Skip to main content

Daftar Sanitary dan Aksesoris Kamar Mandi

Merencanakan kamar mandi adalah hal yang susah-susah gampang. Kita perlu memikirkan berbagai macam aktivitas yang akan berlangsung di kamar mandi. Sejatinya apa saja kah yang harus ada di sebuah kamar mandi rumah ? Artikel berikut akan memandu pembaca untuk merencanakan berbagai Sanitary dan Aksesoris Kamar Mandi yang perlu disiapkan.

Daftar Sanitary dan Aksesoris Kamar Mandi
Daftar Sanitary dan Aksesoris Kamar Mandi - pixabay

Keran Air

Keran air adalah tempat keluarnya air bersih di kamar mandi. Keran air adalah salah satu bathroom fixture yang harus ada. Keran air digunakan pada bak mandi, wastafel atau pada shower untuk mencuci kaki. Saat ini kita dapat memilih berbagai jenis dan bentuk keran air sesuai fungsi dan selera. Ada keran air dengan satu pilihan, ada juga keran air dengan pilihan air panas dan air dingin.

Toilet

Toilet adalah sanitair kamar mandi untuk buang air besar. Toilet menggunakan mekanisme leher angsa untuk dapat membuang tinja dengan baik. Toilet biasanya dibuat dari bahan porcelain dan plastik. Saat ini terdapat dua jenis toilet yaitu toilet jongkok dan toilet duduk yang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Toilet duduk juga dilengkapi dengan tabung penyiraman dan jet washer untuk cebokan.

Baca Juga : Perbandingan Toilet Jongkok vs Toilet Duduk

Wastafel

Wastafel self-rimming/drop-in/top-mount
Wastafel self-rimming/drop-in/top-mount


Wastafel di kamar mandi memiliki banyak fungsi seperti mencuci tangan, mencuci muka, sikat gigi hingga bercukur bagi pria. Wastafel berbentuk seperti baskom dengan lubang drainase di tengahnya. Ada banyak jenis wastafel yang berkembang saat ini dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Wastafel biasanya dipadukan dengan cermin.

Baja Juga : Jenis-jenis Wastafel di Kamar Mandi

Bak Mandi

Bak mandi merupakan bak tempat untuk berendam. Bak mandi ada yang dibuat sendiri dengan menggunakan ubin, ada juga yang dibuat pra cetak dengan menggunakan bahan porcelain, metal, batu atau plastik. Bak mandi biasanya merupakan fasilitas mewah pada suatu kamar mandi karena akan menghabiskan banyak ruang.

Baca Juga : Jenis-jenis Bak Mandi

Shower

Shower adalah salah satu peralatan mandi yang menjadi kebutuhan bagi banyak orang meskipun masih ada yang lebih suka bak air dan gayung. Ada dua tipe shower berdasarkan cara pakainya yaitu fix shower dan hand shower. Fix shower adalah shower yang tempatnya tetap dan mirip dengan air pancuran, sementara hand shower adalah jenis shower yang menggunakan selang fleksibel.

Baja juga : Jenis-jenis shower kamar mandi

Drainase

Drainase adalah saluran pembuangan air untuk mengeringkan air yang berada di kamar mandi. Drainase biasanya diletakan di pojok kamar mandi atau di area shower. Lantai kamar mandi harus memiliki kemiringan minimal 4% menuju drainase agar kamar mandi lebih cepat kering.

Gantungan Baju

Gantungan baju merupakan aksesoris tambahan di kamar mandi yang biasanya diletakan di belakang pintu. Gantungan baju penting jika kamar mandi tidak terhubung dengan ruang ganti. Gantungan baju biasnya terbuat dari bahan metal atau plastik.

Gantungan handuk

Untuk kamar mandi yang memiliki shower area yang biasanya terbuat dari kaca, terdapat gantungan handuk yang diletakan di pintu shower. Ini biasanya digunakan untuk kamar mandi yang luas dan kering yang hanya basah di area showernya saja.

Tempat sabun

Tempat sabun
Tempat sabun - amazon

Tempat sabun biasanya diletakan di dekat shower agar mudah dijangkau saat mandi. Tempat sabun ada yang dibeli secara terpisah dan ditempel di tembok, ada juga yang dibuat dengan menggunakan lubang (ceruk) di tembok yang disebut dengan niche.

Tempat tissue

Tempat tissue biasanya diletakan di dekat toilet sebagai pembersih area dubur setelah buang air besar. Tempat tissue juga diletakan di dekat wastafel untuk mengeringkan tangan atau wajah setelah dicuci.

Demikianlah berbagai sanitary dan aksesoris yang ada di kamar mandi. Jika ingin membangun sebuah kamar mandi dengan fasilitas yang lengkap hendaknya memperhatikan deretan sanitary dan aksesoris di atas. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan.
Salam dari Arsitur : Terima kasih sudah berkunjung di website ini. ARSITUR berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update dengan informasi terbaru. Kami akan sangat senang apabila Anda turut membantu mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini untuk bisa menjangkau lebih banyak pembaca. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke arsiturstudio@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar