Jenis Bak Mandi (Bathtub) yang Populer di Indonesia - Arsitur Media Desain

Jenis Bak Mandi (Bathtub) yang Populer di Indonesia

- 3/31/2019


Bak mandi adalah bak tempat untuk mandi dengan berendam. Bak mandi ada yang dibuat sendiri dengan menggunakan ubin, ada juga yang dibuat pra cetak dengan menggunakan bahan porcelain, metal, batu atau plastik. Bak mandi biasanya merupakan fasilitas menengah ke atas pada suatu kamar mandi karena akan menghabiskan banyak ruang.

01. Alcove Bathtub

alcove bathtub
alcove bathtub

Bak mandi jenis Alcove adalah bak mandi yang terletak diantara 3 dinding sebelah depan, belakang dan samping. Bak mandi jenis alcove biasanya diapit oleh kotak panggungan dan bak mandi tenggelam di dalamnya.

Bak mandi jenis ini cocok dipasang pada ruangan yang panjang namun tidak terlalu lebar. Untuk dapat membuat bak mandi jenis ini diperlukan lebar minimum setidaknya 1,6 meter karena bak mandi ukurannya minimal adalah 1,5 meter.

02. Corner Bathtub

corner bathtub
corner bathtub - visual hunt

Bak mandi jenis ini terletak di pojok ruangan yang diapit oleh dua dinding. Bentuknya ada yang kotak dan ada juga yang seperempat lingkaran. Bak mandi ini biasanya muncul di atas lantai dan biasanya bersifat beli lepas.

03. Undermount Bathtub

undermount bathtub
undermount bathtub

Bak mandi ini merupakan jenis bak mandi yang tenggelam di bawah lantai dan hanya terlihat bibirnya saja. Jenis bak mandi ini ada yang dibeli dan dipasang di bawah lantai dengan cara menggali lantai, atau membuat sendiri ak mandi menggunakan ubin. Bak mandi jenis ini hanya cocok diterapkan di lantai bawah karena harus menggali lantai.

04. Free Standing Bathtub

free standing bathtub
free standing bathtub

Bak mandi jenis  ini berdiri bebas di area kamar mandi dan biasanya bisa dilihat secara penuh dari depan dan samping atau dari empat sisi sekaligus. Karenanya biasanya bak mandi ini adalah bak mandi yang cocok untuk kamar mandi dengan luas yang besar.

Demikianlah jenis-jenis bak mandi yang umum di Indonesia. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan Anda dalam merancang dan membangun kamar mandi yang ideal.



Silahkan tuliskan komentar, Jika ingin berdiskusi lebih lanjut silahkan email ke parsikaproject@gmail.com
EmoticonEmoticon

 

Ketikan dan tekan Enter