Skip to main content

Ukuran Minimal Toilet dan Kamar Mandi

Merancang sebuah toilet yang efisien dan nyaman harus memperhatikan standar ukuran minimal yang berlaku. Mungkin sahabat pernah bertanya, berapa ukuran minimal untuk ruang toilet ? Dalam kenyataannya, sebuah toilet mungkin saja digabungkan dengan shower, washtafle atau bathtub. Bagaimana mengkombinasikannya ?

Berikut ini saya mencoba memberikan inspirasi dan contoh bagaimana bentuk ideal untuk sebuah toilet dan kamar mandi yang digabung dengan washtafle, shower atau bathtub. Gambar denah toilet dan kamar mandi ini bisa dijadikan inspirasi atau dikembangkan lagi sesuai dengan selera desain sahabat masing-masing.

Denah Toilet saja

Denah dan ukuran minimal toilet (A=panjang toilet)

Denah ruang toilet yang khusus diisi oleh toilet saja hanya memerlukan ruang sebesar 80 cm x 120 cm untuk pintu yang dibuka keluar. Sementara ukuran denah toilet minimal untuk pintu yang dibuka ke dalam adalah 80 cm x 150 cm. Ini karena ukuran toilet duduk paling kecil memiliki panjang 70 cm.

Pintu toilet memiliki bukaan daun pintu minimal 65 cm. Toilet dengan ukuran minimal ini banyak digunakan untuk desain toilet umum yang biasa kita jumpai di pusat perbelanjaan, restoran atau fasilitas publik. Beberapa ide desain toilet kecil bisa dilihat pada gambar di atas.

Denah Toilet dan Wastafle

Denah dan ukuran toilet dengan washtafle

Denah toilet yang digabung dengan washtafle di dalamnya memerlukan ruang dalam bersih setidaknya 90 cm x 120 cm. Gunakan pintu yang dibuka ke arah luar atau gunakan pintu geser. Jika posisi toilet dan washtafle sejajar, maka ukuran minimal toilet adalah 140 cm. Toilet dengan washtafle di bagian dalam bisa kita jumpai pada toilet rumah sakit atau puskesmas. Beberapa ide desain toilet dengan washtafle bisa dilihat pada gambar di atas.



Baca juga : Daftar Sanitary dan Aksesoris Kamar Mandi

Denah Toilet dan Shower

Denah dan ukuran toilet dengan washtafle dan shower

Denah ruang toilet yang digabung dengan shower memerlukan dimensi yang sedikit lebih besar. Ukuran yang disrankan adalah 150 cm x 200 cm. Untuk shower yang tertutup kaca atau gorden perlu ukuran setidaknya 90 cm x 120 cm. Toilet dengan shower ini merupakan desain kamar mandi untuk sebagian besar urmah di Indonesia saat ini. Beberapa alternatif desain toilet dengan shower bisa dilihat pada gambar di atas.

Denah Toilet dan Bathtub

Denah dan ukuran toilet dengan washtafle dan bathtub

Denah toilet dengan bathtub tentu saja perlu ruang yang lebih besar. Ukuran ruang juga harus sedikit lebih besar daripada ukuran bathtub dan harus memiliki pintu masuk yang cukup lebar untuk memasukan bathtub. Minimal membutuhkan ruang sekitar 190 cm x 170 cm. Ide desain toilet dengan bathtub bisa dilihat pada gambar di atas.

Baca juga : Jenis Bak Mandi (Bathtub) yang Populer di Indonesia

Denah Toilet dan Kamar Mandi lengkap

Denah dan ukuran toilet dengan washtafle, shower dan bathtub

Denah kamar mandi yang memiliki fasilitas lengkap mulai dari toilet, washtafle, shower hingga bathtub membutuhkan ruangan minimal 190 cm x 225 cm. Namun ukuran minimal ini akan terasa minimal karena ada beberapa posisi yang agak dipaksakan. Idealnya sediakan ruang dengan ukuran 200 cm x 250 cm jika ingin membangun kamar mandi dengan fasilitas lengkap. Ide desain denah kamar mandi dengan fasilitas lengkap bisa dilihat pada gambar di atas.

Demikianlah mengenai bentuk dan ukuran minimal toilet dan kamar mandi mulai dari yang terkecil hingga yang terbesar. Semoga bermanfaat dan dapat menginspirasi sahabat semuanya.
Salam dari Arsitur : Terima kasih sudah berkunjung ke ARSITUR. Kami berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update. Kami juga melayani JASA GAMBAR DAN DESAIN MURAH BERKUALITAS. Bantu kami mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini kepada teman-teman lainnya. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke arsiturstudio@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar