Skip to main content

12 Tips Hemat Listrik Rumah Hingga Jutaan Rupiah Per Tahun

Mencari cara menghemat energi dan menjaga tagihan listrik bulanan tetap rendah? Ada beberapa tips sederhana yang membuat rumah Anda nyaman baik saat cuaca panas dan hujan tanpa menggunakan lebih banyak energi dari yang biasanya. Kita mungkin dapat secara drastis mengurangi tagihan energi rumah Anda dengan tenaga surya, bola lampu LED, dan peralatan elektronik hemat energi.

12 Tips Hemat Listrik Rumah Hingga Jutaan Rupiah Per Tahun
12 Tips Hemat Listrik Rumah Hingga Jutaan Rupiah Per Tahun

01. Setting AC pada suhu yang tidak terlalu dingin

Pengguna AC sering disarankan bahwa memasang termostat dapat menghemat 10% hingga 30% pada pendinginan ruangan dan mengurangi tagihan listrik mereka. ”Oleh karena itu, Anda dapat menghemat energi listrik setiap tahun dengan menggunakan termostat AC yang dapat diprogram  untuk membuat Anda lebih nyaman ketika berada di rumah tanpa membuang-buang biaya pendinginan saat tidak ada orang di rumah.

02. Gunakan Sinar Matahari Sesering Mungkin

Dengan pemasangan jendela yang tepat, Anda dapat memasukkan cahaya alami ke setiap ruangan di rumah Anda, yang mengurangi kebutuhan lampu yang menggunakan energi listrik. Ini juga mengurangi biaya pembelian lampu, fitting dan saklar.

03. Pilih Peralatan Hemat Energi

Berapa usia perabotan elektronik di rumah Anda ? Pastikan peralatan ini memiliki peringkat penghematan energi, dan setiap alat yang disertifikasi Energy Star akan memiliki stiker pada produknya. Peralatan ini juga menghemat tagihan listrik selama masa pakai produk dibandingkan dengan peralatan lama yang belum dirancang untuk menghemat energi.

04. Pasang Lampu LED

Dengan lampu LED, Anda akan menghemat uang setiap kali menyalakan lampu di rumah. Tahukah Anda bahwa mengganti 5 sumber cahaya yang paling sering Anda gunakan dengan bola lampu LED bersertifikasi Energy Star dapat menghemat hingga 1 juta rupiah per tahun? Rekening listrik Anda tidak akan lagi memberatkan.

Baca juga : Cara Menghemat Listrik AC di Rumah

05. Hindari Muatan Listrik yang Terbuang

Outlet soket atau stop kontak sangat cocok untuk komputer dan peralatan elektronik apa pun yang perlu Anda pasang. Namun jika stop kontak terus menyala, kita harus berurusan dengan beban hantu, yang biasanya berharga hingga 1 juta rupiah per tahun untuk rumah tangga dengan banyak televisi, komputer, dan peralatan lainnya dicolokkan ke outlet yang sama. Jadi pastikan saat ditinggal pergi, stop kontak alat elektronik benar-benar putus dari aliran listrik.

06. Beralih ke Pemanas Air Tanpa Tangki

Tanpa tangki air yang perlu dipanaskan, kita dapat menghemat banyak air dan biaya energi. Pemanas air tanpa tangki mudah dipasang dan memanaskan sumber air sesuai kebutuhan. Meskipun masih menggunakan energi untuk memanaskan air, biayanya sangat berkurang, dan Anda akan menghemat lebih banyak energi.

07. Turunkan Suhu Pemanas Air

Ini adalah langkah lain yang dapat Anda ambil untuk mengurangi penggunaan energi listrik setiap hari. Anda dapat menurunkan suhu pemanas air Anda untuk menjaga biaya lebih rendah. Selain itu, pompa bertekanan rendah akan secara drastis mengurangi biaya tagihan air Anda juga.

08. Prioritas untuk Gunakan Kipas di Plafon, Bukan AC

Ketika bisa, Anda harus mencoba menggunakan kipas langit-langit atau kipas kotak di dalam ruangan daripada AC. Meskipun AC akan diperlukan di musim kemaraun yang panas, Anda dapat menjaga rumah tetap sejuk dengan kipas agin yang hemat energi.

Baca juga : Berapa Umur Rata-rata Peralatan Elektronik di Rumah ?

09. Coba Pembangkit Listrik Tenaga Surya

Pernahkah Anda berpikir untuk memasang panel surya ? Selalu ada perkembangan baru dalam energi surya termasuk bahan atap yang terbuat dari bahan hemat energi yang menggunakan kekuatan matahari. Panel surya terkini dapat menopang daya listrik pada rumah Anda sepanjang hari, dan saat Anda membutuhkannya, Anda masih dapat menggunakan cadangan listrik dari PLN untuk menerangi rumah saat musim berawan dan hujan.

10. Buka Ventilasi Kamar Mandi

Setiap kali Anda mandi, Anda harus membuka ventilasi kamar mandi Anda untuk menghindari jamur dan bau, hal ini juga membuat udara panas tersedot keluar dari rumah Anda. Ini juga menghilangkan kelembaban dari kamar mandi Anda.

11. Biasakan untuk Hemat Air

Jika Anda memiliki banyak anggota keluarga yang mandi, mencuci piring, menyikat gigi, dan sering menggunakan air di rumah, Anda dapat mempraktikkan kebiasaan seperti menutup keran air hingga rapat, memperbaiki semua kebocoran di setiap jalur pipa air dan mengurangi penggunaan air yang berlebihan.

12. Tutup Tirai di Cuaca Panas

Jika Anda ingin menjaga rumah tetap sejuk, maka Anda harus melindungi rumah Anda dari penyaluran panas dan radiasi matahari yang masuk melalui jendela besar. Dengan menutup tirai, Anda memblokir sumber panas. Anda mungkin juga ingin menanam pohon di area rumah Anda yang sering menjadi terlalu panas di musim panas karena jendela besar yang menghadap matahari.

Bagaimanapun, tips penghematan energi yang disebutkan di atas akan membantu Anda menghemat energi dan biaya hingga batas tertentu. Seiring dengan tips ini Anda tidak boleh lupa mematikan peralatan elektronik sebisa mungkin. Dengan melakukan sedikit perubahan pada rumah dan rutinitas harian, Anda dapat menghemat jutaan rupiah setahun.
Salam dari Arsitur : Terima kasih sudah berkunjung ke ARSITUR. Kami berkomitmen untuk memberikan artikel terbaik dan selalu update. Kami juga melayani JASA GAMBAR DAN DESAIN MURAH BERKUALITAS. Bantu kami mengembangkan website ini dengan cara like FANSPAGE FACEBOOK, subscribe kami di YOUTUBE atau share artikel ini kepada teman-teman lainnya. Terima kasih
Himbauan Berkomentar: Silahkan berkomentar dengan sopan, apabila ada yang kurang jelas silahkan ditanyakan, apabila ingin berkomunikasi lebih jauh, promosi atau kerja sama silahkan email ke arsiturstudio@gmail.com dan kami siap membantu.
Buka Komentar
Tutup Komentar