapur adalah peralatan memasak yang memadai seperti kompor dan perangkat masaknya.

Selain itu sumber air dan saluran pembuangan juga penting ada, agar pekerjaan membersihkan bahan makanan jadi lebih mudah. Ketersediaan air bersih turut mempengaruhi kualitas operasional di restoran, sehingga pemipaan harus direncanakan dengan baik dan benar.

Dapur atau kitchen dalam restoran dibuat sesuai dengan jenis restoran itu sendiri. Berdasarkan beberapa sumber yang pernah saya baca, ada 5 jenis kitchen restoran yaitu :
  • Kitchen Type 1 – Fast Casual with Heavy Takeout.
  • Kitchen Type 2 – Fast Casual Assembly Line.
  • Kitchen Type 3 – Tapas or Small Plates.
  • Kitchen Type 4 – High-Volume Full-Service Casual Dining.
  • Kitchen Type 5 – Traditionally-Coursed Full-Service.

b. Bar (Tempat Minuman)

Bar merupakan tempat untuk menghidangkan segala jenis minuman yang dipesan oleh pengunjung restoran. Kecuali kopi dan teh disiapkan di dapur / pantry.Bar biasanya menyediakan minuman jenis cocktail dan minuman beralkohol lainnya yang menjadi teman menu makanan restoran. Fasilitas yang ada di Bar restoran adalah rak untuk menaruh minuman dan meja untuk peralatan bar tender yang digunakan untuk meracik dan mencampur minuman.

c. Steward

Steward adalah bagian dalam restoran yang menyediakan segala peralatan baik untuk keperluan persiapan di dapur maupun untuk disajikan bersama hidangan pada restoran. Steward letaknya harus berdampingan dengan dapur sehingga mudah diakses.

d. Cashier

Cashier adalah bagian yang berhubungan dengan urusan pembayaran dari mencatat jumlah total hidangan yang dipesan, menerima pembayaran, memberi kembalian hingga membukukan semua transaksi yang dilakukan. Cashier ada di bagian depan dekat dengan pengunjung yang akan melakukan transaksi. Cashier adalah tempat masuknya uang pada restoran, letaknya juga bisa digabung dengan area pesan dan receptionist.

e. Acounting

Acounting adalah bagian dalam restoran yang mengurus di bidang keuangan terutama masalah pembayaran operasional restoran seperti gaji, honor, uang, service, tunjangan, akomodasi dan lain – lain. Bagian accounting sejatinya bisa diletakan terpisah dengan area depan dan dibuatkan kantor khusus, namun untuk restoran kecil, letak accounting bisa saja digabung.

Demikianlah mengenai Elemen dan Hubungan Aktivitas Restoran, Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan. Terima kasih.
Salam dari Arsitur : Terima kasih sudah berkunjung ke ARSITUR. Kami berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update. Kami juga melayani JASA GAMBAR DAN DESAIN MURAH BERKUALITAS. Bantu kami mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini kepada teman-teman lainnya. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke arsiturstudio@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar