Cara membuat Array dan Divide di Sketchup - Arsitur Media Desain

Cara membuat Array dan Divide di Sketchup

- 1/22/2019


Menyalin atau mengcopy objek (komponen/group/objek) dalam aplikasi sketchup dapat dilakukan dengan cara menekan tombol "M" diikuti dengan menekan tombol "CRTL" sekali sehingga objek yang dipindah bisa tersalin.

Cara membuat Array dan Divide di Sketchup
Cara membuat Array dan Divide di Sketchup


Lalu bagaimana jika kita ingin membuat salinan objek secara berurutan seperti pagar atau railing yang memiliki pola berulang dengan jarak yang sama ? Beberapa orang yang baru memulai sketchup atau yang belum tahu mungkin masih menggunakan metode manual dengan cara mengcopy objek tersebut satu per satu.

Namun sejatinya sketchup telah menyediakan perintah array (secara bawaan) untuk memudahkan kita membuat pola objek berpola dan membaginya pada jarak yang sama rata.

Array adalah istilah dalam program untuk membuat pola suatu objek secara berurutan. Sementara divide adalah ketika kita ingin membagi jarak objek berdasarkan jumlah yang ditentukan.

Jika dalam aplikasi AutoCad kita mungkin pernah menggunakan perintah Array dan Divide, maka dalam sketchup sistemnya agak sedikit berbeda.

Sketchup menggunakan sistem perintah berulang untuk membuat array maupun devide sehingga dapat menghasilkan objek yang berurutan.

Kita bisa menggunakan perintah array dan divide dengan menggunakan tombol "M" atau perintah "Move". Lalu kita bisa menggunakan tombol "x" untuk melakukan array atau tombol "/" untuk melakukan divide.

A. Cara Melakukan Array di Sketchup
Kalau masih belum paham tentang array di sketchup, langkah-langkahnya sebagai berikut :

1. klik objeknya

2. Klik tombol toolbar "move" atau tekan "M" pada keyboard

3. Klik tombol "CRTL" agar merubah perintah "move" menjadi "copy"

4. Klik dan geser objeknya, letakan pada posisi yang dituju sehingga muncul salinan objek tersebut, misalnya sejarak 1 meter

5. tekan tombol "x" (tombol huruf x) lalu diikuti angka pengali (misalnya x3)

6. Maka Sketchup akan mengulangi perintah copy objek tersebut sebanyak 3 kali

7. Hasilnya adalah objek berulang dengan jarak yang sama dengan jarak masing-masing 1 meter

B. Cara Melakukan Divide di Sketchup
Divide adalah membuat sejumlah objek diantara sebuah jarak yang ditentukan. Caranya hampir sama dengan array, hanya saja beda tombol.

1. klik objeknya

2. Klik tombol toolbar "move" atau tekan "M" pada keyboard

3. Klik tombol "CRTL" agar merubah perintah "move" menjadi "copy"

4. Klik dan geser objeknya, letakan pada posisi yang dituju sehingga muncul salinan objek tersebut. Misalnya sejarak 1 meter

5. tekan tombol "/" (tombol simbol /) lalu diikuti angka pembagi (misalnya /4)

6. Maka Sketchup akan membagi jarak 1 meter menjadi 4 dan meletakan objek pada masing-masing jarak tersebut

7. Hasilnya adalah objek yang berjejer setiap 25 cm (1 meter / 4 = 25 cm)

C. Membuat Array pada rotasi objek.
Kita juga dapat membuat array atau divide pada saat kita merotasikan objek. Misalnya ingin menata objek melingkar. Langkahnya hampir sama dengan yang di atas, hanya saja bedanya perintah move "M" diganti dengan perintah rotate "Q".

D. Video Cara membuat Array dan Divide di Sketchup
Nah kalau masih belum paham, saya sudah mencoba membuatkan video tutorialnya. Silahkan Tonton disini atau lewat channel Youtube saya di Risain Project.



Nah demikianlah mengenai Cara membuat Array dan Divide di Sketchup. Jangan lupa untuk like dan subscribe seri tutorial sketchup saya atau share artikel ini untuk teman-teman lainnya.



Silahkan tuliskan komentar, Jika ingin berdiskusi lebih lanjut silahkan email ke parsikaproject@gmail.com
EmoticonEmoticon

 

Ketikan dan tekan Enter