Skip to main content

Cara Mengatasi Objek SketchUp yang Terpotong saat Zoom (Part 2)

Berikut akan dijelaskan mengenai Cara Mengatasi Objek SketchUp yang Terpotong saat kita melakukan Zoom, perbesar atau perkecil. Ketika kita mulai memperbesar detail objek di sketchup, mungkin untuk merapikan model atau mengubah material. Tiba-tiba, model 3d di SketchUp terlihat terpotong atau mulai menghilang dan menimbulkan masalah bagi Anda. Apakah yang sebenarnya terjadi ? mengapa objek di SketchUp tiba-tibat terpotong saat zoom ? apakah ini sebuah error atau salah pencet ?

Cara Mengatasi Objek yang Terpotong di SketchUp
Cara Mengatasi Objek yang Terpotong di SketchUp


Coba perhatikan sebagian besar ruang putih kosong pada gambar di bawah ini. Ini sangat mungkin dan sering terjadi pada  model 3d SketchUp yang besar, kompleks, atau menyebar jauh-jauh. Ini sering terjadi saat kita membuat 3d kawasan, masterplan, bangunan bermasa banyak atau saat import gambar dari AutoCAD dwg. Ini disebut dengan "SketchUp clipping plane problem".

Jika Anda menyadarinya, hanya sebagian dari model 3d yang terlihat, dan area spesifik (depan) yang kita inginkan tiba-tiba hilang. Tidak hanya itu, posisi mouse sekarang berperilaku buruk, melompat-lompat dan tidak dapat zoom di mana saja. Anda mungkin menggelengkan kepala dan bertanya-tanya apa yang terjadi, dan kemudian Anda mulai mengklaim bug pada SketchUp dan objek 3D Anda. Bagi saya, bahkan setelah lebih dari beberapa tahun menggunakan SketchUp, saya masih merasa gregetan ketika ini terjadi.

Baca juga : Membuat SketchUp Menjadi Lebih Cepat dan Ringan

Penyebab Model SketchUp yang Terpotong

Berikut adalah tiga alasan umum mengapa model sketchup yang terpotong bisa terjadi dan beberapa solusi yang saya punya untuk dilakukan. Ngomong-ngomong, jika ada karyawan SketchUp di luar sana yang membaca ini, mungkin akan sedikit geli membacanya. Berikut adalah penyebab model terpotong di aplikasi sketchup.
1. Model ini jauh dari titik asal atau titik 0 (titik di mana sumbu merah, hijau, dan biru bertemu). Ini dapat terjadi ketika mengimpor file CAD yang didasarkan pada sistem koordinat yang diatur jauh dari titik asal SketchUp. Ini adalah kejadian yang sangat umum ketika mengimpor model dengan satuan metrik.
2. Model SketchUp memiliki objek yang disembunyikan (hidden), atau ditempatkan pada layer yang tersembunyi. Saat objek tersembunyi jauh dari model utama, mereka sangat sulit ditemukan dan dapat memengaruhi sistem zoom di sketchup.
3. Model Kecil vs. besar; Jika Anda sedang mengerjakan bangunan dan Anda telah mengimpor gambar Map yang relatif besar dari Google Earth. Atau Anda sedang mengerjakan bagian kecil dari objek besar, seperti satu gigi kecil di robot yang kompleks. Dari objek yang terlalu besar kemudian masuk ke detail kecil mungkin hal ini akan terjadi.

Baca juga : Sketchup VS 3DS Max, Mana yang Lebih Baik untuk Arsitek

Solusi Untuk Model SketchUp yang Terpotong

Ada beberapa cara mengatasi Objek yang Terpotong di SketchUp, berikut akan saya jabarkan 2 cara utama yang sering saya gunakan ketika mengalami masalah ini.

Solusi 1 - Membuat Scene dan Selidiki Objek/Geometri Tersembunyi

Solusi "clipping plane" yang pertama adalah yang paling sering saya gunakan karena ini berguna untuk model bangunan besar dan kawasan. Tetapi harap diingat untuk model yang benar-benar detail dan berat, mungkin perlu waktu lebih lama untuk menyelesaikannya.

Pertama, zoom jauh untuk melihat model Anda seperti sebelum model mulai terpotong. Simpan scene sehingga Anda dapat kembali ke tampilan ini jika perlu. Membuat scene di SketchUp itu mudah, caranya: Buka jendela scene dan pastikan opsi Lokasi Kamera dicentang. Klik tanda "plus" atau "add scene" untuk menyimpan tampilan. Nantinya posisi tampilan ini dapat diakses oleh tab scene yang muncul otomatis di bagian atas jendela SketchUp.

Untuk jaga-jaga, simpan/save dulu model 3D Anda, crash dan bugsplat bisa terjadi kapan saja. Pastikan semua layer model terlihat, dan perlihatkan juga geometri tersembunyi (menu: View / Hidden Geometry). Selanjutnya, lakukan Zoom Extents (menu: Camera / Zoom Extents).

Ini akan membuat seluruh model 3D terlihat. Jika model Anda besar atau menyebar, tampilan sketchup Anda mungkin melesat sangat jauh, sehingga sulit untuk kembali ke lokasi yang Anda fokuskan. Tapi itu sebabnya Anda menyimpan scene, Anda dapat mengklik tab scene untuk kembali ke lokasi itu.

Waktu pemrosesan bisa lama, atau crash dapat terjadi, jika ada objek yang sangat jauh dari titik asal. Itu sebabnya Anda perlu menyimpan file. Jika Anda mengalami crash, atau harus keluar paksa, buka kembali file yang disimpan tadi atau gunakan Autosave. Cari garis tepi yang semu atau objek tersembunyi yang mungkin menyebabkan masalah kliping ini. Menghapus bit-bit bermasalah ini biasanya akan memperbaiki masalah objek SketchUp yang terpotong secara instan.

Baca juga : Cara Menggunkan Array dan Divide di Sketchup

Solusi 2 - Cara Manual Memindah Objek

Jika Solusi 1 di atas tidak berfungsi, hal berikutnya yang harus dicoba adalah salin dan tempel semua geometri dan objek model yang ingin Anda simpan ke dalam file SketchUp yang baru dan kosong. Metode ini hampir selalu berhasil, tetapi bisa memakan waktu lebih lama untuk diselesaikan, terutama untuk model 3d yang besar.

Buka file SketchUp baru yang kosong. Anda sekarang harus memiliki dua file SketchUp terbuka. Dalam file yang bermasalah, pastikan semua layer dan geometri tersembunyi ditampilkan. Pilih semua objek dalam model yang ingin Anda simpan. Buat semua objek yang dipilih menjadi grup (ini bisa memakan waktu lama pemrosesan).

Dengan grup yang dipilih, pilih Edit / Salin. (Cut juga akan berfungsi daripada Copy. Keuntungan Cut [Ctrl + X] - akan terlihat objek mana yang masih tertinggal atau tersisa). Sekarang buka file SketchUp kosong dan kita akan memiliki dua pilihan :

Paste Di Tempat
Ini akan menempelkan objek yang dikelompokkan ke lokasi yang sama persis dengan yang ada di file asli. Ini berguna untuk alasan yang jelas - mempertahankan titik referensi dan lokasi geografis, dll. Namun, ini mungkin tidak memecahkan masalah bidang yang terpotong jika objek tetap jauh dari titik asal. Setelah semuanya disisipkan ke dalam model, lakukan Zoom Extents. Untuk melihat apakah masalah kliping masih berlanjut, coba perbesar objek dengan mendetail. Jika Anda memiliki masalah yang sama, coba opsi berikutnya. Salin dan tempel model Anda ke file SketchUp baru.

Paste di Titik Asal (Titik Pertemuan Axis)
Ini dilakukan secara manual, masuk ke file SketchUp yang kosong, pilih Edit / Paste, dan pindahkan objek yang disalin ke titik asal, titik di mana garis sumbu merah, hijau, dan biru bertemu. Anda akan kehilangan titik referensi dan lokasi geografis eksisting, namun masalah model yang terpotong biasanya akan langsung hilang. Coba Zoom Extents lagi dan perbesar model 3d SketchUp.

Bersabarlah dengan kedua cara ini, model yang besar dan detail membutuhkan waktu untuk copy dan paste. Jika masalah objek terpotong yang masih belum terpecahkan, periksa kembali detail model Anda, atau silahkan berkomentar di bawah ini, saya siap membantu permasalahan SketchUp Anda sesuai dengan pengalaman saya menggunakan SketchUp. Demikian dan Terima Kasih.
Salam dari Arsitur : Terima kasih sudah berkunjung ke ARSITUR. Kami berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update. Kami juga melayani JASA GAMBAR DAN DESAIN MURAH BERKUALITAS. Bantu kami mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini kepada teman-teman lainnya. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke arsiturstudio@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar